20 Penyebab Banjir Bandang Rob atau Hujan

Disini kita uraikan 20 penyebab banjir bandang rob atau hujan semoga bisa menjadi bahan untuk mengambil langkah terbaik dalam menanggulangi atau mengatasinya, karena banjir akan lebih mudah diatasi dengan langkah jitu apabila tahu akar permasalahanya. ini berlaku secara umum tidak terbatas di negara indonesia saja seperti yang terjadi di jakarta, semarang, yogyakarta maupun daerah lainya. banjir bandang biasa terjadi didaerah dataran rendah, sedangkan banjir rob dialami oleh daerah yang dekat dengan laut.

Dewasa ini banjir tidak hanya terjadi karena faktor alam seperti hujan, gempa bumi, atau gunung meletus. namun lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak menjaga bumi dengan baik, seperti penebangan hutan, pengurugan laut, penggalian gunung serta aktifitas lainya yang merusak keseimbangan alam.

 

Banjir Rob

Banjir Rob

20 Penyebab Banjir Bandang Rob atau Hujan

  1. Penebangan hutan menyebabkan berkurangnya pohon yang berfungsi untuk menyalurkan air dipermukaan tanah kedalam bumi.
  2. Pembuangan sampah sembarangan bisa menyebankan aliran sungai tidak lancar sehingga air mengalir ke pemukiman,
  3. Pendangkalan sungai akibat pengendapan lumpur dari aliran air, ini perlu dilakukan normalisasi sungai dengan cara dilakukan pekerjaan pengurugan.
  4. Pemukiman liar dibantaran sungai menyebabkan dilakukanya pemantauan serta normalisasi sungai.
  5. Curah hujan tinggi diatas rata-rata.
  6. Daerah dataran rendah yang menjadi tempat tujuan mengalirnya air dari dataran tinggi.
  7. Drainase yang tidak baik sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar.
  8. Tsunami yaitu terjadinya gempa bumi di lautan sehingga menyebabkan air laut secara cepat meluap ke daratan.
  9. Permukaan tanah banyak yang tertutup bangunan, ini menyebabkan air hujan tidak bisa meresap kedalam tanah.
  10. Reklamasi pantai menyebabkan air laut beralih ke wilayah daratan yang lain sehingga terjadi banjir rob.
  11. Paralihan fungsi dataran tinggi yang tadinya hutan menjadi pemukiman. hal ini menyebabkan air hujan langsung mengalir di permukaan tanah dari dataran tinggi menuju laut tanpa terlebih dahulu meresap kedalam bumi.
  12. Bendungan atau waduk jebol sehingga terjadi luapan air dalam jumlah besar dalam waktu cepat, ini biasa disebut sebagai banjir bandang.
  13. Pembangunan pemukiman dengan tata kota yang tidak benar juga turut menjadi penyebab banjir karena disitu tidak direncanakan dengan baik kemana arah air akan mengalir.
  14. Ada juga faktor sengaja dibuat banjir oleh manusia entah itu untuk keperluan positif maupun negatif.
  15. Kesalahan dalam penambangan mineral didalam perut bumi, hal ini bisa kita saksikan di surabaya yang terjadi banjir lumpur keluar dari dalam jumlah tanah dalam volume besar akibat kesalahan pengeboran minyak bumi.
  16. Pengambilan material dipegunungan, berbagai macam material seperti batu padas, batu kali, pasir, maupun tanah yang diambil secara terus menerus dalam jumlah banyak dari dataran tinggi akan merusak keseimbangan alam sehingga air melimpah di permukaan tanah menjadi banjir.
  17. Gunung meletus juga bisa menyebabkan adanya bencana banjir aliran lahar dingin maupun panas.
  18. Tanggul sungai jebol, ada beberapa sungai yang ketinggianya lebih dari pemukiman disekitarnya. dinding sungai tersebut ada yang terbentuk secara alami dengan tanah, atau dibuat oleh manusia dengan pasangan batu kali maupun cor beton bertulang. ketika tanggul ini jebol maka air akan meluap ke pemukiman warga.
  19. Pencairan es dikutub utara dan selatan yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, pencairan es ini disebabkan oleh pemanasan global akibat polusi industri maupun kehidupan manusia yang tidak memperhatikan efek negatifnya terhadap bumi.
  20. Kebocoran instalasi pipa air juga bisa memicu terjadinya banjir di pemukiman warga meskipun ketinggianya tergolong kecil.

 

Begitulah 20 penyebab banjir bandang rob atau hujan yang sebaiknya diantisipasi dengan baik agar jangan sampai bencana yang tidak diharapkan ini terjadi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.