Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil pilih teknik sipil atau arsitektur

pilih teknik sipil atau arsitektur?

Suatu pertanyaan yang sering diajukan baik oleh remaja SMA yang mau kuliah maupun orang tua yang hendak melanjutkan pendidikan anaknya pada bidang study bangunan.berikut gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur.

Teknik Sipil
Teknik sipil mempelajari tentang bagaimana cara membangun sebuah bangunan yang kuat, indah serta ekonomis sehingga pada jurusan teknik sipil hampir mencakup semua konstruksi bangunan dari awal perancangan, perhitungan struktur, manajemen pelaksanaan bangunan sampai dengan perawatan bangunan pasca pembangunan.

Teknik Arsitektur
Teknik arsitektur mempelajari tentang bagaimana membuat gambar bangunan yang indah dan bagaimana agar desain tersebut dapat diterima oleh pihak lain.

Nah.. dari kedua jurusan tersebut ( teknik sipil dan arsitektur ) terdapat perbedaan yang saling bertentangan teknik arsitektur lebih menonjolkan keindahan bangunan sedangkan teknik sipil lebih pada kekuatan bangunan, seringkali seorang arsitek membuat bangunan yang indah tetapi apabila dilaksanakan dapat rubuh karena tidak kuat, begitu juga dengan teknik sipil dapat membangun sebuah bangunan yang kuat tetapi belum tentu indah. oleh karena itu perlu kerjasama antar keduanya. mungkin kata-kata berikut ini dapat menjadi gambaran

Teknik sipil perlu mempelajari teknik arsitektur meskipun hanya dasar-dasarnya saja.
Teknik Arsitektur perlu mempelajari teknik sipil meskipun hanya dasar-dasarnya saja.

Bagaimana dengan siswa SMP yang hendak mendalami bidang bangunan pada bangku STM ( sekolah teknologi menengah ) atau sekarang ini disebut SMK ( Sekolah menengah kejuruan ) ?

jurusan teknik bangunan yang ada di STM / SMK adalah:

Teknik Konstruksi bangunan
Pada jurusan ini kita lebih mendalami konstruksi bangunan baik secara kekuatan struktur bangunan, metode kerja pelaksanaan pembangunan, perhitungan rencana anggaran biaya, serta gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan dengannya adalah teknik sipil struktur.

Teknik Gambar Bangunan
Pada teknik gambar bangunan kita mempelajari bagaimana cara menggambar bangunan yang indah, detai-detail bangunan dan hal-hal yang berkaitan degan gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan denganya adalah teknik arsitektur.

Teknik Bangunan Air
pada teknik bangunan air kita lebih mempelajari tentang bangunan insfrastruktur misalnya jalan raya, jembatan, sungai, irigasi, drainase perkotaan dll. pada bangku kuliah jurusan yang sejaran denganya adalah teknik sipil transportasi atau pengairan

Teknik Bangunan Gedung
pada teknik bangunan gedung kita mempelajari tentang rancang bangun sebuah gedung, baik berupa rumah maupun gedung bertingkat.

Teknik Perkayuan
Pada jurusan ini kita mempelajari teknik – teknik perkayuan sebagai bahan bangunan, mebel, ukiran dll.

Teknik Survey dan Pemetaan
Pada jurusan teknik survey dan pemetaan kita mempelajari ilmu ukur tanah, ilmu pengukuran bangunan gedung baik secara manual, menggunakan theodolit maupun peralatan canggih lainya.

Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Pada teknik konstruksi batu dan beton hampir mirip dengan teknik konstruksi bangunan tapi lebih mendalami pada struktur beton sebagai bahan bangunan.

