Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil SUMBER SUMBER SAMPAH

Sumber-Sumber Sampah

Sampah dari   Rumah Tangga.

Biasanya sampah rumah tangga berupa sisa pengolahan makanan, perlengkapan rumah tangga bekas, kertas, kardus, gelas, kain, sampah/kebun/halaman, dan lain-lain.

Sampah-Rumah-Tangga

Gambar Sampah Rumah Tangga

Sampah dari Pertanian.

Sampah dari kegiatan pertanian tergolong bahan organik, seperti jerami dan sejenisnya. Sebagian besar sampah yang dihasilkan selama musim panen dibakar atau dimanfaatkan untuk pupuk. Untuk sampah bahan kimia seperti pestisida dan pupuk buatan perlu perlakuan khusus agar tidak mencemari lungkungan. Sampah pertanian lainnya adalah lembaran plastik penutup tempat tumbuh-tumbuhan yang berfungsi untuk mengurangi penguapan dan penghambat pertumbuhan gulma, namun plastik ini bisa didaur ulang.

Sampah-Pertanian

Gambar Sampah Pertanian

 

Sampah dari Perdagangan dan Perkantoran

Sampah yang berasal dari daerah perdagangan seperti: toko, pasar tradisional, warung, pasar swalayan ini terdiri dari kardus, pembungkus, kertas, dan bahan organik termasuk sampah makanan dan restoran. Sampah yang berasal dari lembaga pendidikan, kantor pemerintah dan swasta biasanya terdiri dari kertas, alat tulis-menulis (bolpoint, pensil, spidol, dll), toner foto copy, pita printer, kotak tinta printer, baterai, bahan kimia dari laboratorium, pita mesin ketik, klise film, komputer rusak, dan lain-lain. Baterai bekas dan limbah bahan kimia harus dikumpulkan secara terpisah dan harus memperoleh perlakuan khusus karena berbahaya dan beracun.

Gambar Sampah dari Perdagangan dan Perkantoran

 

Sampah dari Industri

Sampah ini berasal dari seluruh rangkaian proses produksi (bahan-bahan kimia serpihan/potongan bahan), perlakuan dan pengemasan produk (kertas, kayu, plastik, kain/lap yang jenuh dengan pelarut untuk pembersihan). Sampah industri berupa bahan kimia yang seringkali beracun memerlukan perlakuan khusus sebelum dibuang

 

Sampah dari Sisa Bangunan dan Konstruksi Gedung

Sampah yang berasal dari kegiatan pembangunan dan pemugaran gedung ini bisa berupa bahan organik maupun anorganik. Sampah Organik, misalnya: kayu, bambu, triplek. Sampah Anorganik, misalnya: semen, pasir, spesi, batu bata, ubin, besi dan baja, kaca, dan kaleng.

 

Sampah yang berasal dari jalan raya

Sampah ini berasal dari pembersihan jalan yang umumnya terdiri dari kertas-kertas, kardus-kardus, debu, batu-batuan, pasir, sobekan ban, onderdil-onderdil kendaraan yang jatuh, daun-daunan, plastik dan sebagainya.

 

Sampah yang berasal dari pertambangan

Sampah ini berasal dari daerah pertambangan dan jenisnya tergantung dari jenis usaha pertambangan itu sendiri misalnya batu-batuan, tanah cadas, pasir, sisa-sisa pembakaran (arang), dan sebagainya.

 

Sampah yang berasal dari peternakan dan perikanan

Sampah yang berasal dari peternakan dan perikanan ini berupa kotoran-kotoran ternak, sisa-sisa makanan, bangkai binatang, dan sebagainya.

Oleh : Chairil Nizar

  1. KOMPOSISI DAN KARAKTERISTIK SAMPAH
  2. ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
  3. Budaya Green di rumah yang ramah lingkungan
  4. PERMASALAHAN PADA TPA
  5. Tahap Awal Pelaksanaan Proyek
  6. PEMANTAUAN LINGKUNGAN TPA
  7. PENGELOLAAN SAMPAH
  8. Di Balik SebuahTrotoar jalan raya
  9. Cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut
  10. Membuang sampah di sungai
  11. Gotong royong kerja bakti di hari minggu
  12. PENGERTIAN SAMPAH
  13. SUMBER SUMBER SAMPAH
  14. Kota Demak Jawa Tengah terancam hilang akibat erosi pantai

One Response to “SUMBER SUMBER SAMPAH”

  1. putri says:

    sampah sejak dini harus dikelola dengan baik . Untuk Anak dan Cucu kita nanti .

Leave a Reply

Current ye@r *