Plafond gypsum tidak tahan terhadap kebocoran air hujan

Plafond gypsum tidak tahan terhadap kebocoran air hujan oleh karena itu diperlukan upaya khusus untuk mencegah dan mengatasinya sehingga konstruksi langit-langit bangunan kita tetap awet dan indah tanpa mengalami kerusakan, pertanyaanya apa sajakah itu sehingga dapat dipraktekan dalam pemasangan plafond gypsum?

 

Cara melindungi plafond gypsum dari kebocoran

  1. Memastikan konstruksi atap diatasnya tidak mengalami kebocoran dengan cara menunggu untuk beberapa waktu sebelum memasang plafond sehingga mengetahui sisi mana yang terjadi bocor,apabila terkendala waktu sehingga harus dikerjakan buru-buru maka bisa diantisipasi dengan memasang rangka plafond terlebih dahulu.
  2. Menggunakan plafond gypsum water resistant yang mempunyai lapisan material pelindung dari air, namun harga gypsum jenis ini lebih mahal sehingga lebih banyak digunakan pada ruangan yang benar-benar banyak berhubungan dengan air seperti toilet dan kamar mandi.
  3. Apabila struktur atap menggunakan plat beton maka perlu dilakukan pekerjaan waterproofing terlebih dahulu agar tidak mengalami kebocoran, tes waterproofing dilakukan dengan cara mengisi atap dengan air dalam waktu 24 jam untuk mengukur nilai surut air, apabila volume air tetap maka bisa disimpulkan tidak mengalami keboocoran.
  4. Apabila struktur atap terbuat dari rangka kayu dengan penutup genteng maka bisa diberikan pengaman tambahan dengan menambahkan lapisan triplek atau plastik tebal agar air kebocoran tidak mengenai plafond gypsum.
  5. Perlindungan tambahan bisa dilakukan pada material gypsum dengan melakukan pengecatan menggunakan cat minyak.
  6. intinya adalah konstruksi bangunan diatas plafond gypsum harus 100% tidak bocor 🙂

 

Akibat dari plafond yang terkena kebocoran misalnya gypsum menghitam pada area yang terkena air atau pada ruangan toilet yang menggunakan gypsum water resistant apabila terkena air secara terus menerus maka akan lemah pada sisi sambunganya meskipun kondisi plafond tetap bagus sehingga dapat mengalami kerobohan. dalam memasang plafond gypsum dapat memilih beberapa alternatif rangka menyesuaikan rencana kekuatan dan anggaran biaya yang disediakan, rangka bisa dibuat dari bahan kayu, rangka besi hollow, rangka baja ringan dan lain sejenisnya, nah.. karena kita sudah tahu bahwa plafond gypsum tidak tahan terhadap air kebocoran maka diperlukan sikap hati-hati dan pemiliham metode pelaksanaan plafond yang baik untuk mendapatkan hasil plafond terindah 🙂

2 Comments

  1. Kasiman 23 September 2012
  2. erna irvan philya 12 October 2012

Leave a Reply