begitulah kurang lebih gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur pada bidang study bangunan pada bangku STM maupun kuliah, selanjutnya pilihan ditangan masing-masing karena tentunya yang tahu potensi terhebat yang ada pada diri kita adalah kita sendiri  :-)

ilmu sipil
  1. Teknik Arsitektur Undip
  2. Membuat desain dapur bersih minimalis
  3. memilih warna interior rumah
  4. Pekerjaan dinding keramik
  5. Rumah ini bagus, siapa Arsiteknya? Teknik sipil
  6. Hiasan uang mahar maket masjid mini
  7. Batu Alam Pada Dinding dan Lantai
  8. ketentuan perencanaan bangunan yang baik
  9. Mengenal Material Pintu Kamar Mandi
  10. Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek
  11. Membuat Forum teknik sipil dan arsitektur
  12. Arsitektur rumah 2 lantai
  13. Daftar kontraktor dan konsultan perencana BUMN di Indonesia
  14. mengenal bagian ruang rumah
  15. Arsitek VS Drafter mana yang lebih ahli dan pintar
  16. membangun kota laut dengan robot
  17. Proses Pengolahan Air Bersih
  18. Arsitek terbaik di Indonesia dan dunia
  19. Ramalan masa kejayaan Indonesia

73 Komentar

  • Usman Ali says:

    terima kasih mas infonya yang sangat berharga ini, memang ini yang saya sedang cari2.. karena saya juga sedang bingung mau kemana kuliah yang akan saya ambil. Thanks n salam sukses yach

  • diamy says:

    hahaha,,, memank iya, teknik sipil tu kadang terabaikan, tapi sebenarnya begitu penting, tak ada arsitek,, proyek masih jalan walau jelek,, tapi klo sebaliknya??, saya bukan mau ngejelekin yg satu dengan yg lain,, ibratt biologi,,22 nya dah beda species sama ordo dan matematikanya ibarat variabel x dan y gak bisa di operasikan(dibandingkan),kimianya ibarat unsur sama kolom alkali dan beda e-valensi hingga susah jadi senyawa,fisika ibarat gelombang longtudinal dan transversal, heheh kepanjangan… oiya,,saya juga anak sipil, berkunjung juga ke blog saya http://aku-kau-dan-mereka.blogspot.com/

  • anak ema says:

    sok pinter neh komen di atass..

  • kazunori says:

    thx ya,
    penting bgt nih info…
    gw suka bgt seni bangunan and mau masuk arsitektur atau teknik sipil..

  • antonius says:

    kalau perbedaan antara teknik sipil dan pendidikan teknik bangunan?

  • antonius says:

    apakah program studi teknik sipil sama dengan pendidikan teknik bangunan?

    • ell says:

      studi teknik sipil agak berbeda dengan pendidikan teknik bangunan..
      di teknik sipil, yang dipelajari adalah segala hal mengenai ilmu sipil, yang nantinya ditujukan untuk menjadi praktisi dibidang teknik sipil. lulusannya bergelar S.T.

      sedangkan pendidikan teknik bangunan, selain mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bangunan (sdkt gbungan sipil dan arstktur), juga mempelajari ilmu pendidikan. Lulusannya bergelar S.Pd. dan disiapkan untuk menjadi Guru SMK teknik bangunan. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk berkecimpung di dunia kontruksi bangunan, tergantung kemampuan dasar yang dimiliki lulusan dan kualifikasi lapangan yang dibutuhkan. Karena, biasanya di pendidikan teknik bangunan ini ada KP (kerja Praktek d bdang bngunan) juga ada PLP (semacam praktek mengajar di smk). Kekurangannya jika ingin terjun d lapangan yang brkaitan dengan struktur atau bangunan, biasanya kurang karena ilmu yang dipelajari di perkuliahan terbagi antara teknik bangunan dan pendidikan. meskipun pada kenyataannya, ada juga yang mampu. Memang tergantung penguasaan materi tiap orangnya. Beberapa Universitas terutama yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya UPI memang menyediakan jurusan ini.

      Sekian, semoga bermanfaat

  • ilmusipil.com says:

    program studi teknik sipil sama dengan teknik bangunan, program studi teknik arsitektur sama dengan teknik gambar bangunan

    • galvalume says:

      Maaf ya ilmusipil.com, yang ditanya adalah apakah program studi “TEKNIK SIPIL” itu sama dengan program studi “PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL”, ada kata “PENDIDIKAN” di depannya. Kalau menurut saya itu beda, Lulusan untuk Teknik Sipil kalau S1 adalah S.T, sedangkan untuk Pendidikan Teknik Bangunan adalah S.Pd.

