ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


Perbandingan jalan beton dan aspal

Akhir-akhir ini proses Konstruksi beton banyak digunakan pada pekerjaan jalan di indonesia menggantikan jalan aspal sebagai teknologi bahan jalan sebelumnya, sebenarnya konstruksi mana yang lebih baik diantara jalan aspal dan jalan beton? tentunya kedua struktur jalan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing :-)

Pada gambar jalan berikut ini terlihat sebuah contoh pekerjaan pembuatan jalan beton diatas jalan aspal sebelumnya yang telah lama rusak karena berbagai hal

jalan-beton

Bagaimana perbandingan antara jalan beton dan jalan aspal ?

Jalan Beton

Kelebihan jalan beton

  • Dapat menahan beban kendaraan yang berat.
  • Tahan terhadap genangan air dan banjir.
  • Biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal.
  • Dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Pengadaan material lebih mudah didapat.

Kekurangan jalan beton

  • Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaanya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengetasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan.
  • Untuk penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal, namun lebih murah pada masa perawatan.
  • Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.
  • Proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang lama, sehingga menaikan ketinggian elevasi jalan, sehingga terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah disampingnya.
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya.

Jalan aspal

Kelebihan jalan aspal

  • Jalan lebih halus, mulus dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara.
  • Warna hitam aspal memepengaruhi psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman.
  • Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan ringan, jalan aspal lebih murah dibanding konstruksi jalan beton.
  • Proses perawatan lebih mudah karena tinggal mengganti pada area jalan aspal yang rusak saja, dengan cari menggali dan mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.

Kekurangan jalan aspal

  • Tidak tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca hujan atau banjir.
  • Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksi jalan aspal.

Begitulah sedikit tentang perbandingan jalan beton dan jalan aspal, jika ada tambahan menegnai perbandingan kedua konstruksi jalan tersebut bisa dimasukan dibawah :-)

16 Comments

Add a Comment
  1. budy

    gmn perencanaan dimensi untuk balok,kolom,dan plat untuk gedung 6 lantai?
    mohon bantuanya…

  2. sugeng budiono

    Perusahaan kami menawarkan produk pengerasan jalan (soil stabilizer) dari Canada “RoadPacker+” yg sudah berpengalaan dlm pembuatan jalan tanpa aspal dan beton dg kekuatan dari 20ton s/d 120 ton gandar.
    Untuk penjelasan lbh detail kami dpt mengirimkan specification data. Sejak th 1980 sdh membngun dibeerapa kawas di Indonesia, bahkan lbh dari 80 negara pemakainya.

    1. bisa spesifikasinya dikirimkan

  3. Rio

    Mohon kirimkan saya spesofikasi teknis dn brosur kalo ada,tq

  4. Jonas

    Bagaimana sih teknik membuat jalan aspal yang tidak cepat rusak atau bagus seperti jalan aspal di luar negeri? Apakah jalan aspal di Indonesia tidak bisa mengikuti teknik yang digunakan di luar negeri? masyarakat Indonesia sudah bosan dengan jalanan bolong. Siapa yang kompeten dalam menjawab hal ini, boleh saya minta contactnya. rencananya untuk di interview di program televisi kami. Terimakasih.

  5. Ngaur ngomong

    Bagaimana sih cara penggunaan theodolite untuk mengukur suatu luasan lahan??
    truz untuk penggunaan waterpass, gmn yah biar bisa mendapatkan kebutuhan jumlah volume galian/timbunan,

    mohon bantuannya

  6. ramlan orang sinjai

    bagaimana kalo jalanan tidak usah di aspal …
    ban mobil saja yang di aspal…biaya murah ..itu ban motor dan mobil di sengaja di rancang memakai karet ..agar bisa atau dapat berrjalan di batu cadas….namun karena ..perkembangan..apa buat ..orang barat bekerja siang hari kulitnya tetap putih namun kalau u..bisa jadi aspal….

  7. hanifa

    mm…..sy pikir dampak buruk beton g cuma itu. Resapan air di sekitarnya jd bakalan buruk dong kalo g d seimbangi sist.drainase yg memadai, karena sprti kt tau, beton itu ga bs nyerep air smp ke tanah. Betul ga?

  8. jiel

    Bagaimana cara menghitung kebutuhan material pada saat akan mengecor jalan (P:10 m, L: 5 m, T: 0,5 m)

  9. wahyu nugraha

    Hanifa@ masuk akal juga, dimana beton itu menyerap air, dan jika hujan besar selama beberapa menit daan dilewati oleh kendaraan besar apakah kekuatan betonnya tidak berkurang?

  10. dharma

    ada contoh perhitungan rab untuk menghitung jalan beton ?? mau donk

  11. bangkadir

    dari sisi keamanan saat berkendaraan, jalan aspal jauh lebih aman dibanding jalan beton. tidak ada sirkuit balap di dunia ini menggunakan beton.

  12. lina

    Pak iwan,kebetulan perusahaan saya membutuhkan referensi perhitungan RAB untuk jalan beton. Untuk alamat email bapak apa y pak?
    terima kasih

  13. gmn sie membangun sebuah jalan beton yang menghasilkan mutu bagus??
    apaka di lebihkan semen-a apa hrus d perbanyak batu x nya??

  14. Goenawan Masbrow

    Dalam pembuatan jalan beton. Apakah sudah di fikitkan dampaknya terhadap keamanan berkendara?. Misalnya daya cengkram ban terhadap jalan beton saat pengereman. Model cor atau beton yang mana yang sekiranya aman untuk berkendara?. Mohon penjelasannya

  15. wily martin

    dimana2 bagusan aspal lah jalannya lurus keren ,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil