Praktek kerja industri siswa SMK menjelang lulus

Kelebihan sekolah SMK adalah adanya program praktek kerja industri menjelang lulus yang dapat menambah kamampuan dan pengalaman siswa sehingga setelah lulus siap terjun ke dunia kerja untuk berkarya. Hal ini juga menjadi daya tarik dunia indutri dalam melakukan perekrutan tenaga kerja tingkat menengah kejuruan, selain itu perusahaan juga dapat menyerap teknologi terbaru di dunia pendidikan serta menilai bagaimana kemampuan siswa sekolah SMK. Sebenarnya manfaat apa saja yang bisa diperoleh siwa dan perusahaan dengan adanya program praktek kerja lapangan ini.

 

Manfaat praktek kerja industri bagi siswa

  1. Sebagai tempat untuk mendapatkan pengalaman tentang dunia kerja sesungguhnya.
  2. Membandingkan ilmu yang sudah dipelajari di bangku sekolah dengan pelaksanaan pekerjaan di dunia industri.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang pekerjaan.
  4.  Sebagai latihan kerja.
  5. Menjalin hubungan baik dengan pihak industri karena bisa jadi perusahaan sedang membutuhkan tenaga kerja dengan bidang sesuai jurusan siswa SMK.
  6. Mengetahui permasalahan baru di dunia industri untuk dicarikan pemecahan dan penemuan teknologi baru di sekolah untuk memudahkan proses pelaksanaan pekerjaan.

 

Manfaat praktek kerja lapangan bagi dunia Industri

  1. Menyerap teknologi baru yang dikembangkan di dunia sekolah sebagai sarana produksi penemuan ilmu baru siap pakai untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan.
  2. Mengetahui siswa sekolah SMK mana yang lebih terampil dan mempunyai disiplin kerja tinggi sehingga dapat melakukan perekrutan tenaga kerja terbaik.
  3. Menyampaikan kendala dan permasalahan pekerjaan kepada dunia sekolah untuk mendapatkan solusi dalam mempermudah proses industri.
  4. Mendapatkan bantuan tenaga kerja dari siswa sekolah SMK sambil mengajarkan bagaimana pekerjaan berjalan.
  5. Adanya suasana baru dilingkungan kerja.

 

Kemajuan sebuah bangsa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang salah satunya adalah adanya hubungan baik antara Dunia pendidikan dan industri sehingga dapat mempermudah proses pelaksanaan pembangunan serta update ilmu terbaru sesuai perkembangan yang ada. Praktek kerja industri merupakan sarana dalam mendekatkan sekolah dengan perusahaan namun sepertinya masih harus ada program lain agar terwujud suatu hal yang sangat  dicita-citakan oleh siswa maupun perusahaan.

4 Comments

  1. rudianto 6 October 2012
  2. Paulus 18 January 2013
  3. fais 5 July 2018
    • Ahadi 5 July 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.