Perbedaan SMK teknik gambar bangunan dan teknik konstruksi batu beton

Masuk sekolah SMK bangunan itu ada beberapa alternatif jurusan yang bisa dipilih, dahulu ada jurusan teknik bangunan air, bangunan gedung, teknik perkayuan, teknik survey dan pemetaan, teknik gambar bangunan, Teknik konstruksi bangunan. namun sejak tahun 2010 sudah disingkat menjadi dua saja, yaitu teknik konstruksi batu beton dan teknik gambar bangunan. pada intinya keduanya hampir sama namun berbeda, nah.. berikut penjelasan mengenai perbedaan SMK teknik gambar bangunan dan teknik konstruksi batu beton.

teknik gambar bangunan batu dan beton

teknik gambar bangunan batu dan beton

SMK Teknik Gambar Bangunan

  • Lebih banyak mempelajari dan mengasah keahlian teknik menggambar bangunan secara manual maupun menggunakan software seperti Autocad.
  • Lulusan berpotensi bekerja sebagai drafter, Quantity surveyor atau estimator, jasa gambar rumah, dll.
  • Jurusan kuliah yang hampir sama yaitu Teknik Arsitektur.

SMK Teknik konstruksi batu dan beton

  • Lebih banyak mempelajari tentang bahan bangunan, manajemen pelaksanaan pembangunan, ilmu ukur tanah atau survey dan pemetaan,
  • Lulusan berpeluang bekerja sebagai pelaksana proyek, pemborong, developer, surveyor, dll.
  • Jurusan kuliah yang mirip adalah Teknik Sipil.

Meskipun ada perbedaan namun secara umum keduanya tetap mempelajari ilmu bangunan secara keseluruhan, hanya saja prosinya dibedakan, misalnya pelajaran rencana anggaran biaya bangunan (RAB) diajarkan di jurusan teknik gambar bangunan, namun lebih banyak diajarkan secara detail di jurusan teknik konstruksi batu dan beton. sebaliknya di teknik batu beton juga mempelajari teknik gambar bangunan namun porsinya lebih sedikit.

4 Comments

  1. Oki Triana Putra 25 August 2016
  2. Agus Muly Adi 1 September 2016
  3. dedy yanto 5 January 2017
  4. Alvian AS 1 May 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.