Perbedaan Shop Drawing dan Asbuilt Drawing

Dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan kita kenal yang namanya gambar teknik, gambarnya satu tapi namanya berbeda sesuai dengan fungsinya, untuk itu disini kita akan menjelaskan perbedaan antara gambar shop drawing dengan asbuilt drawing. perlu di ketahui bahwa dalam melaksanakan pembangunan, sang kontraktor dibekali dengan gambar for construction yang dibuat oleh konsultan perencana atas perintah owner alias pemilik bangunan, namun gambar tersebut bisa dibilang masih mentah, karena seringkali terdapat hal-hal yang masih kurang jelas baik itu dari segi keterangan bentuk bangunan maupun ukuran, atau ada juga yang tidak mungkin dilaksanakan karena kondisi lapangan tidak sama dengan apa yang ada digambar. untuk itu pihak kontraktor perlu mengolah lagi gambar tersebut menjadi shop drawing sebagai dasar pelaksanaan, lalu setelah proyek selesai membuat gambar asbuilt drawing sesuai kondisi yang sudah dikerjakan sebagai laporan, nah.. begitulah inti perbedaan keduanya, untuk lebih jelasnya mari kita uraikan disini.

 

gambar shop drawing dan asbuilt drawing

gambar shop drawing dan asbuilt drawing

Perbedaan Shop Drawing dan Asbuilt Drawing

Jenis Perbedaan Shop Drawing As Built Drawing
Dasar pembuatan gambar Mengacu pada gambar perencanaan atau for construction yang dibuat oleh konsultan perencana. Mengacu pada gambar shop drawing yang sudah disetujui manajemen konstruksi atau owner, gambar disesuaikan dengan kondisi yang sudah dikerjakan.
Waktu pembuatan gambar Dibuat sebelum pekerjaan dimulai Dibuat setelah pekerjaan selesai
Fungsi Gambar sebagai dasar pedoman pelaksanaan pekerjaan Sebagai gambar laporan hasil pekerjaan
Persetujuan gambar dibuat oleh kontraktor, diperiksa dan disetujui oleh manajemen konstruksi atau owner, jika tidak ada perbedaan dalam gambar kontrak maka meminta persetujuan konsultan perencana. dibuat oleh kontraktor, disetujui dan ditanda tangani oleh kontraktor, manajemen konstruksi, owner serta konsultan perencana proyek.
Kop Gambar berisi penjelasan bahwa gambar tersebut adalah shop drawing. dituliskan penjelasan bahwa gambar tersebut adalah Asbuilt drawing.

 

Demikian penjelasan tentang pengertian beserta perbedaan antara gambar shop drawing dan as built drawing dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan, persamaanya yaitu kedua gambar sama-sama dibuat oleh kontraktor, semoga uraian ini bisa mencerahkan 🙂

One Response

  1. Amos Pala 21 February 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.