Rumah tinggal di bawah jembatan

Jika diminta memilih tentunya kita semua berharap bisa hidup serba kecukupan, mau apa keturutan serta bisa tinggal di rumah megah nan indah. Namun apalah daya, ibarat lima jari tangan yang semuanya berbeda sehingga bisa dengan mudah saling mendukung dalam melakukan sesuatu, coba bayangkan jika kelima jari kita adalah jempol semua! apakah tangan kita bisa berfungsi dengan baik. begitu juga dalam kehidupan bermasyarakat ada yang kaya, ada juga yang miskin sehingga roda kehidupan tetap bisa berjalan dengan baik, coba bayangkan jika semua orang adalah kaya! lalu siapa yang mau bekerja membangun rumah untuk mereka, coba bayangkan jika semua orang miskin! lalu siapa yang akan mempekerjakan mereka. intinya adalah kaya atau miskin harta itu sama saja, hidup senang hanya bisa diperoleh dengan hati yang tenang, tak peduli dalam posisi miskin atau kaya.

 

Marilah kita tetap bersyukur ketika terpaksa menghuni rumah tinggal di bawah jembatan, sambil berusaha dan berdoa sekeras mungkin sehingga suatu saat nanti bisa tinggal di rumah sendiri. kalaupun tidak tercapai di dunia, pasti di akherat kelak mendapat istana megah jika hidup kita berada di jalan yang lurus. ini jauh lebih baik, dari pada hidup bergelimang harta namun tidak halal karena hasil korupsi dan tipu daya, di dunia terus tersiksa karena selalu saja ada masalah baru dan berusaha menuruti keinginan terbaru yang selalu muncul dengan wajah berbeda. ditambah lagi di akherat kelak kita hidup sengsara selamanya. nah.. berikut ini beberapa tips yang barangkali dapat berguna.

 

Tips tinggal di rumah bawah jembatan

  1. Menjaga iman, kesehatan, silaturahmi dan ilmu. karena semua itu nilainya jauh lebih tinggi dibanding harta, dan lebih berpeluang besar untuk mengantarkan kita menuju hidup bahagia.
  2. Tetap menjaga kebersihan, agar rumah kita tetap nyaman untuk dihuni dan orang lain tidak merasa terganggu.
  3. Memilih jembatan yang aman dari hewan sungai seperti buaya, ular dan sejenisnya.
  4. Hati-hati dengan jembatan yang sudah berumur tua dan konstruksinya sudah tidak kuat, sehingga rawan roboh.
  5. Semua warga negara berhak tinggal dan terdftar sebagai penduduk, oleh karena itu perlu mengurus surat-surat yang dibutuhkan seperti KTP, Jamkesmas dll.

Demikian beberapa hal yang bisa disampaikan melalui ilmusipil.com semoga semuanya bisa mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni, dan bagi yang sudah berkecukupan agar bisa lebih peduli dalam menolong orang-orang yang kebetulan belum beruntung.

Leave a Reply