Penyebab Tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung

Indonesia kembali berduka dengan terjadinya musibah tsunami di pulau jawa dan sumatera pada tanggal 22 desember 2018. Tercatat ratusan korban nyawa serta ribuan luka-luka akibat bencana ini. Kita sangat berbela sungkawa atas kejadian ini, marilah kita doakan semoga para korban luka-luka bisa segera meraih kesembuhanya, demikian juga dengan para korban yang meninggal dunia semoga mendapat tempat terbaik di surga.

Disini kita akan secara khusus menguak apakah gerangan penyebab tsunami selat sunda di banten dan lampung ini, karena saat kejadian tidak didahului dengan terjadinya gempa bumi sebagaimana peristiwa tsunami yang terjadi sebelumnya di aceh pada tahun 2004, serta tsunami di palu sulawesi tahun 2018. o.k langsung saja kita selidiki lebih jauh.

 

tsunami selat sunda

tsunami selat sunda

2 Kemungkinan Penyebab Tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung

Erupsi anak gunung krakatau

Beberapa letusan anak gunung krakatau yang terletak di lautan antara pulau jawa dan sumatera ini di prediksi mampu menimbulkan gelombang tsunami, suara letusanya bisa terdengar sejarak 10km hingga pulau sibesi. Jika ini yang terjadi, maka musibah ini disebut volcanogenic tsunami yaitu terjadinya perubahan volume air laut secara mendadak sebagai akibat dari aktifitas gunung berapi yang meletus.

Perlu diketahui bahwa pada zaman dahulu pulau jawa dan sumatera merupakan daratan yang menyatu, kemudian terjadi letusan hebat gunung krakatau yang menyebabkan terbelah. Kemudian dalam perjalananya muncul kembali anak gunung krakatau yang ukuranya masih lebih kecil dari sebelumnya.

Faktor cuaca perairan selat sunda

Kondisi lingkungan dengan cuaca tertentu juga bisa mempengaruhi pasang surut gelombang air laut, kejadianya yaitu gelombang air laut secara tiba-tiba ketinggianya naik diatas rata-rata normal sehingga menerjang daratan.

 

Kedua kemungkinan tersebut bukanlah sesuatu yang pasti karena penyebab pastinya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Hal ini masih diselidiki oleh pihak tertentu sampai tulisan ini dibuat. Demikian kedua kemungkinan penyebab tsunami selat sunda banten dan lampung, semoga para keluarga korban senantiasa dalam ketabahan serta bisa segera membangun kembali peradaban yang sempat rusak akibat terjadinya bencana tsunami ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.