RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan

RAP adalah rencana anggaran biaya proyek pembangunan yang dibuat kontraktor untuk memperkirakan berapa sebenarnya biaya sesungguhnya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu kontrak kerja proyek konstruksi, sedangkan RAB adalah rencana anggaran biaya bangunan yang dibuat oleh konsultan perencana sebagai dasar untuk melakukan kontrak kerja konstruksi. jadi dari pengertian tersebut bisa kita lihat bahwa selisih antara RAP dan RAB merupakan gambaran awal untuk memperkirakan laba rugi perusahaan kontraktor. jadi fungsi RAP itu sangat penting dalam menunjang keberhasilan sebuah proyek konstruks. Berikut ini macam-macam fungsi lainya.

 

Fungsi RAP ( rencana anggaran biaya pembangunan )

  1. Sebagai pedoman general kontraktor untuk melakukan perjanjian kontrak dengan sub kontraktor atau pemborong.
  2. Sebagai acuan untuk negoisasi harga antara general kontraktor dengan mandor atau subkontraktor.
  3. Untuk mengetahui perkiraan keuntungan atau kerugian yang akan dialami jika menggunakan suatu metode kerja.
  4. Jika ternyata diperkirakan rugi maka kontraktor bisa mencari jalan agar tetap untung.
  5. Sebagai dasar untuk membuat jadwal pendatangan material dan tenaga kerja.
  6. Sebagai bahan laporan proyek kepada perusahaan pada kontraktor besar yang mempunyai banyak proyek.
  7. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah manejemen terbaik agar kontraktor untung dan pemilik proyek senang.
  8. Untuk membuat kurva s, namun jadwal ini biasanya dibuat khusus untuk keperluan kontraktor, sedangkan untuk laporan ke konsultan pengawas atau pemilik proyek tetap berpedoman pada RAB  .

 

Cara menghitung RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan pada prinsipnya sama seperti ketika menghitung RAB, hanya saja data-data yang digunakan merupakan rahasia perusahaan kontraktor seperti analisa harga satuan, harga bahan bangunan, harga upah tenaga kerja. data-data tersebut bisa dibuat dari hasil penelitian serta pengalaman selama mengerjakan proyek konstruksi. kontraktor yang bagus biasanya membuat standar khusus untuk menghitungnya dan tidak memberitahukan secara umum, atau istilahnya merupakan rahasia dapur perusahaan. format perhitunganya juga mengikuti standar perusahaan masing-masing. bisa dibilang bahwa disinilah sumber perbedaan harga borongan yang ditawarkan perusahaan sehingga bisa menjadi daya saing dalam dunia usaha kontraktor bangunan untuk memenangkan persaingan bisnis 🙂

28 Comments
  1. 4 years ago
    arief

    maaf sebelumnya saya cuma mau mengingatkan saja kalo singkatan dari Rencana Anggaran Biaya adalah RAB bukan RAP. terima kasih

    Reply
    • 3 years ago
      Danang

      Ada perusahaan yang memakai RAB (Rencana Anggaran Biaya) ada juga yang memakai RAP (Rencana Anggaran Pembangunan). Hanya berbeda istilah dan penamaan saja. Terimakasih kembali.

      Reply
      • 3 years ago
        Tukang insinyur

        RAB sangat berbeda dengan RAP , RAB adalah harga deal antara kontraktor dengan owner, Sedangkan RAP adalah harga acuan yg dipakai patokan kontraktor untuk melakukan pek. Biasanya RAP adalah harga RPAB yg sudah dikurangi pajak ppn 10 %, pph 2-3 %, profit dsb,

        Reply
    • 3 years ago
      Danang

      Dari tulisan diatas, perusahaan saya menyebut RAB disini sebagai Bill of Quantity untuk acuan harga dalam pembuatan kontrak sedangkan untuk mengetahui jumlah pengeluaran sebenarnya dari sebuah proyek, perusahaan saya menggunakan istilah RAB, dan di web ini menyebutnya dengan RAP.

