Rencana gedung baru kedubes Amerika terbesar di Indonesia

Rencana pembangunan gedung baru kedubes Amerika terbesar di Indonesia pada tahun 2013 ini menjadi berita menarik diberbagai website internet, media cetak maupun televisi. Perlu diketahui bahwa bangunan kedubes amerika terbesar pertama berada di irak, selanjutnya di pakistan, rencana berikutnya akan membangun gedung terbesar ketiga sedunia yaitu di jakarta ibukota negara Indonesia tepatnya di jl merdeka selatan no.4 persis sebelah monas monumen nasional. beragam tanggapan diberikan oleh masyarakat tentang setuju atau tidaknya pembangunan gedung ini, dan setelah mencari kabar kesana kemari maka didapatkan beberapa informasi mengenai gedung yang akan segera dibangun ini, detailnya kurang lebih sebagai berikut.

 

Spesifikasi gedung kedubes amerika di indonesia

  1. Konsep arsitekturnya ingin menciptakan keterbukaan dan transparansi. kabarnya  agar para pengurus visa lebih mudah dalam mengurus perizinan untuk bepergian ke negeri paman sam.
  2. Meskipun dibuat terbuka namun tetap ada fasilitas pengamanan.
  3. Kabarnya gedung ini dibuat ramah lingkungan.
  4. Jika kebanyakan gedung kedubes amerika menggunakan dinding batu sehingga terkesan tertutup rapat, rencana gedung ini menggunakan dinding panel kaca.
  5. Luas lahan 3,6 hektar.
  6. Ketinggian gedung 10 lantai.
  7. Luas gedung 36.000 meter persegi.
  8. Menggunakan teknologi terbaru, katanya akan menggunakan sentuhan rancangan tekstil asli indonesia.
  9. Gedung dilengkapi dengan  panel tenaga surya, area taman, lapisan jalan berpori, lapisan dinding gedung pelindung dari panas matahari, dan penadah air hujan.
  10. Gedung dirancang untuk dapat menampung air hujan sehingga dapat memenuhi kebutuhan air secara mandiri pada lingkungan kedubes amerika.
  11. Didalam kompleks kedubes amerika ada gedung bersejarah peninggalan sultan syahrir, sampai tulisan ini dibuat masih belum mendapat gambaran bagaimana nasib gedung ini. kabar terkahir akan dipindahkan, direlokasi dan direstorasi ke tempat lain.
  12. Katanya akan menampung sekitar 5000 tenaga kerja dari indonesia serta arsitek dan tenaga ahli dari kedua negara.
  13. Kabarnya masih dalam tahap pengurusan IMB izin mendirikan bangunan ke pemerintah DKI jakarta, dan rencana pembangunanya akan selesai tahun 2017.
  14. Anggaran pembangunan gedung kedubes Amerika sebesar USD 450 juta atau sekitar 4,2 triliun.

Beginilah foto desain 3 dimensi gedung baru kedubes Amerika di Indonesia
gedung baru kedubes amerika
Demikian informasi tentang rencana pembangunan gedung baru kedubes Amerika di jakarta ibukota Indonesia ini, bagaimana tanggapan saudara mengenai rencana pembangunan gedung ini, silahkan berdiskusi di bawah dengan bahasa yang baik dan hati lapang 🙂

13 Comments

  1. sudirman
  2. thomas
  3. Eva
  4. Kelik
  5. Pele
  6. Henry
  7. gundhul
  8. iyos
  9. thoriq
  10. Anling
  11. alex
  12. Puga
  13. Rohim

Leave a Reply