Solusi untuk halte yang terhalang oleh taman rumput dari jalan

Saya membaca berita tentang penumpang angkutan umum yang kebingungan karena saat turun atau hendak naik bus terhalang oleh taman rumput dari atau menuju halte. alhasil ada penumpang yang dengan berat hati terpaksa menginjak rumput taman atau berjalan memutar dengan konsukensi jarak tempuhnya lebih jauh beberapa meter. beberapa sopir taksi, bus, dan angkutan lainya bahkan ada yang memilih berhenti didepan pintu gerbang gedung perkantoran untuk menjemput dan menurunkan penumpang, bukanya berhenti didepan halte yang fungsinya justru secara khusus untuk naik turun penumpang. saya yakin ini bukanlah keadaan keliru yang sudah direncanakan, karena memang pada kenyataanya sedang terjadi pembangunan renovasi penataan kembali jalan, posisi taman diganti dan diperlebar sehingga trotoar yang sebelumnya persis berada ditepi jalan sekarang terhalang oleh taman yang baru saja ditambahkan. nah.. ini saya ada pemikiran sebagai solusi untuk halte yang terhalang oleh taman rumput jalan.

 

Solusi untuk halte yang terhalang oleh taman rumput dari jalan

solusi halte yang terhalang taman rumput dari jalan

solusi halte yang terhalang taman rumput dari jalan

Membuat jalan setapak di taman antara halte dan jalan

Alternatif pertama yaitu dengan menambahkan jalan setapak diantara jalan dan halte, jadi penumpang tetap bisa lewat disitu tanpa harus menginjak rumput taman. prinsipnya seperti jembatan penyebrangan, konstruksinya bisa dibuat dari cor beton, paving block atau material lainya. lebih indah lagi kalau disekitar jalan ini dipercantik dengan kolam ikan, air mancur, dan lampu taman.

Membangun halte baru diatas taman persis ditepi jalan

Solusi kedua yaitu membangun halte baru dan membongkar halte lama. ini akan lebih leluasa untuk membuat halte baru yang lebih indah dan megah. namun membutuhkan biaya yang lebih besar untuk membangun halte baru.

Merenovasi halte dengan memperpanjang bangunan sampai ke tepi jalan

Yang ketiga dengan cara menambah bangunan halte, menyambungnya hingga ujungnya sampai ke tepi jalan. disini tetap mempertahankan bangunan lama ditambah membuat bangunan baru sebagai sambungan.

Memotong taman yang berada persis disamping halte

Tamanya bisa dihilangkan untuk yang berada didepan halte, dibuat lengkungan sehingga angkutan umum bisa minggir merapat persis disamping halte lama.

 

Begitulah keempat solusi yang terpikir dalam benak saya, yang pasti masih banyak lagi solusinya lainya yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.