Penyebab dan Cara Mengatasi Banjir Rob

Kali ini kita bahas secara khusus tentang penyebab dan cara mengatasi banjir rob, ini merupakan bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi disepanjang pesisir utara pantai jawa terutama kota Demak kecamatan sayung yang terletak persis disamping Semarang, banyak desa yang telah hilang, lahan yang dulu subur berupa sawah pertanian kini hanya berupa hamparan air asin dengan pepohonan mengering. ribuan hektar tambak hilang berubah menjadi lautan,  ribuan rumah hilang karena ketinggian atapnya sudah lebih dalam dari air laut, dan beberapa desa hanya tinggal namanya saja. jika ini dibiarkan begitu saja maka bisa jadi kota Demak atau bahkan pulau Jawa tidak lagi ada dimasa depan. Perlu diketahui bahwa banjir rob ini hampir terjadi setiap hari di desa Norjo pasir, Surodadi, dan Tambak Bulusan. pemandanganya bisa dilihat pada foto.

 

Penyebab Banjir Rob

  1. Reklamasi pantai (pengurugan laut untuk dirubah menjadi daratan) di kota-kota besar, atau negara maju menyebabkan naiknya permukaan air laut sekaligus beralih ke daratan yang lebih rendah.
  2. Pemanasan global akibat polusi industri pabrik dan asap kendaraan membuat es di kutub utara dan selatan mencair berubah menjadi air laut.
  3. Penebangan pohon besar-besaran tanpa reboisasi serta pengubahan daerah dataran tinggi menjadi pemukiman perumahan, sehingga air hujan tidak dapat meresap kedalam tanah dengan sempurna, air tersebut mengalir di permukaan langsung menuju lautan.

Cara Mengatasi Banjir Rob

  1. Pembuatan tanggul atau talud disepanjang pesisir pantai, hal ini seperti sistem di negara belanda yang daratanya lebih rendah dari muka air laut tapi tidak terkena banjir rob. tapi perlu konstruksi yang bagus agar talud ini tidak bocor serta mampu bertahan oleh dempuran ombak.

    talud untuk mengatasi banjir rob

    talud untuk mengatasi banjir rob

  2. Normalisasi sungai didaerah pantai, dan melakukan pengerugan lebih dalam. hal ini agar air pasang laut dapat ditampung
  3. Membuat kolam penampungan air pasang, sistemnya yaitu saat air surut seluruh air dialirkan ke laut atau bahkan jika perlu menggunakan pompa agar seluruh air dikolam penampungan habis. jadi ketika terjadi pasang maka kolam itu bisa digunakan untuk menampung air rob.
  4. Memasang mesin pompa untuk mengembalikan air yang masuk ke darat agar kembali ke laut.
  5. Membuat resapan, ini dimaksudakan agar air pasang laut meresap kedalam perut bumi.
  6. Melakukan pengurugan daratan agar air rob tidak naik, kekurangan solusi ini yaitu dibutuhkan biaya tinggi dan kerugianya cukup besar apabila masing-masing warga harus membongkar rumah untuk meninggikan lantai bangunan.
  7. Mengirim air dari bumi ke planet lain sehingga permukaan air laut menurun. ini merupakan solusi yang belum ada tekhnologinya, namun ini saya yakin dimasa depan hal ini bisa dilakukan, hanya menunggu teknologi dan temuan alat transportasi yang memungkinkan untuk melakukanya.

 

Seperti itulah gambaran penyebab dan cara mengatasi banjir rob agar bencana itu tidak lagi terjadi. dengan tidak adanya air rob yang masuk ke daratan maka berbagai macam jenis pohon bisa hidup dan berbuah dengan baik sehingga lingkungan menjadi hijau asri.

Leave a Reply