  • uje says:

    wah… perang teknik sipil ma arsitek nih. tapi kalo menurut saya pribadi, kedepannya lebih banyak dibutuhkan sarjana arsitek deh. terus denger2 arsitek lebih populer daripada sipil

    • Roni says:

      Arsitek dianggap lebih populer, karena area kerjanya banyak didalam ruangan, rapi dan bersih. Tapi tau nggak anda berapa lama kami, mantan mahasiswa Arsitektur tidak mandi, tidur, gosok gigi2 dll saat ditimbun bermacam tugas? Arsitek munkin dianggap lebih populer dibanding Sipil, Tapi faktanya, Jurusan Teknik Sipil ada di lebih banyak Perguruan tinggi dibanding Jurusan Arsitektur. Arsitektur juga telah

      • Roni says:

        menghasilkan Ilmu2 yg tidak mungkin berada dalam kurikulumnya lagi seperti Ilmu Planologi, Desain Interior maupun Lansekap. Banyak Arsitek yg kecewa hasil gambarnya “cuma” dibayar ongkos kertasnya, itulah kenapa di Indonesia Arsitek harus terjun juga ke dunia Sipil, agar jerih payahnya tetap terbayar (Desain & Build), No Build no Payment…:(

  • Ilmam says:

    Jangan sok tau,,siapa blg arsitek lbh bxk dbthkan,,dr jaman kakek sy kuliah, di masyarakat itu hanya mngenal dua gelar yaitu dokter dan insinyur, dan yg pasti yg dkenal pd saat itu adalah insinyur sipil, gada tuh dbilangnya insinyur arsitektur.. Lgian jaman skrg arsitek udah trlalu bnyak dbnding dgn srjana sipil, makax yg dcri skrg sarjana sipil, liat aja dikoran2 yg ada lwongan krjax, pst yg dbthkan ahli sipil, udah jrg bnget yg bthkan arsitek..

  • Ilmam says:

    Jangan sok tau,,siapa blg arsitek lbh bxk dbthkan,,klo soal kepopuleran dr jaman kakek sy kuliah, di masyarakat itu hanya mngenal dua gelar yaitu dokter dan insinyur, dan yg pasti yg dkenal pd saat itu adalah insinyur sipil, gada tuh dbilangnya insinyur arsitektur.. Lgian jaman skrg arsitek udah trlalu bnyak dbnding dgn srjana sipil, makax yg dcri skrg sarjana sipil, liat aja dikoran2 yg ada lwongan krjax, pst yg dbthkan ahli sipil, udah jrg bnget yg bthkan arsitek..
    Jd peluang sipil lebh besar skrg ini..

  • numi says:

    iya nih, ada yg sok pinter..

    ibarat film, sipil sm arsitektur itu kembar tapi beda.

  • numi says:

    arsitek lebih populer dari teknik sipil? asumsi darimana?

    contoh sederhana aja nih ya, Menara Eiffel… yg bangun ny itu Gustaf Eiffel…

    dan beliau adalah seorang Kontraktor, bkn arsitek, nama Eiffel lebih dikenal karena beliau yg mbuat tuh tower, bkn arsitekny masbro. hahha

  • hulk says:

    om…..
    mau tanya….
    saya kn msh sma…..
    klo t.spil t pas kliah bljarn paan ja y om???
    susah tow gmana??/
    trus pluang krjax bgaimana???
    klo t.spil bnyak ngambar gak om????

  • ilmusipil.com says:

    wah selamat melanjutkan pendidikan, pelajaran pada teknik sipil bisa dilihat di http://www.ilmusipil.com/kurikulum-teknik-sipil di teknik sipil ada pelajaran gambar namun akan lebih banyak gambar jika di arsitektur, di teknik sipil lebih banyak ke manajemen pembangunan konstruksi dan perhitungan konstruksi baik itu struktur bangunan maupun transportasi :-)

  • hulk says:

    om….
    klo untuk lowongan krjax jdi apa j om????

