Sekolah SMK jurusan teknik gambar bangunan lulus jadi apa?

Sekolah SMK jurusan teknik gambar bangunan lulus jadi apa? begitulah pertanyaan singkat yang bisa jadi terbayang dalam pikiran jika kita akan atau sedang menempuh pendidikan dibangun sekolah menengah kejurusan bidang study TGB. atau isa jadi pertanyaan dari orang tua yang sedang membayarangkan masa depan anak tercintanya. untuk menjawab hal itu, maka disini kita berikan penjelasanya.

 

Drafter

Bertanggung jawab membuat gambar bangunan, jika bekerja di konsultan perencana bertugas membuat gambar perencanaan, jika bekerja di kontraktor bertugas membuat gambar kerja atau shopdrawing dan asbuiltdrawing.

Quantity Surveyor

Kerjanya menghitung volume bangunan,kebutuhan material dan membuat laporan progres pekerjaan.

Uitzet / Surveyor

Bertugas dalam hal pengukuran seperti membuat data ukuran existing tanah atau bangunan, dan mengukur untuk penerapan gambar kerja ke lokasi pekerjaan.

Pelaksana Bangunan

Bertugas mengawal jalanya pekerjaan konstruksi bangunan agar sesuai apa yang sudah direncanakan, dilaksanakan secepat mungkin dan dengan hasil berkualitas maksimal. pada proyek besar seperti pembangunan gedung bertingkat tinggi, ada pembagian tugas pelaksana dari mulai pelaksana besi, bekisting, cor beton, finishing, listrik, dan yang lainya menyesuaikan kebutuhan.

Pemborong / kontraktor

Jika berani menjalani usaha secara mandiri, maka bisa bergerak dibidang pemborong atau kontraktor. jika memerlukan tenaga ahli maka bisa sambil melanjutkan kuliah S1, atau dengan cara merekrut sarjana sebagai karyawan.

Konsultan perencana

Bisa juga membuka usaha di bidang perencanaan, seperti jasa desain rumah, pembuatan maket, gambar 3D dan sejenisnya. untuk lebih mendalami keilmuan dibidang ini maka bisa melanjutkan kuliah jurusan Arsitektur.

Melanjutkan kuliah

jurusan yang sesuai yaitu Arsitektur dan Teknik sipil, tapi kalau mau masuk ke jurusan lain juga tidak jadi masalah asal giat daalam berkuliah.

 

Begitulah gambaran mengenai prospek kerja lulusan sekolah SMK jurusan teknik gambar bangunan yang biasa disingkat sebagai TGB, yang pasti masih banyak bidang kerja atau usaha lain yang bisa dijalani dengan bekal keahlian yang sudah dipelajari sekolah, teruslah bersemangat dalam meraih cita-cita, jangan pernah berhenti belajar agar memperoleh masa depan yang lancar 🙂

One Response

  1. Adhitya rio saputra 28 June 2017

Leave a Reply