      Sekali lagi berbeda perusahaan/kontraktor akan berbeda penamaan dan penyebutannya.

      Reply
      • 3 years ago
        Rachman

        Sepengetahuan saya RAP itu singkatan dari Rencana Anggaran Pekerjaan. Semua kontraktor biasanya tahu

        Reply
      • 3 years ago
        Arika

        Misi suhu2 jipers semua..saya mau tanya harga Grill Depan ini bisa buat di taft GT gak??trus pesmaangan PnP ato gmana?? dan harganya brapa Gan?? hatur nuhun

        Reply
      • 1 year ago
        Bayu

        RAP itu untuk rencana pelaksanaan mas, yang punya cuma kontraktor pelaksana, bukan BoQ. Fungsinya buat merencanakan kira2 aktual belanjanya berapa. Dari RAP bisa diketahui sejak awal untung rugi suatu pekerjaan. Sifatnya Rahasia dan tidak diperlihatkan sama sekali ke owner maupun pengawas.
        Yang mas Danang bicarakan itu ranah perencanaan semua, Padahal RAP buat pelaksanaan. yo jelas gak nyambung lah. wkwkwk..

        Reply
  2. 3 years ago
    central

    kalau bisa ajarkan tentang bagaimana cara mencari koefisien sendiri… baik upah maupun material.. biar tambah joss

    Reply
  3. 3 years ago
    rustam tahir

    dalam pemeriksaan perkara korupsi utamanya pada proyek pisik, kadang perhitungan jaksa / polisi / BPK. beda dengan hasil pekerjaan dan kontrak pekerjaan. banyak pelaku konstruksi terjerat karus hukum karena cara menghitung yang berbeda.

    Reply
  4. 3 years ago
    chamsing@ymail.com

    sipp…..sbg bekal metode kerja yg akan kita gunakan……tambah ilmu sbg bekal negosiasi,…mudah2an bisa lebih bermanfaat kedepan nya…thank’s

    Reply
  5. 3 years ago
    rasya

    saya disini terima kasih …tapi lebih berterima kasih kalau di beri contoh pembuatan RAP , karena saya masih belum paham pembuatan RAP tersebut.
    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • 3 years ago
      Tukang insinyur

      dapat mata kuliah RAB kan ??
      ya bikinnya spt itu,,tp memang harus paham lapangan dulu, unutk memasukkan harga -haraga upah dan material

      Reply
      • 2 years ago
        ASedhana

        Owch Jadi dalam Pembuatan RAP Sama Dengan RAB? Hanya Harga Upah dan Bahan Ditentukan Oleh Perusahan? (RAHASIA?
        Mohon penceraah kebetulan saya mengambil JUDUL TA RAP.
        terimaksih.

        Reply
      • 2 years ago
        ASedhana

        Owch Jadi dalam Pembuatan RAP Sama Dengan RAB? Hanya Harga Upah dan Bahan Ditentukan Oleh Perusahan? (RAHASIA)?
        Mohon penceraah kebetulan saya mengambil JUDUL TA RAP.
        terimaksih.

        Reply
  6. 3 years ago
    engel

    bagus banget, cuma saya minta cara menggambar bagunan ukuran 7×9 m serta cara membuat laporannya dimana didalam laporan ada menghitung rab analisis upah dan bahan dan juga cara membuar bkunya

    Reply
  7. 3 years ago
    Tukang insinyur

    RAB ( Rencana Anggaran Biaya ) adalah Anggaran Biaya yang telah kita sepakati antara kita sebagai kontraktor dengan pihak owner selaku pemilik proyek, biasanya kesepakatan ini melalui diketahui bersama jg dengan konsultan perencana, Bila ada item pekerjaan yg diluar item di RAB merupakan pek tambah ,sedangkan item pek yg dihilangkan merupakan pek kurang,
    Sedangkan RAP/RABP ( Rencana Anggaran Biaya pelaksanaan ) biasanya patokan kontraktor untuk melaksanakan pek tsb. RAP/RABP biasanya RAB yg sudah dikurangi pajak PPN 10 %, pph 2-3 %, provit dll. Itu adalah biaya yg diketahui oleh intern kontraktor sendiri, jangan sampai biaya yg dikeluarkan melebihi RAP/RABP

