Prospek kerja sekolah SMK bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan

Prospek kerja sekolah SMK bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan itu sangat cerah dan peluang pekerjaanya juga berlimpah, hal ini mengingat kebutuhan manusia akan bangunan itu seakan tiada habisnya, bermacam jenis proyek pembangunan berceceran dari mulai rumah tinggal sederhana sampai gedung pencakar langit.

disini kita akan menjelaskan bagaimana sebenarnya prospek kerjanya, sekaligus menjawab pertanyaan salah satu rekan kita di blog ilmusipil.com

Saya sekolah di SMK Bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan gimana prospek kerjanya? tgbsmkpb.blogspot.co.id

Prospek kerja lulusan sekolah SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB)

Drafter

Bertugas menggambar bangunan, di konsultan perencana membantu menuangkan ide-ide arsitek atau teknik sipil kedalam kertas, sedangkan di kontraktor bertugas membuat gambar kerja yaitu mendetailkan gambar dari perencana agar mudah dipahami untuk dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan.

Quantity Surveyor / Estimator

Tugasnya menghitung volume pekerjaan bangunan.

Pelaksana proyek

Mengawasi para tukang bangunan, menjelaskan gambar, dan memantau jalanya pelaksanaan pekerjaan proyek agar berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. pada proyek skala besar seperti gedung bertingkat tinggi, ada pembagian tugas pelaksana dengan personil khusus, seperti pelaksana besi, bekisting, cor, finishing, mekanikal elektrikal, dll.

Mandor

Hampir sama seperti pelaksana proyek, tapi lingkupnya lebih kecil yaitu memimpin para tukang bangunan agar melaksanakan pekerjaan sesuai arahan.

Prospek wirausaha alumni sekolah SMK bidang keahlian teknik gambar bangunan

Kontraktor / Pemborong bangunan

Orang atau perusahaan yang diberikan amanah oleh owner / pemilik bangunan untuk mengerjakan pembangunan dengan harga, waktu, dan syarat-syarat yang telah disepakati dalam kontrak kerja.

Konsultan perencana / Jasa desain rumah

Bertugas merencanakan bangunan sehingga dihasilkan produk berupa gambar, rencana kerja dan syarat-syarat, rencana anggaran biaya (RAB).

Developer / Pengembang perumahan

Membangun sebuah kawasan atau bangunan untuk dijual sehingga mendapatkan keuntungan.

Webmaster blog bertema bangunan

Di zaman informasi ini membangun blog di internet juga bisa menjadi sumber penghasilan sekaligus membagikan ilmu bangunan yang kita pelajari disekolah agar bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Yang pasti masih banyak lagi peluang kerja maupun usaha lainya, jadi bersemangatlah dalam belajar semoga kelak meraih masa depan cerah dan tercapai apa yang dicita-citakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.