Struktur cakar ayam sloof kolom balok dan plat lantai gudang

Ini ada pertanyaan mengenai struktur cakar ayam sloof kolom balok dan plat lantai gudang yang akan kita coba jawab disini semoga bisa memberikan pencerahan sekaligus menjadi bahan referensi bagi para sahabat yang membutuhkan.

Assalamualaikum min. Saya ingin membangun gudang, ukuran: panjang 15 mtr, lebar 8 meter, tinggi 6 meter, untuk panjang dibagi 3 kolom, tiang ke tiang 5 meter, untuk lebar dibagi 2 kolom, yakni 3 meter dan 5 meter, untuk kolom (3×15) dijadikan 2 lantai, lantai I dan II, jarak 3 meter, sedangkan untuk kolom (5×15) cuma 1 lantai bawah langsung plong sampai ke atap setinggi 6 meter, diatas menggunakan atap spandek.

Pertanyaan:

  1. Berapa lebar dan kedalaman cakar ayam untuk tiangnya, dan ukuran besi yg dipakai, kondisi tanah keras( tanah boksit)
  2. Berapa lebar selop bawah dan atas,dan ukuran besi serta jumlah batangnya.
  3. Berapa lebar tiang, serta ukuran besinya dan jumlah batangan untuk masing masing tiang ( 12 tiang).
    Terima kasih atas bantuannya min.

 

Jawaban:

Untuk membudahkan dalam membayangkan struktur gudang 8m x 15 m ini, maka kita coba visualiasikan kedalam bentuk gambar denah dan potongan, tapi ini sifatnya hanya gambar sederhana saja ya, sekedar untuk bayangan bagi rekan-rekan sahabat ilmusipil lainya untuk turut memberikan jawaban.

denah dan potongan gudang

denah dan potongan gudang

Untuk menentukan struktur bangunan diperlukan perhitungan yang rinci dengan mempertimbangkan beban, penggunaan material, kondisi tempat pembangunan, serta yang lainya. Namun disini kita jawab secara standar saja (biasanya struktur rumah 2 lantai menggunakan yang seperti ini). Ukuran struktur area 1 lantai dan 2 lantai kita buat sama saja ya, barangkali ada pengembangan dimasa yang akan datang dengan mengubah area 1 lantai menjadi 2 lantai.

Cakar ayam

  • bisa memakai ukuran 0,8m x 0,8m tebal 0,3m. dipasang dengan kedalaman minimal 1m.

Sloof

  • Ukuran sloof bisa dibuat 0,20m x 0,30m, memakai besi 6D12.

Kolom

  • Pakai ukuran 0,25m x 0,25m memakai besi tulangan poko 8D12 dan besi begel D8-200.

Balok

  • Dibuat dengan ukuran 0,20m x 0,35m memakai besi 6D12 dan begel D8-200.

Plat lantai 2

  • Dibuat setebal 0,12m dengan besi tulangan 2 lapis atas bawah D10-200.

 

Begitulah kiranya yang bisa saya jawab dengan cepat tanpa memakai perhitungan struktur, jika ada rekan-rekan sahabat ilmusipil lainya yang mau memberikan tambahan jawaban maka bisa dimasukan disini ya, trimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.