Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil pilih teknik sipil atau arsitektur

pilih teknik sipil atau arsitektur?

Suatu pertanyaan yang sering diajukan baik oleh remaja SMA yang mau kuliah maupun orang tua yang hendak melanjutkan pendidikan anaknya pada bidang study bangunan.berikut gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur.

Teknik Sipil
Teknik sipil mempelajari tentang bagaimana cara membangun sebuah bangunan yang kuat, indah serta ekonomis sehingga pada jurusan teknik sipil hampir mencakup semua konstruksi bangunan dari awal perancangan, perhitungan struktur, manajemen pelaksanaan bangunan sampai dengan perawatan bangunan pasca pembangunan.

Teknik Arsitektur
Teknik arsitektur mempelajari tentang bagaimana membuat gambar bangunan yang indah dan bagaimana agar desain tersebut dapat diterima oleh pihak lain.

Nah.. dari kedua jurusan tersebut ( teknik sipil dan arsitektur ) terdapat perbedaan yang saling bertentangan teknik arsitektur lebih menonjolkan keindahan bangunan sedangkan teknik sipil lebih pada kekuatan bangunan, seringkali seorang arsitek membuat bangunan yang indah tetapi apabila dilaksanakan dapat rubuh karena tidak kuat, begitu juga dengan teknik sipil dapat membangun sebuah bangunan yang kuat tetapi belum tentu indah. oleh karena itu perlu kerjasama antar keduanya. mungkin kata-kata berikut ini dapat menjadi gambaran

Teknik sipil perlu mempelajari teknik arsitektur meskipun hanya dasar-dasarnya saja.
Teknik Arsitektur perlu mempelajari teknik sipil meskipun hanya dasar-dasarnya saja.

Bagaimana dengan siswa SMP yang hendak mendalami bidang bangunan pada bangku STM ( sekolah teknologi menengah ) atau sekarang ini disebut SMK ( Sekolah menengah kejuruan ) ?

jurusan teknik bangunan yang ada di STM / SMK adalah:

Teknik Konstruksi bangunan
Pada jurusan ini kita lebih mendalami konstruksi bangunan baik secara kekuatan struktur bangunan, metode kerja pelaksanaan pembangunan, perhitungan rencana anggaran biaya, serta gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan dengannya adalah teknik sipil struktur.

Teknik Gambar Bangunan
Pada teknik gambar bangunan kita mempelajari bagaimana cara menggambar bangunan yang indah, detai-detail bangunan dan hal-hal yang berkaitan degan gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan denganya adalah teknik arsitektur.

Teknik Bangunan Air
pada teknik bangunan air kita lebih mempelajari tentang bangunan insfrastruktur misalnya jalan raya, jembatan, sungai, irigasi, drainase perkotaan dll. pada bangku kuliah jurusan yang sejaran denganya adalah teknik sipil transportasi atau pengairan

Teknik Bangunan Gedung
pada teknik bangunan gedung kita mempelajari tentang rancang bangun sebuah gedung, baik berupa rumah maupun gedung bertingkat.

Teknik Perkayuan
Pada jurusan ini kita mempelajari teknik – teknik perkayuan sebagai bahan bangunan, mebel, ukiran dll.

Teknik Survey dan Pemetaan
Pada jurusan teknik survey dan pemetaan kita mempelajari ilmu ukur tanah, ilmu pengukuran bangunan gedung baik secara manual, menggunakan theodolit maupun peralatan canggih lainya.

Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Pada teknik konstruksi batu dan beton hampir mirip dengan teknik konstruksi bangunan tapi lebih mendalami pada struktur beton sebagai bahan bangunan.

begitulah kurang lebih gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur pada bidang study bangunan pada bangku STM maupun kuliah, selanjutnya pilihan ditangan masing-masing karena tentunya yang tahu potensi terhebat yang ada pada diri kita adalah kita sendiri  :-)

  1. membangun kota laut dengan robot
  2. mengenal bagian ruang rumah
  3. Membuat desain dapur bersih minimalis
  4. Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek
  5. desain atap kontemporer
  6. Teknik Arsitektur Undip
  7. Teknik Arsitektur ITB
  8. MELIPAT KERTAS GAMBAR A3
  9. Batu Alam Pada Dinding dan Lantai
  10. Arsitek VS Teknik Sipil – Antara imajinasi dan hitungan
  11. Hiasan uang mahar maket masjid mini
  12. Rumah ini bagus, siapa Arsiteknya? Teknik sipil
  13. ketentuan perencanaan bangunan yang baik
  14. Cara menghitung kebutuhan keramik
  15. Proses Pengolahan Air Bersih
  16. Berbagai Motif Keramik Untuk gambar 3 dimensi
  17. Teknik Arsitektur UI
  18. Teknik Arsitektur UGM

