Syarat rumah sehat

Syarat rumah sehat tidak selalu megah dan indah karena banyak juga rumah yang kelihatanya kecil ternyata sangat mendukung dalam menjaga kesehatan keluarga. Tentunya sangat tidak nyaman ketika kita menghuni rumah besar tapi sering sakit-sakitan, oleh karena itu perlu kita cari tahu lebih dalam mengenai hal ini. Nah.. apa sebenarnya hal-hal yang harus diperhatikan agar sebuah bangunan bisa tergolong sebagai tempat tinggal yang sehat? dengan media ilmusipil.com kita akan membahasnya secara online di internet.

 

Syarat rumah sehat

  1. Ventilasi udara yang cukup pada setiap ruangan, bisa dilakukan dengan meletakan jendela di dinding atau jika tidak memungkinkan maka bisa membuat ventilasi pada atap berupa sepoi-sepoi.
  2. Pengoptimalan sinar matahari yang masuk kedalam ruangan karena kamar yang lembab bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak.
  3. Posisi spetictank diusahakan sejauh mungkin dengan rumah tinggal, aplagi jika kita menggunakan air tanah sebagai bahan konsumsi sehari-hari, selain jorok juga berpotensi mendatangkan berbagai jenis bibit penyakit.
  4. Pada rumah bertingkat harus membuat desain tangga yang benar, lebar anak tangga 30 cm dan tinggi anak tangga maksimal 20 cm. tangga yang salah bisa bikin cepat capek ketika naik turun, hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan tulang.
  5. Ketinggian plafond cukup, karena langit-langit yang terlalu pendek bisa menyebabkan ruangan terasa panas sehingga mengurangi kenyamanan tempat tinggal.
  6. Pencahayaan rumah yang cukup, tidak terlalu gelap atau terang sehingga dapat menyebabkan kesehatan mata menurun.
  7. Sebisa mungkin tidak menggunakan kipas angin, karena bisa menyebabkan penyakit flek pada paru-paru.
  8. Ada taman di teras atau didalam rumah, pepohonan dapat memproduksi gas oksigen yang sangat dibutuhkan untuk pernafasan.
  9. Pemilihan material bangunan yang benar, misalnya keramik lantai yang licin dapat menyebabkan terpeleset, beberapa jenis bahan bangunan juga ada yang mengandung bahan kimia berbahaya, jadi perlu kejelian dalam memilih.
  10. Kebersihan rumah terjaga, tempat tinggal yang kotor tentu sangat tidak nyaman untuk dihuni sekaligus dapat menjadi tempat berkembang biak kuman bibit penyakit.

 

Begitulah kurang lebih beberapa syarat rumah sehat yang harus dipenuhi ketika membangun tempat tinggal, yang lain tentu saja masih banyak. apa lagi syarat lainya ya?

2 Comments

  1. irre 22 September 2015
  2. Tommytrk 28 September 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.