Prospek kerja Sekolah SMK jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton TKBB

Sekolah yang rajin ya nak.. biar masa depanmu cerah dan hidupmu nanti tidak susah, begitulah kurang lebih nasehat banyak orang tua kepada anaknya yang sedang berstatus sebagai pelajar di sekolah, apalagi kalau sekolahnya itu menengah kejurusan alias SMK yang memang disiapkan untuk berkeahlian khusus sehingga bisa langsung kerja setelah lulus tanpa harus kuliah dulu, masing-masing jurusan tentu punya peluang tersediri, untuk itu disini kita bahas secara khusus tentang prospek kerja sekolah SMK jurusan teknik konstruksi batu dan beton TKBB.

sebelumnya sudah kita bahas tentang = prospek lulusan SMK jurusan teknik gambar bangunan

Ada juga pertanyaan yang berkaitan dengan tema ini di blog ilmusipil.com seperti ini

“Saya sekolah di SMKN 2 PYK jurusan teknik konstruksi batu dan beton/TKBB, Bagaimana prospek kerjanya?” pertanyaan dari mas Yogi Yolanda Risky.

Prospek kerja SMK jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB)

intinya bidang kerja yang sesuai adalah di dunia konstruksi bangunan, bisa di perusahaan konsultan perencana, kontraktor, konsultan pengawas, developer perumahan, dan sejenisnya. jika jurusan gambar bangunan lebih banyak berkecimpung di kantor seperti drafer, estimator. sedangkan jurusan TKBB lebih banyak bekerja dilapangan seperti pelaksana, pengawas, surveyor / uitzet, mandor, quality control, dan sejenisnya. tapi jurusan TKBB juga bisa bekerja sebagai drafter apabila punya kemampuan menggambar bangunan. dari segi gaji sama-sama besarnya, tergantung perusahaan dimana tempat bekerja.

Jika ingin melanjutkan ke bangku kuliah entah itu D3 maupun S1, alumni SMK TKBB bisa mengambil jurusan Teknik Sipil, sedangkan TGB ke jurusan Arsitektur agar sejurusan, namun itu tidak wajib karena kedua jurusan bangunan di SMK bangunan tersebut bebas mau ambil kuliah apa saja.

Jika ingin berwiraswasta maka bisa menjadi pemborong atau kontraktor, membuka jasa desain rumah dan maket, hitung rencana anggaran biaya bangunan (RAB), jasa pengukuran surveyor, dll. tapi yang namanya dunia usaha itu bebas mau ambil bidang apapun.

Jadi selamat bersekolah SMK, selalu semangat semoga tercapai apa yang menjadi cita-cita dengan masa depan cerah sesuai keinginan, semoga sukses 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.