Plat lantai beton pakai bondex dan besi tulangan wiremesh

Beragam metode kerja bisa dilakukan untuk menghasilkan struktur bangunan terbaik, salah satu yang sering kita temui yaitu sistem plat lantai beton pakai bondex dan besi tulangan wiremesh. ini banyak dipakai dalam membangun gedung bertingkat tinggi karena ada banyak keuntungan jika memakai metode ini. bondex adalah plat baja bergelombang anti karat yang digunakan sebagai pengganti besi tulangan bawah pada beton bertulang sekaligus difungsikan untuk bekisting saat pelaksanaan pekerjaan.

 

Keuntungan metode kerja plat lantai beton dengan memakai bondex dan besi tulangan wiremesh

  1. Bondex berfungsi sebagai cetakan, sehingga lebih menghemat biaya pengadaan, pemasangan, serta pembongkaran bekisting.
  2. Tidak perlu memakai besi tulangan bagian bawah, dengan begini maka ada penghematan ongkos tenaga tukang besi.
  3. Besi wiremesh sudah berbentuk rangkaian kotak-kotak yang pemasanganya di lokasi tinggal menaruh saja, tanpa harus melakukan pengikatan pada kawat bendrat satu persatu seperti jika memakai besi batangan. hal ini bisa mempercepat proses pekerjaan pembesian.

    bondek dan besi wiremesh

    bondek dan besi wiremesh

Kerugian memakai plat beton bawah bondex dan atas besi tulangan wiremesh

  1. Bondex terbuat dari bahan baja yang bersifat menghantarkan arus listrik, jadi perlu pemasangan instalasi listrik yang benar-benar bagus dan aman agar terhindar dari resiko bahaya kesetrum.
  2. Jika hendak memanfaatkan bagian bawah lantai beton sekaligus sebagai plafond, maka plat beton yang dibuat secara manual akan lebih mudah dibentuk halus dan rapi seperti layaknya plafond gypsum, sebaliknya jika memakai baja akan terlihat bergelombang.
  3. Pengangkatan bondex atau wiremesh secara manual ke struktur bangunan bertingkat dengan ktinggian tinggi akan lebih sulit dibanding besi batangan, untuk itu perlu disiapkan tower crane, mobile crane atau alat berat angkat lainya.
  4. Perlu banyak pemotongan bondex jika bentuk plat lantainya tidak persegi empat, untuk plat yang berbentuk tidak beraturan akan lebih baik jika memakai sistem plat beton biasa, memakai bekisting dan penulangan dua lapis atas bawah.

 

Yang pasti banyak untung atau rugi jika menggunakan metode kerja plat lantai beton pakai bondex dan besi tulangan wiremesh, dari segi biaya material akan lebih murah jika memakai sistem manual. namun dari segi kecepatan waktu dan ongkos upah tenaga kerja itu lebih hemat jika memakai plat bondex dengan tulangan wiremesh dibagian atas.

Leave a Reply