Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

proyek gedung bertingkat struktur beton bertulang

Membangun proyek gedung bertingkat dengan struktur beton bertulang sekilas terlihat sulit dan membutuhkan pengetahuan yang kompleks namun sebenarnya cukup mudah dan hanya melakukan pekerjaan yang berulang-ulang jika sudah sering bekerja pada proyek gedung bertingkat tinggi, berikut ini beberapa uraian teknis mengenai pekerjaan struktur yang dilakukan sebagai bagian dari rangkaian pekerjaan pembangunan gedung bertingkat.

 

Cara membangun gedung bertingkat tinggi

 

Pondasi ( tiang pancang , bor pile atau pondasi dalam lainya )

Pembuatan pondasi tiang pancang dikerjakan setelah sebelumnya diadakan pekerjaan penyelidikan tanah, perencanaan kedalaman dimensi sampai dengan pekerjaan pembuatan tiang pancang dilapangan dengan bantuan alat berat.

 

Galian basement / lantai bawah tanah
Pekerjaan galian besement dapat dikerjakan setelah atau sebelum pekerjaan tiang pancang berlangsung menyesuaikan kondisi lapangan dimana gedung dibangun, yang termasuk pekerjaan basement yaitu pekerjaan pile cap, tie beam, plat dinding dan lantai beton bertulang area basement.

 

Kolom beton bertulang
setelah lantai dan dinding basement selesai dikerjakan maka langkah selanjutnya dilakukan pekerjaan pengukuran posisi kolom sesuai dengan gambar rencana dilanjutkan pemasangan besi tulangan lalu pekerjaan bekisting kolom dengan diakhiri pekerjaan pengecoran beton dengan mutu beton sesuai rencana kekuatan yang diharapkan.

 

Balok dan plat lantai beton bertulang
Pekerjaan balok dan plat lantai pada proyek gedung bertingkat dapat dikerjakan bersamaan dimulai dari pemasangan bekisting kepalaan kolom, pemasangan bekisting balok dan plat lantai lalu pekerjaan pemasangan besi tulangan diakhiri dengan pekerjaan pengecoran plat lantai beton.

 

Nah.. pekerjaan diatas adalah inti dari rangkaian proses pekerjaan yang untuk membangun lantai diatasnya lantai 2,3,4,…,52,53 dan seterusnya merupakan pengulangan dari pekerjaan diatas yaitu pengukuran – kolom – balok – plat lantai, untuk pengangukat material ke lantai gedung tinggi pada saat pembangunan berlangsung dapat menggunakan tower crane atau mobile crane sedangkan pengangkutan pekerja proyek dapat menggunakan pasangger hoist sebagai lift naik turun sementara.

 

Untuk pekerjaan struktur lainya seperti tangga dan sejenisnya dapat dilakukan setelah pengecoran plat lantai selesai atau langsung bersamaan dengan proses pekerjaan struktur gedung utama sehingga dapat menghemat waktu pelaksanaan namun dengan penambahan tenaga kerja tentunya, demikian uraian tentang proyek gedung bertingkat tinggi dengan struktur beton bertulang berbagai cara lain tentu terus bermunculan sebagai hasil inovasi dan kreatifitas untuk menghasilkan gedung bertingkat sebaik mungkin, dengan biaya hemat serta waktu pembangunan yang cepat :-)

  1. ilmusipil.com PEKERJAAN SHEAR WALL dan CORE LIFT
  2. ilmusipil.com Cara Memasang Lapis Resap Pengikat dan Lapis Perekat
  3. ilmusipil.com Daftar kesulitan dalam membuat kurva S
  4. ilmusipil.com waller beam lantai basement
  5. ilmusipil.com Konstruksi Berkelanjutan
  6. ilmusipil.com Metode cara pemasangan waterproofing membrane
  7. ilmusipil.com Cara pemancangan pondasi tiang pancang
  8. ilmusipil.com Mengatasi karat pada besi beton bertulang
  9. ilmusipil.com Cara pengecatan dinding
  10. ilmusipil.com metode cara plesteran dinding yang baik
  11. ilmusipil.com cara pasang keramik dinding
  12. ilmusipil.com Metode kerja pemasangan keramik
  13. ilmusipil.com Memahami Konsep Bangunan Hijau
  14. ilmusipil.com pabrikasi kolom beton bertulang
  15. ilmusipil.com pengertian sistem kontrak konstruksi
  16. ilmusipil.com PEMBONGKARAN BEKISTING dan PERAWATAN KOLOM
  17. ilmusipil.com cara waterproofing beton
  18. ilmusipil.com metode pemasangan baja ringan
  19. ilmusipil.com cara membuat batako

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com