Rahasia agar bisa menjadi kontraktor sukses

Menjadi kontraktor bangunan itu tugasnya memecahkan masalah yang dipasrahkan oleh pemberi tugas yang sering disebut sebagai owner atau pemilik proyek, misalnya merubah tanah kosong menjadi sebuah area siap pakai yang terdiri dari bangunan lengkap dengan pernah-perniknya. semua orang dengan mudah bisa menjadi kontraktor, untuk membuat perusahaan PT atau CV kontraktor juga tidak membutuhkan ijazah tinggi, tapi untuk menjadi kontraktor sukses tidak semua orang bisa mewujudkanya karena akan ada bermacam permasalahan yang perlu diselesaikan dengan baik. setidaknya ada beberapa rahasia agar bisa menjadi kontraktor sukses yang bisa diterapkan untuk memudahkan dalam menggapai cita-cita, untuk itu mari berbagi ilmu dan pengalaman.

 

kontraktor

Standar kualitas kontraktor sukses

  1. Tepat waktu, menyelesaikan pembangunan sesuai dengan jangka waktu kontrak yang telah disepakati. jika bisa lebih cepat maka akan lebih baik.
  2. Menjaga hubungan baik dengan owner, suplier, masyarakat sekitar dan pihak-pihak yang terkait dengan kelancaran proyek.
  3. Menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya.
  4. Standar kualitas bangunan terbaik.
  5. Cepat tanggap, jika ada komplain dari owner maka akan lebih baik jika segera diberikan tanggapan.
  6. Jujur, siapapun pasti tidak suka jika dibohongi, jia merugikan pemilik poyek maka selanjutnya owner akan berpikir dua kali untuk memberikan kepercayaan membangun proyek berikutnya lagi.
  7. Cerdas dalam berkarya, mengerti ilmu bangunan sehingga dapat menyelesaikan pembangunan dengan baik.
  8. Membangun sesuai gambar rencana, apabila ada yang tidak bisa diterapkan maka bisa mengajukan usulan perubahan gambar.
  9. Memilih metode kerja terbaik agar bisa menyelesaikan setiap item pekerjaan dengan biaya semurah mungkin namun tetap berkualitas bagus dan selesai dalam waktu cepat.
  10. Tim proyek yang kompak sehingga bisa bekerjasama dan berkarya dengan maksimal, untuk itu dibutuhkan pribadi-pribadi berahlak baik sekaligus berilmu tinggi, ditambah lagi adanya jiwa kepemimpinan yang tepat.
  11. Zero accident atau berusaha agar tidak terjadi kecelakaan di proyek. pekerjaan akan terhambat ketika terjadi kecelakaan, paling tidak ada waktu yang terbuang percuma untuk melakukan evakuasi. kontraktor yang sering mengalami kecelakaan juga punya resiko black list atau tidak mendapatkan perizinan untuk bekerja lagi.
  12. Pengendalian biaya, waktu dan mutu proyek. untuk proyek besar biasanya ditugaskan personil khusus untuk melakukan tanggung jawab ini, namun pengendalian proyek tidak akan dapat berjalan baik tanpa dukungan seluruh personil yang terlibat didalamnya.
  13. Kegiatan marketing atau promosi untuk mendapatkan proyek perlu diperhatikan dengan baik, intinya adalah semakin dekat dengan para owner maka semakin besar kemungkinan untuk diberi amanat untuk mengerjakan proyek.
  14. Mendaftar ke asosiasi kontraktor sehingga jaringan bisnis semakin besar.
  15. Menyelesaikan segala perizinan dengan bagus agar tidak mengganggu jalanya kegiatan proyek.
  16. Keamanan proyek juga perlu dijaga dengan baik.
  17. Teliti dalam bekerja, mengupayakan agar tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan proyek.
  18. Pengaturan trafic manajemen yang baik, yaitu pengaturan lalu lintas proyek agar lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

 

Itu saja dulu yang bisa disampaikan, rahasia kontraktor sukses lainya tentu saja masih banyak. oleh karena itu silahkan berdiskusi dan berbagi ilmu tentang dunia kontraktor disini 🙂

12 Comments
  1. 3 years ago
    teguh subagio

    Ass wr wb,salam hormat.saya sedang 1B3P dan 1B3A.yaitu (Belajar,praktek,praktek,dan praktek) dan (Belajar,Action,Action,dan Action).saya sangat ingin mewujudkan visi misi dari,kakek saya yg dulu pernah buka perusahaan di bidang kontraktor.namun terkendala bnyak hal dan mungkin bakat kemimpinan dan mental beliau masih kurang.saya berharap,atas izin dari sang pencipta allah swt.ingin meneruskan visi misi kakek saya lagi.saya sedang merintis,di bidang kontraktor,tapi masih bnyak hal yg harus saya dan tim saya pelajari.untuk demi kmajuan saya dan tim,serta bangsa dan negara indonesia untuk pembangunan merata di setiap daerah.mohon bimbingan nya dari rekan2 dan admin ilmu sipil.terima kasih

    Salam Hormat

    Teguh Subagio

    Reply
    • 6 months ago
      yayat

      Saya juga di bidang sipil ..tapi sebagai mandor……jika bpk berkenan saya juga bisa gabung di pt/cp bpk klola trimakasih

      Reply
  2. 11 months ago
    Damirin plenden

    Sesulit apa pun ,klo kita tekuni dan hatihti dlm melangkah , pasti akan menghasilkan yg baik , MANJADA WAJADA

    Reply
  3. 10 months ago
    anik andayani

    saya suka belajar jadi kontraktor hebat

    Reply
  4. 9 months ago
    imam saputra

    Bismillah …

    Reply
  5. 8 months ago
    Teknikbor.com

    good Artikel

    kontraktor Properti dan bor sumur
    Propertigan.com
    teknikbor.com

    Reply
  6. 7 months ago
    Tunas glas

    Buat aku,Kontraktor Nama yang paling bagus kren dan terpopuler..apalagi visi dan misi nya yang sangat jelas,Ditambah lagi pendindikan yang sangat tinggi,Membuat saya salut dan jadi kepengen…

    Reply
  7. 3 months ago
    Jhody Bagaskara

    baru umur 19th udah belajar dasar menjadi kontraktor handal dan berjaya, semoga sukses menjadi kontraktor muda dan di percayai oleh client amin ya allah..

    Reply
  8. 3 months ago
    cv gp group

    Semua itu butuh proses..
    alhamdulilah saya umur 20thn udah pya cv dan lesensi pt
    untuk melangkah
    hati2 dlm mengambil suatu projet lebih teliti dlm sistem pembayaran yg di tawarkan..
    Jangan yampe gak di bayar..

    Reply
  9. 2 months ago
    yadi

    Sy jg kontraktor. Mencari pekerjaan itu mudah. Tp menjadi amanh/jaga kepercayaan onwer yg sulit. Dan tidak semua kontraktor bisa lakukan.

    Reply
  10. 3 weeks ago
    andri suhandri

    Sya jga kontraktor cuma sulit daPet owner

    Reply
  11. 2 weeks ago
    Hadi S

    saya bergerak di bidang konstruksi meliputi : pagar, kanopi, railing, konstruksi baja dll…. mungking busa berkerja sama

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*