Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Penyebab kegagalan proyek bangunan

Secara umum kita ketahui bahwa kriteria keberhasilan sebuah proyek konstruiksi adalah ketika dapat menghasilkan sebuah bangunan yang murah namun dengan kualitas bagus. Untuk mewujudkan hal ini maka ratusan atau bahkan ribuan kontraktor di Indonesia maupun dunia kemudian melakukan bermacam inovasi dan coba-coba aga proses pembangunan dapat berhasil sesuai apa yang direncanakan atau jika perlu harus lebih baik diluar dugaan. permasalahanya adalah banyaknya kendala dan rintangan sehingga seringkali menjadi penyebab kegagalan proyek bangunan skala besar maupun sampai yang terkecil. nah.. disini kita coba buat daftar ha-hal yang berpotensi menyebabkan kegagalan sehingga dapat dijadikan guru berharga dalam melangkah kedepanya.

 

Standar keberhasilan proyek bangunan

Kegagalan berrarti apa yang terjadi ternyata dibawah dari standar yang ditetapkan, oleh karena itu sebelum mengatakan gagal maka perlu sebuah ukuran standar keberhasilan yang dalam dunia proyek konstruksi dapat kita buat seperti ini.

  • Hemat biaya pelaksanaan.
  • Selesain dalam waktu cepat.
  • Mendapat Keuntungan atau nilai lebih dari kontrak proyek.
  • Kualitas bangunan bagus.
  • Struktur bangunan kuat dan tahan lama minimal dalam jangka waktu perencanaan masa pakai.
  • Kebahagiaan sumber daya manusia sebagai pembangun.
  • Tidak terjadi kecelakaan kerja atau biasa disebut juga dengan zero accident.

 

Penyebab kegagalan proyek bangunan

Dari standar keberhasilan diatas maka dapat kita uraikan beberapa hal yang dapat menjadi penghambat terwujudnya cita cita tersebut.

  • Waktu pelaksaan mundur, hal ini berarti terdapat biaya tambahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. keterlambatan ini bisa disebabkan berbagai hal seperti kurangnya kemampuan manajemen proyek atau terjadi kendala di lapangan yang sulit dipecahkan.
  • Pembayaran progres tertunda, bagi kontraktor yang mengandalkan biaya proses pelaksaan dari masukan biaya tagihan pada pemilik proyek maka akan sangat terpengaruh jika ternyata pembayaran terlambat.
  • Proses aproval material lama misalnya dalam pemilihan warna dan texture keramik, sebelum diputuskan oleh pemilik proyek maka proses pemasangan keramik belum bisa dilakukan.
  • Terjadi bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, banjir dll.
  • Pekerja proyek tidak jujur atau melakukan korupsi sehingga dapat menimbulkan kerugian pekerjaan.
  • Terjadi kesalahan dalam perencaan yang berakibat fatal, misalnya kesalahan pemilihan ukuran dan jenis material struktur kolom beton sehingga menjadi penyebab keruntuhan bangunan.
  • Terjadi kecelakaan kerja, hal ini bisa diatasi membuat rambu-rambu proyek dan mengadakan penyuluhan secara rutin kepada pekerja akan bahaya resiko kecelakaan.
  • Situasi politik kacau sehingga berpotensi menimbulkan gejolak harga bangunan.

 

Selain hal-hal diatas tentu masih banyak lagi hal-hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan proyek bangunan, karena setiap kondisi dan perbedaan waktu akan sangat berbeda permasalahan dan cara yang bisa dilakukan, selamat berkarya dan memikirkan inovasi terbaik agar kegiatan proyek bangunan dapat selesai dengan bagus :-)