  • putra says:

    gene y,yang namaa teknik sipil tu sekarng lagi dibutuh kan oleh masyarakat..
    matakuliah na juga asyik2,, selain mempelajari bangunan sipil juga mempelajari jembatan,jln raya dan kontraktor…peluang kerja di sipil sangat lah banyak, apabila kita mematangkan 1 permata kuliah maka bisa menghasilkan uang buat kita…..
    contoh :
    ada orang yg meminta kita membuat beberapa rumah dlm 1 komplek…..
    dengan ukuran beberapa hektar harus bisa mendirikan min 30 rumah dgn ukuran type 36/70
    anggaran biaya per murah yg telah di perjanjian = Rp.70.000.000
    padahal modal yg dibutuhkan hanya Rp 50.000.000 sudah termasuk upah tukang,,jdi kita mendapatkan keuntungan 20jt kali kan saja sebanyak 30 rmh brp kah anda mengantongkan uang??
    hmmm… pasti lumayan besar kan??
    blum lgi apabila anda memakan pasir, besi, semen, dll dlm per rumah…..
    tpi itu tergantung dari hati nurani kalian…..

    • Roni says:

      Sudah berapa lama anda bekerja di bidang Konstruksi? Memangnya ga ada pemborong bangunan yg Sarjana Arsitek, bahkan tidak sekolah tentang bangunan secara formal? Jangan membatasi diri kita, apalagi cara pandang kita secara sempit.

  • Anang says:

    mau tanya bang, sya kan skrg lg Stm Gambar bangunan, lah saya bgung mau milih sipil apa arsitektur, kira2 sya co2k dmn?

  • diez says:

    arsitek vs sipil ibaratnya ekonomi vs teknik industri.. betul apa tepat???

  • azil says:

    ngomong apaan nih??

  • atno says:

    sama aja,kan sama sama kuliah :p

  • didi sutanto says:

    kalau melihat kasus seperti ini harusnya jng saling menjatuhkan…
    coba kita cermati,sebuah rumah akan terlihat bagus dan kokoh apa bila ilmu sipil dan ilmu arsiteknya di terapkan….dari gambaran contoh di atas kita tdk bisa pungkiri kalo sipil dan arsitek tidak bisa di pisahkan.
    sipil dan arsitek harus saling MENGISI………….Hidup Fakultas teknik

  • selly mutiara says:

    kalo teknik sipil apa harus pinter gambar ? saya mau masuk ke sipil tpi takut klo bnyk gambarnya gak bisa, TT

  • Rahma.A.P. says:

    Whoa.. Makasi kakak2 semua atas info yang telah kalian berikan..
    .
    Aku cuman pingin ngasih tambahan duikuit (red : dikit) aja..
    Kalo Arsitek itu lebih ke seni.. Kalo Sipil itu perhitungan kekuatan bangunan.. :)

  • shandy says:

    kebanyakan sekarang desain cuma copas doang..asal keliatan bagus mukanya za..klo perhitungan mana bisa copas..tapi sipil itu kaku..

  • ismail says:

    gimna nee, pilih hati nurani atau pilih yg lbh d kuasai,..

  • ismail says:

    gimna nee, pilih hati nurani atau pilih yg lbh d kuasai?

  • Thia says:

    Hhaadeehh :/

  • idham says:

    ” Thank y mas atas informasi y, owh y mas kalau misalnya kita gc bisa menggambar pa bisa kita ngambil jurusan teknik pembangunan,sedangkan minat saya kesitu setelah lulus dari SMA,satu lagi mas kita sekolah di SMA bukan di SMK gimana tu mas ?

  • idham says:

    pengen y sieh teknik arsitektur tapi idham gc bisa mengambar , gmana tu y ?