    Reply
  8. 3 years ago
    Erwan

    Cara menghitung RAB harus tau dulu jenis pekerjaan,lokasi, tingkat kesulitan,gambar dan spcifikasi teknik harus jelas sebab kesalahan dalam menghitung RAB kontraktor bisa bangkrut atw owner jadi tekor, proyek mandek . Spesialisasi dibidang RAB yang punya jam terbang tinggi dilapangan agar dapat nilai yang akurat apalagi untuk penawaran tender…..
    nich…. cara aman dalam menghitung RAB cari tau berapa upah kerja dan meterial setempat plus 20%…….bila ada kesalahan dalam perhitungan minimal balik modal atw dapat gajih doang..

    Reply
  9. 2 years ago
    farhan dulu

    Saya mau tanya bagaimana cara mencari tau kesalaham pemengan proyek pembersihan got irigasi..sedangkan saya tdk memiliki Rap tp hanya memakai insting dan juga kemampuan saya..hanya melihat serta mengetahui bahwa pekerjaan ini banyak kesalahan,…?

    Reply
  10. 2 years ago
    syania

    mau tanya ya ada yang pernah dapet tugas / kerjaan untuk RAB Lapangan Upacara ?

    Reply
  11. 2 years ago
    kecipot

    mantap

    Reply
  12. 2 years ago
    endang

    Tlong buatkan format RAP.tks

    Reply
  13. 2 years ago
    Achmad Fauzi

    Menurut hemat saya untuk mementukan Baik RAB / RAP / RABP itu biar tidak Lost atau Break Even harus cross cek terlebih dahulu
    1. Mengenai harga kondisi akhir lokasi ( jika matrial kurang dilokasi cari matrial
    terdekat harga.. ?
    2. Biaya jasa dilapangan( Biaya bongkar, Kordinasi/ OP)
    3. dan Scedule Pek ( Volume dibagi jumlah Tenaga Kerja ) akan ketemu Cost M2/ hari

    menurut saya seperti itu

    Reply
  14. 1 year ago
    cristian

    kalau ada proyek monggo di bagi2 he he he

    Reply
  15. 1 year ago
    ippank

    Sepengatahuan saya rap itu di bumn..standar untuk mngetahui untung rugix proyek mngingat laba yng harus dikejar dsitu uda ada pembiayaan upah kerja karywan.staf..sifatx rahasia kofesien standarx biasax tergntung lapangan dan perusahaan uda punya dan hargax uda sesuai rill..marginx..sdangkn rab..biasax pnawaran dari kontraktor..lengkap ppn dan pph..biasanya pmbuatan rab jau lebih tinggi nilaix ketimbang rap..

    Reply
  16. 6 months ago
    Meylida

    Kami sebagai mahasiswa yang ditugaskan untuk menilai salah satu mall di kawasan Jakarta dengan pendekatan biaya, namun sangat sulit untuk memperoleh data konstruksi mall tersebut dari internet ataupun pihak yang terkait. Di samping itu juga sangat sulit untuk menestimasinya sendiri dengan pengalaman kami karena mall tersebut tergolong mall yang besar. Mohon bantuan berupa saran untuk tugas penilaian kami, terima kasih.

    Reply
  17. 6 months ago
    Meylida

    Dalam hal penilaian mall dengan pendekatan biaya diperlukan data mengenai konstuksi bangunan tsb. Sangat sulit untuk mendapatkan data dari pihak yang berwenang maupun untuk memperkirakan sendiri konstruksi mall tersebut.

    Reply
  18. 6 months ago
    Andi

    apakah rencana anggaran biaya (RAB) itu bisa dilihat sama masyrakat, kalau memang ada tolong share regulasix yang mengatur rab tidak bisa diperlihatkan.

    Reply
  19. 1 month ago
    m. arif

    terimakasih atas pencerahannya, amat sangat membantu sekali….

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*