Plat nomor ganjil genap untuk mengatasi kemacetan

Bagaimana jika peraturan plat nomor ganjil genap jadi diterapkan untuk mengatasi kemacetan? seberapa efektifkah kebijakan ini, apa saja permasalahan yang mungkin terjadi dalam penerapanya, mari kita ungkap disini. setelah sebelumnya diterapkan aturan three in one di ibu kota indonesia jakarta pada ruas jalan tertentu yaitu satu mobil minimal memuat 3 orang, uniknya adalah muncul lapangan kerja baru dengan profesi sebagai joki 3 in 1, pengemudi berpikir “dari pada terkena tilang lebih baik membayar orang untuk naik ke mobil sehingga jumlahnya lengkap 3 sesuai peraturan” hitung-hitung menciptakan lapangan kerja baru :-). inilah uniknya negeri ini, sumber daya manusia yang ada terlalu pintar dan kreatif sehingga hampir saja hukum yang dibuat selangkah lebih mundur dari kreaifitas masyarakat. termasuk juga ketika plat nomor ganjil genap diterapkan maka akan ada bermacam kemungkinan sebagi bagian dari kreatifitas masyarakat untuk menghadapinya sehingga perjalanan tetap legal, aman dan lancar 🙂

 

Contoh daftar hari pemakaian kendaraan plat ganjil genap

Hari Plat yang boleh lewat Contoh akhiran nomor plat
Senin ganjil 1,3,5,7,9
Selasa genap 0,2,4,6,8
Rabu ganjil 1,3,5,7,9
Kamis genap 0,2,4,6,8
Jumat ganjil 1,3,5,7,9
Sabtu genap 0,2,4,6,8
Minggu ganjil & genap 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9

 

ganjil genap macet

Macam-macam kemungkinan jika aturan plat ganjil genap diterapkan

  1. Bisa jadi peraturan ini hanya akan mengena pada kalangan ekonomi menengah kebawah, karena bagi kalangan ekonomi atas tentu akan sangat mudah membeli mobil lebih dari satu dengan plat nomor berbeda, jadi ada atau tidaknya peraturan plat ganjil genap tidak jadi masalah.
  2. Bisnis jual beli kendaraan bermotor meingkat tajam karena banyak masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan plat nomor berbeda.
  3. Angkutan umum menjadi penuh karena daripada kena tilang lebih baik pakai angkot.
  4. Bakal ada banyak tilang di jalan raya, pekerjaan polisi lalu lintas makin sibuk dalam menangani setiap pelanggaran pemakaian kendaraan dengan nomor plat tidak sesuai aturan.
  5. Hubungan sama tetangga dan rekan kerja makin harmonis karena adanya budaya menumpang kendaraan yang bisa dipakai pada hari-hari tertentu saja.
  6. Perjalanan lebih awal, jika peraturan dimulai jam 06.00 pagi maka masih bisa berangkat sebelum aturan dimulai.
  7. Mencari jalur alternatif, mungkin jalan raya utama terlihat lenggang dan lancar namun pada jalan kecil atau gang perkampungan bisa penuh sesak kendaraan.
  8. Perlunya petugas keamanan, satpam atau anggota keluarga yang standby di rumah untuk menjaga mobil yang ditinggalkan.
  9. Jika banyak kendaraan menganggur maka konsumsi bahan bakar minyak BBM berkurang, jadi negara bisa melakukan penghematan.
  10. Tempat parkir penuh, misalnya ada mobil dari luar daerah mau masuk ke jakarta maka terpaksa parkir kemudian transit menggunakan jenis angkutan lainya.
  11. Ada sebagaian masyarakat atau pendatang baru yang belum memahami aturan ini, jadi ketika melaju dengan santai dijalan maka siap-siap saja terkena tilang polisi.
  12. Beberapa ruas jalan terlihat lancar jika ada personil polisi lalu lintas, atau petugas pintu tol yang secara ketat melakukan seleksi kendaraan yang boleh lewat.

Terlalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi apabila aturan plat nomor ganjil genap diterapkan, disatu sisi kemacetan merupakan bukti nyata kemajuan ekonomi suatu daerah sehingga infrastruktur yang ada tidak sanggup menampung laju pertumbuhan jumlah kendaraan baru yang siap terjun ke jalan, ya.. semoga peraturan baru ini bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi kemacetan di jakarta atau kota lainya di indonesia yang sudah menjadi langganan macet setiap hari. lalu bagaimana pendapat teman-teman tentang aturan plat nomor ganjil genap ini 🙂

4 Comments

  1. wahyu nugraha 12 December 2012
  2. suriadi 19 December 2012
  3. saidfatwa 24 December 2012
  4. wiwi ashar 14 March 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.