Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil rumah tahan gempa

Posisi Indonesia yang terletak di daerah rawan gempa memaksa kita untuk lebih cermat dalam membangun sebuah rumah yang aman, pengalaman dari gempa dan tsunami di Aceh 2004 silam membuka mata para perencana agar mengembangkan konsep rumah anti gempa. Saat itulah banyakk bermunculan desain – desain rumah anti gempa.
rumah tahan gempa

Sebenarnya hal yang terpenting dalam membangun rumah tahan gempa adalah detail penempatan dan pembuatan sengkang (ring pada balok) yang harus benar. Dengan penempatan posisi sengkang yang benar maka hal tersebut bisa mencegah rumah roboh dan hancur saat gempa. Jarak kerapatan sengkang satu sama lain bisa sekitar 5 sentimeter. Namun, patokan yang benar, batu untuk campuran beton yang dipergunakan harus tak bisa lolos. Kalau ukuran kerikil batu sekitar 2 sentimeter, mau tak mau kerapatan sengkang tak lebih dari 2 sentimeter.

Teknologi lain adalah rumah anti gempa yang dibangun dengan sistim baut (semua bagiannya disambungkan dengan baut) sehingga dapat dibongkar pasang dengan mudah karya Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Solo. Rumah ini dibuat dengan desain rumah panggung dengan pondasi setempat atau umpak dari beton yang dihubungkan dengan baut ke struktur utama yang terbuat dari baja anti karat. Dinding bagian bawah terbuat dari plat dengan ketebalan 1 mm dan  dilapisi powder painting agar tidak mudah berkarat. Sedang dinding bagian atas berupa humanboard, yaitu campuran serat kayu dengan semen dengan ketebalan tertentu. Pencampuran semen yang banyak membuat dinding ini tahan api. Juga ada pilihan dinding campuran antara stereofoam dan semen sehingga tahan guncangan.

Untuk bagian atapnya dibuat dari seng yang dilapisi aluminium sehingga tahan karat. Sementara untuk kusen jendela dan pintu digunakan aluminium yang ringan dan tahan karat.

Metode lain dalam membuat desain rumah tahan gempa adalah dengan metode pembentukan balok beton fleksibel. Ketika terjadi gempa, struktur balok beton fleksibel itu dibebaskan bergerak. Namun, lapisan dinding dipertahankan tidak bergerak supaya terhindar dari keretakan. Pada prinsipnya, bangunan atau rumah tahan gempa itu menggunakan material yang ringan, tetapi kuat. Logikanya, ketika terpaksa harus runtuh akibat gempa, struktur bangunan dari material ringan itu tidak akan sampai mematikan.

  1. memilih developer perumahan
  2. Cara mempercepat pembangunan rumah tinggal
  3. desain rumah bambu
  4. Cara mendapat dana saldo tambahan dari rumah yang masih KPR
  5. rumah tinggal melayang di udara
  6. Cara memilih lokasi tanah untuk rumah
  7. Ciri ciri rumah yang banyak diincar calon pembeli
  8. bangun rumah di jakarta
  9. Jual Rumah Bekasi
  10. Cara membeli rumah kpr
  11. Keuntungan Investasi rumah KPR di perumahan
  12. Design rumah minimalis
  13. membangun rumah kos atau kontrakan
  14. Rumah tinggal terapung diatas laut
  15. jenis atap rumah
  16. Harga sewa rumah di jakarta Rp.300 juta per Tahun
  17. Desain rumah tahun 2013
  18. Dilema Rumah Kopel
  19. Desain denah rumah

4 Responses to “rumah tahan gempa”

  1. Lukisan Aboriginal says:

    wah..info yang mantapz gan, jadi nambah wawasan ne, salam kenal gan :)

  2. Hendrik says:

    Bagaimana cara membuat kerangka pondasi dan kerangka lantai beton pada pembuatan rumah bata minimalis yang tahan gempa dan mempunya bentuk / model RUMAH PANGGUNG? Terima kasih.

  3. Yani jaelani says:

    Buat Pak hendrik salam kenal pak,saya hanya mau menyarankan untuk membuat rumah anti gempa,sebaiknya dinding tidak terbuat dari batu bata,karena jika terjadi guncangan batubata akan mudah hancur,sebaiknya bapak menggunakan dinding yang ditulis oleh penulis diatas.karena dijepang sendiri tidak ada rumah yang dinding nya terbuat dari bata.kebetulan saya pernah bekerja di perusahaa perumaha anti gempa di jepang.

  4. idiel arafah says:

    saya memiliki konsep rumah anti tsunami yang saya yakini sangat efektif, hanya saja belum
    masuk ke tahap pengembangan dan penyempurnaan. ketik saja “rumah anti tsunami” untuk searching gambar di google maka ia akan muncul di urutan paling pertama. Terimakasih

Leave a Reply

Current ye@r *