    • ell says:

      yang penting ikutin passionnya lebih kmana..
      masalah ga bisa gambar, nanti d perkuliahan dipelajari dari awal ko.
      saya masuk jurusan arsitek, dan awalnya saya tidak terbiasa dengan sketsa, tapi di arsitek ada mata kuliah gambar arsitektur yang dimulai dengan belajar garis, bidang, persfektif sampai sketsa gedung, semuanya bertahap.
      lagi pula saat ini untuk sketsa biasanya ditekankan di awal2 semester saja, sisanya menggunakan media komputer untuk menggambar. jadi tidak bisa menggambar jgn dijadikan alasan untuk menghentikan cita2, karena pada nyatanya justru keinginan yang kuat itulah yang ahirnya membawa pada kesuksesan.
      beberapa teman kuliah saya bahkan ada yang mundur di tengah jalan dengan alasan ‘gak kuat’ mengikuti tugas2 d arsitektur yang sebenarnya dilandasi oleh keinginan mereka juga yang kurang berusaha bahkan kebanyakan hanya kuliah karena orang tua..
      ingatt..ikut passion kamu lebih pengen kemana.

      semoga dpat memberikan gambaran

      • siti nurjanah says:

        kak skrng sya siswi kelas 3 SMA, jujur saya masih bingung tentang mau pilih jurusan apa tapi udh lama ini saya pengen masuk jurusan teknik arsitektur,, yg saya mau tnyakan gmna dngan prospek kerjanya, apakah kita nyari sendir pkerjaan yang membutuhkan arsitek atau kaya ada penyalurnya gitu?? mohon jwabannya sgera kak, sya btuh jwbannya
        terima kasih

  • Fajri says:

    Kalo hitungan ga bisa tapi menggambar bisa….bisa masuk arsitektur ga….

  • Robin says:

    bwt yg udah brpengalaman tlong bntu sya…sya lagi bngng nentuin jurusan teknik sipil/arsitektur

    • ell says:

      kayanya lebih ikutin keinginan kamu lebih ke arah mana deh.
      keduanya berprospek baik menurut saya, asalkan kamu mempelajarinya dengan sungguh2 jgn stengah2.
      kalo diliat d lapangan memang keliatannya ‘duit’ untuk sipil lbh banyak daripada arsitek. menurut saya hal itu juga memang setara dengan beban kerjanya. Ilmu sipil kan bertanggung jwb jg untuk kekokohan suatu bangunan sekaligus keselamatan pengguna bangunannya.

      tapi kalau ditinjau lagi, profesi arsitek meskipun dalam suatu proyek mungkin mendapat upah yang tidak lbh besar dari sipil. Peran arsitek dalam suatu proyek biasanya lebih cepat dibanding sipil, karena menitik beratkan pada perencanaan, sisanya tinggal meninjau.
      jadi jika sipil bisa mendapatkan satu proyek dengan upah yang besar, arsitek saat itu bisa mengerjakan beberapa proyek begitu.

      dua2nya memiliki kelebihannya masing2 kemabli lagi tergantung keinginan kuat kamu lebih ke arah mana, dan menjalaninya dengan sepenuhnya.

  • Robin says:

    klo di hutung dlm persen, kira” prospek kerja untuk teknik sipil & arsitektur tu perbndingnnya brp???

  • king abdul aziz says:

    kalo masalah sipil di universitas, politeknik, dengaan institut??? apakah sistem pembelajaarannya ada yang berbeda?

  • Lucifer says:

    kalo suka desain tp pengennya masuk t.sipil gmn bro ??
    Ad saran bgusan kmna g bro ??

  • Musa says:

    “saya doakan smoga kita smua suksss di bidangnya masing-masing.”

  • alya akbarsmdapc lagi galaw says:

    ini sngat penting dalam memili jurusan ini

  • Roni says:

    Wah2, ini anak2 belum ngalamin kerja udh pada ribut. Saya dulu Sekolah di STM Bangunan Gedung. Trus karena tidak suka matematika, saya masuk Arsitektur. Metode2 Kerja Sipil saya pelajari secara otodidak maupun dari rekan dan atasan saya. Saya sama2 menyukai perencanaan dan pelaksanaan. Perhitungan struktur secara detail memang tidak saya kuasai, karena itu adalah bidang rekan saya di Konsultan Perncana Struktur. Kalo anak2 Arsitek diajari Perhitungan struktur sedetail anak Sipil, bisa ga makan dong anak2 Sipil.