72 Responses to “pilih teknik sipil atau arsitektur”

  1. jito says:

    setahu saya bisa atau tidaknya masuk di jurusan arsitektur atau sipil tidak ditentukan dari jurusan apa sebelumnya waktu di SMK/SMA yang penting bisa lolos test masuk perguruan tinggi …….dan biasanya di Arsitektur ada test gmbar freehand-nya juga lho………

  2. Saya tidak menyalahkan statemen anda tentang perbedaan sipil dan arsitek. Itu hak anda mengeluarkan pendapat dari perspektif anda seorang sipil. Saya ingin mengeluarkan pendapat saya dari kacamata arsitek, arsitek tidak hanya berbicara gambar dan keindahan saja. Ada 3 prinsip yg dipegang oleh arsitek vitruvius yaitu venusitas, firmitas, utilitas. venusitas, mengacu pada tata bentuk dan ruang yg memiliki ritme, poroporsi, skala, emphasis. Firmitas mengacu pada struktur dan material bangunan dan finishing. Tidak hanya berbicara bangunan bisa berdiri namun juga dampak ketika sudah dipakai/dihuni. Panas? Sejuk? Tradisional? Modern? Klasik. Utilitas berbicara fungsi. Apakah bangunan tersebut berfungsi sesuai semestinya. Butuh waktu untuk menyelami apa itu arsitek, bila ada yg tertarik bisa sharing pendapat dengan saya. Thamks

    1. yadik says:

      arsitek di ajarkan RAB juga.?

    2. deryl says:

      Okke jg tuh komentar mbk dewi

  3. Krisman Febrian says:

    saya mau kuliah ngambil jurusan pendidikan teknik bangunan.
    apakah lulusannya akan menjadi guru ??

  4. Hilda Amellia Safitri says:

    Kalau arsitek harus bisa gambar yg indah ya?

  5. galih says:

    apa perbedaan teknik arsitektur dengan gambar bangunan ??
    saya baru mau masuk ke smk di jurusan gambar bangunan nih soalnya.

  6. desi says:

    saya cuma mau menambahkan kalau arsitek itu tidak cuma memikirkan bangunan itu bisa dibangun, tapi lebih kepada bagaimana bangunan itu bisa beradaptasi dengan yang sudah ada (cth : alam)

  7. freak says:

    Kata siapa Arsitektur itu cuma desain bangunan indah..Konyol banget broooo!!!
    kita desain bukan cuma indah.kita desain bukan cuma maslah fasad doang,
    hla trus knapa kalo indah doang kudu lemburan!!!!
    mending gak usah saling memonokan deh..
    jalani profesi masing-masing…
    kalian bisa bilang gitu karena gak kuliah di arsitektur..!!!!!

  8. vera says:

    kira” yg lulusan smk akuntansi, bisa masuk universitas fakultas teknik sipil? kalopun bisa, kira” kemungkinan nya berapa persen?

    mohon infonya
    thanks :D

  9. joni rachmadi says:

    pemahaman yang dangkal mengenai ilmu keteknikan membuat kita merasa apa yang kita pelajari lebih unggul dari ilmu lainnya. sebelum kita menulis sesuatu sebaiknya kita berpikir objektif dalam menempatkan objek studi kita. Sya ingin mengajak semua piha terutama admin agar lebih belajar lagi, agar blog ini tidah hanya berisi pengarahan yang menyesatkan bagi adik-adik kita ttpi menjadi referensi yang objektif bagi keilmuan bidang teknik khususnya bidang kontruksi. ingat teknik kontruksi bukan cuma satu jurusan, ttpi semua itu merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. jadi, pelajari dulu baru kita sampaikan, cari refernsi dan cari literaturnya. jangan cuma pendapat sendiri yang tidak memiliki dasar yang jelas. ingat.. you are the engineer.. whatever kind… tks

  10. rikka says:

    Saya tertarik masuk ke jurusan arsitektur, tapi tidak terlalu pandai dalam fisika, apa nanti saya akan kesulitan dengan mata kuliahnya? Tolong bantu dijawab. Terimakasih

  11. elisabeth says:

    saya ada kerinduan inigin kuliah jurusan arsitektur tp saya belum bisa gambar terlalu bagusss,,, apakah di kuliah ada pembelajaran cara menggambar desain arsitekturnya??? dan kalo teknik sipil sama arsitektur itu perbedaannya apa ?? dan lebih bagus mana… thks infonya.

Leave a Reply

Current ye@r *