Persiapan membuat perusahaan konsultan arsitektur dan kontraktor

Sedang melakukan persiapan membuat perusahaan konsultan arsitektur dan kontraktor 🙂 apa saja yang harus dilakukan sehingga segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik sesuai rencana atau bahkan terjadi hal-hal diluar dugaan dengan hasil sangat memuaskan. Berikut ini beberapa perisapan yang dapat dilakukan.

 

Memikirkan nama brand perusahaan

Seperti bayi yang baru lahir maka kita memilih sebuah nama untuk memanggilnya, jika kita punya cita-cita agar anak kita disaat besar menjadi seorang ulama maka dapat memilih nama yang religius, jika kita ingin anak kita nanti menjadi pemain sepakbola terkenal maka dapat menggunakan nama mirip dengan pemain sepakbola terbaik, begitu juga dalam dunia bangunan akan lebih baik jika nama perusahaan yang digunakan dapat menggambarkan bidang usaha dan cita-cita kedepan, nama ini juga perlu dipilih yang mudah diingat dan dihapal oleh masyarakat umum.

 

Memilih jenis badan usaha

Di Indonesia terdapat beberapa jenis badan hukum perusahaan yang dapat digunakan misalnya perorangan yang bersifat professional seperti arsitek, CV untuk perusahaan yang tidak memisahkan asset pribadi dengan asset perusahaan jadi hutang CV merupakan hutang pribadi, atau PT yang berdiri sendiri diluar pribadi untuk PT ini dapat digunakan untuk konsultan arsitektur atau kontraktor dengan skala besar karena pola pikir masyarakat Indonesia cenderung menganggap PT sebagai perusahaan besar dengan managemen komplek, padahal banyak juga PT yang dikelola oleh perorangan saja 🙂

 

Melihat target pasar

Berapa banyak calon konsumen yang nantinya akan menggunakan jasa perusahaan konsultan arsitektur dan kontraktor? Apakah seluruh Negara didunia, wilayah Indonesia atau cukup sebatas kota dimana domisili perusahaan berdiri. Target pasar ini selalu berubah menyesuaikan waktu dan tempat karena situasi tertentu akan dapat mempengaruhi bagaimana daya beli dan minat konsumen, keamanan sebuah Negara juga akan menjamin banyaknya kegiatan pembangunan karena dapat berjalan dengan lancar.

 

Mempersiapkan modal perusahaan

Modal disini bukan berarti uang banyak yang cukup untuk mengelola perusahaan, jika ini yang kita siapkan maka besar kemungkinan perusahaan kita akan dikelola oleh sumber daya manusia yang hanya berorientasi pada uang sehingga besar kemungkinan terjadi kecurangan dalam perusahaan, modal terbaik adalah sebuah pribadi tangguh dengan penguasaan ilmu dibidang bangunan, mempunyai pengetahuan agama islam meskipun hanya dasar-dasarnya saja sehingga dapat menjalankan perusahaan dengan baik misalnya dapat berlaku jujur, menyampaikan amanah, benar dalam bekerja, cerdas dan keinginan tinggi untuk belajar, hal ini sesuai dengan teladan nabi Muhammad SAW dalam menjalankan usaha sehingga dapat membesarkan perusahaanya.

 

Memberikan sedekah

Kenapa memberi sedekah dalam tahap awal membuka perusahaan? Bukanya dapat mengurangi modal sehingga usaha tidak dapat berkembang. Ternyata sedekah itu dapat dilakukan dalam berbagai bentuk misalnya terkadang kita melihat supermarket baru menjual barang daganganya dengan diskon besar-besaran. Nah.. ternyata ini juga bagian dari sedekah karena dengan begini maka akan mendatangkan banyak konsumen baru.

 

Perencanaan kegiatan pemasaran

Pemasaran yang efektif adalah ajakan dari konsumen sebelumnya yang merasa puas sehingga mengajak pelanggan baru untuk turut serta menggunakan jasa perusahaan, selain itu pemanfaatan teknologi komunikasi juga bagus untuk menunjang kegiatan pemasaran seperti pembuatan website bangunan, iklan televisi atau media cetak dlll.

 

Melakukan recruitment Karyawan

Yang direkrut disini menyesuaikan bidang usaha bangunan yaitu alumni D3 atau S1 jurusan teknik arsitektur serta teknik sipil, untuk karyawan tingkat menengah diisi oleh tenaga kerja lulusan STM atau SMK jurusan bangunan.

 

Begitulah hal-hal yang dapat dipersiapkan untuk keperluan membuka usaha konsultan arsitektur dan kontraktor, bagi yang sudah pengalaman dibidang ini mohon untuk memberi masukan melalalui form komentar dibawah 🙂

7 Comments

  1. fahrizal 12 June 2012
  2. Mustofa latiful k 29 July 2012
  3. gery 9 January 2013
  4. moes 29 December 2013
  5. Ismail Jundullah 3 April 2014
  6. ebif doank 2 October 2015
  7. nn 22 January 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.