    Saat ini saya bekerja pada Konsultan Manajemen Konstruksi, pada level yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan teman2 Sipil seangkatan saya. Saya tidak meremehkan Sipil/ Arsitektur, yang terpenting kita jangan membatasi diri, karena pada masanya bahkan ilmu ttg Mechanical, Electrical dan Plumbing pun harus kita mengerti sistemnya, kalo kita mau berada pada level puncak karir kita di bidang Konstruksi.

  • angga says:

    apakah teknik arsitektur bisa mnguasai ilmu sipil ?
    pasti bisa
    seandainy arsitek mnguasai ilmu sipil
    psti ddalam perencanaa suatu lingkunan binaan sangat mantap

  • khemy says:

    semua tergantung pilihan masing2
    kalau kalian ingin bekerja di proyek pembangunan maka lebih baik pilih sipil tapi kalau kalian ingin bekerja di desain gambar bangunan apalg dalam hal interior bangunan maka lebih baik milih arsitetur.

  • vidhy says:

    klo menurut aku, arsitek dan teknik sipil adalah 2 bidang sangat berkaitan.
    jadi, mengetahui keduanya sangat baik tapi tetap 1 yang jadi prioritas.

  • suriadi says:

    thnks infoy mas….

  • merry maharani augusfa says:

    yg penting niatnya, teknik sipil dan arsitek itu sma2 bgus. Gak ada ilmu baik yg tidak bermanfaat.

  • Budi says:

    Desain Interior :) <3

  • awan says:

    pusing juga jdinya mlah kyak messi vs ronaldo bgus semua…tpi ada yg coment @ell.. Klo bgtu mndingan arsitektur wlaupun prbnding upah brbda tpi kita bnyak project…contoh mall vs perumahan

  • ann says:

    mw tnya,
    sipil jg mempelajari design semua konstruksi atau cuma terbatas di bbrapa konstruksi aja?
    Trus klo ktny klo arsitek ktnya pny peluang bagus klo udah s2 bener gk?
    Aq pingin masuk ke jurusan yang gx cuma mempelajari cara gmbar bangunan yg kokoh, tp scara lebih luas, aq jg suka mate+fisika,
    kira” dari minat lebih cocok yg mana ya?
    Terima kasih, maaf bnyak tanya, :D

  • ann says:

    mw tnya,
    sipil jg mempelajari design semua konstruksi atau cuma terbatas di bbrapa konstruksi aja?
    Trus ktany, arsitek pny peluang bagus klo udah S2 bener gk?
    Aq pingin masuk ke jurusan yang gx cuma mempelajari cara gmbar bangunan yg kokoh, tp scara lebih luas, aq jg suka mate+fisika,
    kira” dari minat lebih cocok yg mana ya?
    Terima kasih, maaf bnyak tanya, :D

  • khafizz says:

    mau tanya nich..
    Low lulusan sma m0 ngmbil jrusan arsitek bisa gk nie..

  • abdul ank says:

    ambil jrusan arsitex aja lbih seru. . . ! !

  • jito says:

    Teknik!!!…Jaya!!!….

    wah…..setahu saya kalo di ARSITEKTUR luas Banget bro yang dipelajari….dari psykologi sampai anthropolgi…dari wujud abstrak sampai kedetailnya…..soal perhitungan untuk kekokohan bangunan sesuai desain kami serahkan kepada teman kami di sipil…..soal kerja di konsultan perencana, kontraktor, maupun developer arsitek juga sama2 dibutuhkan…….meski mantan mahasiswa arsitektur masih bisa kerja di luar bidangnya

  • vhey says:

    Aku lulusan smk jurusan animasi, bisa gak ea kuliah jurusan arssitek atau teknik sipil gitu?

