Selamat ujian nasional bagi siswa SMK Bangunan

Masa ujian yang dinanti akhirnya tiba setelah sekian tahun menjalani rutinitas belajar dibangku sekolah menengah kejuruan, pada awal beridirnya sekolah jenis ini hanya ada 5 cabang saja bernama sekolah teknologi menengah ( STM ) perintis pembangunan yang seiring perjalanan waktu berubah nama menjadi STM Pembangunan kemudian SMK. sekolah yang disingkat sebagai SMK ini hampir tersebar diseluruh wilayah indonesia dengan berbagai jurusan berbeda menyesuiakan kebutuhan tenaga menengah di dunia industri,  disini kita ucapkan selamat menempuh ujian nasional bagi seluruh siswa SMK Bangunan di Indonesia semoga dapat mengeluarkan kemampuan maksimal untuk memperoleh nilai terbaik.

 

Semakin tingginya angka nilai minimal syarat kelulusan di Indonesia menjadikan siswa dan sekolah berlomba-lomba dalam menaikan prosentase kelulusan, karena bagi siswa lulus berarti telah menyelesaikan jenjang pendidikan SMK sedangkan bagi sekolah  mempunyai prosentase kelulusan tinggi sangat berguna untuk menaikan peringkat sebagai sekolah favorit yang dianggap masyarakat telah berhasil mendidik anak-anak yang dititipkan dengan baik. namun kondisi seperti ini justru banyak disalah artikan dalam menentukan tujuan sekolah bukan lagi memberikan kemampuan maksimal pada siswa tetapi lebih berorientasi pada  bagaimana meluluskan siswa saat ujian nasional, yah.. semoga ini tidak terjadi 🙂

 

Tips Ujian nasional bagi siswa SMK Bangunan.

  1. Abaikan jika ada gosip bocoran contekan yang tersebar, karena hal ini mungkin dapat mengurangi semangat belajar sehingga ketika ternyata bocoran soal itu tidak benar maka bisa jadi kebingungan saat mengerjakan soal ujian nasional.
  2. Belajar sampai larut malam mungkin baik tapi harus tetap menjaga fisik agar esok harinya ketika disekolah tidak mengantuk sehingga mengurangi kemampuan dalam mengerjakan soaal.
  3. Membaca buku arsip tentang soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya merupakan hal positif sehingga dapat memeperkirakan pada bidang keilmuan mana yang sering ditanyakan dalam ujian nasional SMK.
  4. Patuhi peraturan sekolah untuk mengerjakan soal dengan tenang dan hati-hati dalam bekerjasama mengerjakan soal dengan teman lain, karena jika ketahuan pengawas ujian yang galak bisa dikeluarkan dari ruang ujian dengan nilai menurut jawaban seadanya yang sudah dikerjakan.
  5. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran agar dapat mengerjakan soal ujian dengan baik.
  6. Berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menempuh segala ujian nasional maupun kehidupan.

 

Sistem pendidikan dan pekerjaan di indonesia banyak yang melihat nilai ijazah SMK dalam melakukan proses seleksi mahasiswa baru maupun karyawan, jadi mau tidak mau siswa harus mengeluarkan segala potensinya untuk mengukir nilai terbaik saat tes ujian nasional. sekali lagi di ucapkan selamat menempuh ujian nasional bagi seluruh siswa SMK di Indonesia semoga selalu mendapat kemudahan dalam menjalani langkah menuju cita-cita hidup yang baik 🙂

2 Comments

  1. Yudhistira 27 December 2012
  2. BIMA 18 February 2013

Leave a Reply