  1. ilmusipil.com Cara menang tender pengadaan barang dan jasa
  2. ilmusipil.com MARS PT PP PERSERO
  3. ilmusipil.com Apa penyebab kontraktor rugi?
  4. ilmusipil.com Kontraktor terbaik di Indonesia
  5. ilmusipil.com Housekeeping pada proyek konstruksi
  6. ilmusipil.com penyebab pemborong tidak untung
  7. ilmusipil.com Logo PT. PP Persero pembangunan perumahan
  8. ilmusipil.com Rintangan dalam mendirikan usaha kontraktor
  9. ilmusipil.com Kapan hari libur pekerja bangunan?
  10. ilmusipil.com Pengawasan dan Pengendalian Waktu Pekerjaan proyek
  11. ilmusipil.com Persiapan mudik lebaran tukang bangunan
  12. ilmusipil.com Cara menjadi green kontraktor untuk menjaga lingkungan
  13. ilmusipil.com kontrak kerja proyek konstruksi
  14. ilmusipil.com kontraktor mekanikal elektrikal elektronik
  15. ilmusipil.com Contoh surat penawaran harga Proyek
  16. ilmusipil.com pengawasan dan pengendalian proyek
  17. ilmusipil.com Kualifikasi usaha jasa pelaksana konstruksi
  18. ilmusipil.com Rahasia agar bisa menjadi kontraktor sukses
  19. ilmusipil.com Jasa Waterproofing Injeksi Beton

5 Comments

Add a Comment
  1. saya mau share neh dengan para pecinta ILMUSIPIL.COM.kita semua tahu ada anekdot atau apalah namanya bahwa seorang pekerja bangunan-pekerja lho bukan Arsitek banguanan-bisa membuat rumah orang lain menjadi bagus tetapi untuk rumahnya sendiri-maaf-tidak mencerminkan seorang ahli pembuat bangunan.
    Kita senua pasti tahu kenapa bisa seperti itu-karena penghasilan sebagai tukang apalagi kenek nya pasti para pemborong apalagi mandor nya pasti tahu banget berapa yang di bayarkan kepada mereka-nah dalam kesempatan ini ayo para pemborong dan mandor dan juga para Arsitektur mari kita sama -sama agar anekdot tersebut tidak pernah kita akan dengar lagi.ingat lho mereka kawan kita dan juga sebahagian dari kehidupan dan kebahagian kita dengan penghasilan yang lebih baik dari mereka.
    Ayo kita mulai solusi dan tindak lanjutmya

    salam POSITIVE THINKING

    1. yaah mnurut kbnyakan org, ruma yg dbngun pkrja bangunan untuk org lain lebi bgus dr pd rumany sndri. . itu mnurut kbanyakan org tpii mgkn sj bagi si pkerja trsbut ruma yg dibuat untk drinya sndiri suda sprti surga walupun konstruksinya apa adanya tp atmosfer dlm ruma trsebut aman damai tentram dpt mmbuat pnghuninya betah. .
      klopun si pkrja trsebut mnginginkan ruma yg lebi bgus mkanya hrus lebi giat spy maju. .
      syp yg brsungguh” Insya Allah brhsil :)

  2. mustahil rasanya,,,,mohon maaf sebelumnya,,,,kita liat aj dalam kehidupan sehari-hari, misal olahraga :tajir mana athletenya atau manajernya??ckckc

    bahwa, pendapatan yg dihasilkan oleh otak dan otot itu beda ya :)
    walaupun logikanya orang yg bekerja dengan otot itu juga mrngandalkan otak, kalo g pake otak g orang namanya, tapi “orang gila”

  3. yaah mnurut kbnyakan org, ruma yg dbngun pkrja bangunan untuk org lain lebi bgus dr pd rumany sndri. . itu mnurut kbanyakan org tpii mgkn sj bagi si pkerja trsbut ruma yg dibuat untk drinya sndiri suda sprti surga walupun konstruksinya apa adanya tp atmosfer dlm ruma trsebut aman damai tentram dpt mmbuat pnghuninya betah. .
    klopun si pkrja trsebut mnginginkan ruma yg lebi bgus mkanya hrus lebi giat spy maju. .
    syp yg brsungguh” Insya Allah brhsil :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com