Solusi jika ujung atas tiang pancang atau bore pile terlalu dalam

Dalam pelaksanaan proyek pembangunan itu adakalanya menemui masalah yang tidak diharapkan, untuk itu diperlukan solusi terbaik agar proyek bisa tetap berjalan dengan lancar sampai dengan selesai, termasuk juga dalam proses pembuatan pondasi gedung bertingkat tinggi. contohnya disini kita coba berikan gambaran mengenai solusi jika ujung atas tiang pancang atau bore pile terlalu dalam dari elevasi rencana sehingga tidak memungkinkan dihubungkan secara langsung dengan pile cap. solusinya yaitu dengan cara disambung dengan membuat struktur semacam pile cap kecil berbentuk kubus yang terbuat dari beton bertulang.

 

Alur Pekerjaan Penyambungan Tiang Pancang / Bore Pile

  1. tanah digali sampai dengan kedalaman elevasi sehingga menemukan bagian struktur atas bore pile atau tiang pancang.
  2. sebagian struktur atas dibobok sampai terlihat besi tulanganya sehingga nantinya bisa disambung dengan yang baru.
  3. dilanjutkan dengan pembuatan bekisting , pembesian dan pengecoran beton.
  4. pekerjaan pondasi tiang tambahan diatas struktur sambungan. bisa dilakukan secara bersamaan atau menunggu sambunganya jadi terlebih dahulu.

Gambar sambungan tiang pancang atau bore pile

untuk lebih jelasnya ini kita buatkan gambar detail, semoga lebih mudah dalam membayangkan dan memahami

sambungan pondasi tiang pancang atau bore pile

sambungan pondasi tiang pancang atau bore pile

pada gambar tersebut bisa kita lihat tiang bore pile atau pancang bagian bawah yang bertemu struktur berebntuk kubus sebagai penyambung dengan tiang pondasi baru diatasnya yang langsung berhubungan dengan pile cap, untuk penggunaan jumlah serta diamater besi bisa disesuaikan dengan peruntukan struktur menyesuaikan dengan beban bangunan diatasnya.

 

itu tadi solusi jika ujung atas tiang pancang atau bore pile terlalu dalam, lalu bagaimana jika terlalu tinggi? solusinya yaitu dengan cara di bobok, penjelasanya bisa dibaca pada artikel= pekerjaan bobok ujung atas tiang bore pile

dengan adanya pekerjaan pembobokan pondasi bore pile sampai kepada elevasi rencana yang dibutuhkan maka akan membuang biaya yang seharusnya bisa dihemat, tapi bisa dipangkas dengan cara memanfaatkan puing beton untuk pengecoran bagian struktur lainya seperti pile cap atau pembuatan jalan sementara akses pekerjaan proyek.

Leave a Reply