  • jito says:

    setahu saya bisa atau tidaknya masuk di jurusan arsitektur atau sipil tidak ditentukan dari jurusan apa sebelumnya waktu di SMK/SMA yang penting bisa lolos test masuk perguruan tinggi …….dan biasanya di Arsitektur ada test gmbar freehand-nya juga lho………

  • Saya tidak menyalahkan statemen anda tentang perbedaan sipil dan arsitek. Itu hak anda mengeluarkan pendapat dari perspektif anda seorang sipil. Saya ingin mengeluarkan pendapat saya dari kacamata arsitek, arsitek tidak hanya berbicara gambar dan keindahan saja. Ada 3 prinsip yg dipegang oleh arsitek vitruvius yaitu venusitas, firmitas, utilitas. venusitas, mengacu pada tata bentuk dan ruang yg memiliki ritme, poroporsi, skala, emphasis. Firmitas mengacu pada struktur dan material bangunan dan finishing. Tidak hanya berbicara bangunan bisa berdiri namun juga dampak ketika sudah dipakai/dihuni. Panas? Sejuk? Tradisional? Modern? Klasik. Utilitas berbicara fungsi. Apakah bangunan tersebut berfungsi sesuai semestinya. Butuh waktu untuk menyelami apa itu arsitek, bila ada yg tertarik bisa sharing pendapat dengan saya. Thamks

  • Krisman Febrian says:

    saya mau kuliah ngambil jurusan pendidikan teknik bangunan.
    apakah lulusannya akan menjadi guru ??

  • Hilda Amellia Safitri says:

    Kalau arsitek harus bisa gambar yg indah ya?

  • galih says:

    apa perbedaan teknik arsitektur dengan gambar bangunan ??
    saya baru mau masuk ke smk di jurusan gambar bangunan nih soalnya.

  • desi says:

    saya cuma mau menambahkan kalau arsitek itu tidak cuma memikirkan bangunan itu bisa dibangun, tapi lebih kepada bagaimana bangunan itu bisa beradaptasi dengan yang sudah ada (cth : alam)

  • freak says:

    Kata siapa Arsitektur itu cuma desain bangunan indah..Konyol banget broooo!!!
    kita desain bukan cuma indah.kita desain bukan cuma maslah fasad doang,
    hla trus knapa kalo indah doang kudu lemburan!!!!
    mending gak usah saling memonokan deh..
    jalani profesi masing-masing…
    kalian bisa bilang gitu karena gak kuliah di arsitektur..!!!!!

  • vera says:

    kira” yg lulusan smk akuntansi, bisa masuk universitas fakultas teknik sipil? kalopun bisa, kira” kemungkinan nya berapa persen?

    mohon infonya
    thanks :D

  • joni rachmadi says:

    pemahaman yang dangkal mengenai ilmu keteknikan membuat kita merasa apa yang kita pelajari lebih unggul dari ilmu lainnya. sebelum kita menulis sesuatu sebaiknya kita berpikir objektif dalam menempatkan objek studi kita. Sya ingin mengajak semua piha terutama admin agar lebih belajar lagi, agar blog ini tidah hanya berisi pengarahan yang menyesatkan bagi adik-adik kita ttpi menjadi referensi yang objektif bagi keilmuan bidang teknik khususnya bidang kontruksi. ingat teknik kontruksi bukan cuma satu jurusan, ttpi semua itu merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. jadi, pelajari dulu baru kita sampaikan, cari refernsi dan cari literaturnya. jangan cuma pendapat sendiri yang tidak memiliki dasar yang jelas. ingat.. you are the engineer.. whatever kind… tks

  • rikka says:

    Saya tertarik masuk ke jurusan arsitektur, tapi tidak terlalu pandai dalam fisika, apa nanti saya akan kesulitan dengan mata kuliahnya? Tolong bantu dijawab. Terimakasih

  • elisabeth says:

    saya ada kerinduan inigin kuliah jurusan arsitektur tp saya belum bisa gambar terlalu bagusss,,, apakah di kuliah ada pembelajaran cara menggambar desain arsitekturnya??? dan kalo teknik sipil sama arsitektur itu perbedaannya apa ?? dan lebih bagus mana… thks infonya.

  • MHD YUSRI says:

    salam arsitektur…

Komentari

*
*

Current ye@r *