Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Proses Pengolahan Air Bersih

PDAM merupakan perusahaan milik daerah yang bergerak di bidang pengolahan dan pendistribusian air bersih.Beberapa fasilitas yang dimilki dalam pemprosesan air bersih antara lain : intake, menara air, clarifier, pulsator, filter, dan reservoir. Semua perlatan – peralatan tadi dapat dioperasikan melalui system computer yang ada. Selain berbagai macam peralatan, PDAM juga menggunakan bahan kimia seperti : kaporit dan tawas dalam proses pengolahan air bersih. Air yang diproduksi dipantau kualitasnya oleh laboratorium. Sehingga air yang dihasilkan selalu memenuhi standar kesehatan air bersih.
1. Intake
Intake merupakan bangunan yang berfungsi untuk menangkap air dari badan air (sungai) sesuai dengan debit yang diperlukan bagi pengolahan air bersih.
2. Menara air baku
Menara air baku berfungsi mengontrol dan mengatur laju alir dan tinggi permukaan air baku agar tetap konstan, sehingga proses pengolahan berupa pembubuhan bahan kimia, koagulasi, pengendapan, dan penyaringan dapat berjalan dengan baik serta maksimal.
3. Clarifier
Clarifier sebagai tempat terjadinya koagulasi. Di Clarifier air dibersihkan dari kotoran-kotoran dengan cara mengendapkan kotoran-kotoran yang terdapat didalam air tersebut pada lamlar yang berupa jaring-jaring besi pada bagian bawah Clarifier. Kotoran-kotoran yang mengendap akan dibuang melalui pipa saluran pembuangan.
4. Rapid mixing (bangunan pengaduk cepat)
Bangunan pengaduk cepat berfungsi sebagai tempat pencampuran koagulan dengan air baku sehingga terjadi proses koagulasi.
5. Slow mixing (bangunan pengaduk lambat)
Proses pengadukan lambat (slow mixing) terjadi pada pulsator
Di sini flok – flok yang lebih besar akan terbentuk dan stabil, sehingga akan lebih mudah untuk diendapkan dan disaring. Cara kerja pulsator yaitu dengan sistem ruang hampa bekerja dengan menaikkan dan menurunkan air, sehingga flok – flok yang ada dapat bercampur. Lumpur dari endapan partikel flokulen dibuang setiap 15 (lima belas) menit sekali. Setelah mengalami proses pada pulsator, diharapkan tingkat kekeruhan air mencapai 1 FTU yang selanjutnya akan diproses di filter.
6. Bangunan filtrasi
Bangunan filtrasi yang berfungsi sebagai tempat proses penyaringan butir-butir yang tidak ikut terendap pada bak sedimentasi dan juga berfungsi sebagai penyaring mikroorganisme atau bakteri yang ikut larut dalam air. Bangunan filtrasi biasanya menggunakan pasir silica yang berwarna hitam setebal 80 cm dan juga kerikil. Pasir ini digunakan karena lebih berat dan lebih menempel flok-floknya.
7. Reservoir
Bangunan reservoir merupakan bangunan tempat penampungan air bersih yang telah diolah sebelum didistribusikan ke rumah-rumah pelanggan.

By: adelina

  1. Teknik Arsitektur ITB
  2. Teknik Arsitektur UGM
  3. mengenal bagian ruang rumah
  4. Membuat desain dapur bersih minimalis
  5. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  6. Rumah ini bagus, siapa Arsiteknya? Teknik sipil
  7. Pekerjaan dinding keramik
  8. perencanaan bangunan bertingkat
  9. Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek
  10. Arsitektur rumah 2 lantai
  11. Proses Pengolahan Air Bersih
  12. Modernitas dan Tradisionalitas Dalam Arsitektur Masjid
  13. Cara menghitung kebutuhan keramik
  14. Desain Ruang kerja
  15. Batu Alam Pada Dinding dan Lantai
  16. Mengenal Material Pintu Kamar Mandi
  17. buku Arsitektur dan Perilaku Sosial
  18. memilih warna interior rumah
  19. Teknik Arsitektur UI

3 Responses to “Proses Pengolahan Air Bersih”

  1. jupen says:

    pa. saya ingin merencanakan proses pembersihan air untuk 15 rumah tangga dengan kapasitas 3 liter/detik. tolong pa apa2 saja yg dapat saya lakukan, terutama pada jat Alumnya..

    trimakasih.

  2. willy fuamuni says:

    malam pa saya kebetulan staff konsultan perencana tetapi sya ingin mandiri. mohon maaf kalau saya terbuka. saya kebetulan ada dapat perencanaan sumur bor di salah satu instansi di daerah saya. kira – kira langka awal yang saya buat apa ya!! mohon penjelasan secara mendetail. thanks!!!

  3. Pia says:

    This is getting a bit more sivbectuje, but I much prefer the Zune Marketplace. The interface is colorful, has more flair, and some cool features like Mixview’ that let you quickly see related albums, songs, or other users related to what you’re listening to. Clicking on one of those will center on that item, and another set of neighbors will come into view, allowing you to navigate around exploring by similar artists, songs, or users. Speaking of users, the Zune Social is also great fun, letting you find others with shared tastes and becoming friends with them. You then can listen to a playlist created based on an amalgamation of what all your friends are listening to, which is also enjoyable. Those concerned with privacy will be relieved to know you can prevent the public from seeing your personal listening habits if you so choose.

Leave a Reply

Current ye@r *