Struktur atap lantai 3 mau di cor dak beton apakah kuat?

Dapat pertanyaan dari bapak Zaenal mengenai struktur atap lantai 3 mau di cor dak beton apakah kuat?  bangunan ini digunakan untuk hunian di lantai bawah, sedang lantai diatasnya dipakai untuk tempat kos, serta lantai 3 dipakai untuk menjemur pakaian. pertanyaan lengkapnya seperti ini.

Zaenal = Maaf mas mau bertanya, saya sedang membangun rumah hunian di lantai satu dan kos kosan di lantai 2 dan lantai 3 untuk jemuran.

  • Luas bangunan 12×14 meter menggunakan 25 buah cakar ayam dengan ukuran 80cm x 80 cm x 25cm dengan kedalaman 1,5m menggunakan besi 10mm dan 12mm.
  • Tiang kolom menggunakan besi 12mm 4 batang dan besi 10mm 4 batang dengan ukuran 20cmx40cm.
  • Pondasi menggunakan batu kali dan slop 20cmx40cm menggunakan besi 10mm
  • Balok menggunakan besi 12mm 4 batang dan 10mm 2 batang dengan besar 40cm x 20cm
  • Plat cor menggunakan besi 10mm dengan jarak 10cm tebal 12cm

Apakah strukturnya sudah cukup aman apabila dilakukan pengecoran dilantai 3 dengan catatan tidak ada bangunan, Hanya berfungsi sebagai atap sekaligus untuk jemuran dan tempat bersantai. Terima kasih

 

Struktur atap lantai 3 mau di cor dak beton apakah kuat?

Melihat kondisi struktur tersebut, jika jarak-jarak antar kolom standar ruangan antara 3m sampai dengan 4m, terletak dilokasi dengan beban gempa normal, bangunan berdiri diatas tanah yang stabil, dan peruntukan lantai 3 atap hanya untuk penutup serta tempat santai tanpa adanya beban berat seperti bak tandon air dengan volume besar, ruangan bangunan, mesin berat atau sejenisnya maka aman jika di cor dak beton.

pengecoran bisa dilakukan dengan ketebalan plat lantai minimal 8cm, untuk amanya bisa di cor setebal 12cm, tapi lebih tebal dari itu justru akan memberatkan struktur dan boros. memakai tulangan besi diamater 10mm dipasang setiap jarak 20cm. untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar sebagai berikut,

Gambar detail plat lantai atap

detail struktur cor dak lantai beton bertulang

detail struktur cor dak lantai beton bertulang

 

Pengecoran atap lantai 3 sebaiknya dilakukan setelah semua kolom, balok, dan plat lantai dibawahnya sudah diselesaikan secara sempurna sehingga dapat terikat dengan baik dan kuat.

One Response

  1. Nuril huda 9 November 2017

Leave a Reply