Pengertian Revolusi Mental Indonesia

Pengertian revolusi mental indonesia adalah berasal dari kata revolusi dan mental, revolusi berarti perubahan dalam waktu yang cepat dan singkat, perubahan itu bisa secara total atau bersifat perbaikan dari apa yang sudah ada. sedangkan mental berarti cara berpikir, cara pandang, dan cara bersikap manusia dalam menghadapi setiap hal sehingga munculah sebuah budaya serta peradaban akibat dari mentalitas sekumpulan masyarakat. kata indonesia merupakan nama negara kesatuan republik indonesia yang didalamnya terdiri dari sekumpulan masyarakat dengan berbagai macam jenis mental, adat, dan budaya. Jadi yang dimaksud revolusi mental indonesia yaitu upaya melakukan perubahan pada cara pikir, perilaku, dan sudut pandang masyarakat meliputi rakyat dan aparatur pemerintah ke arah yang lebih baik sehingga diharapkan dapat mempercepat kemajuan negara dalam tempo waktu yang secepat mungkin.

Revolusi mental tidak selalu merubah apa yang sudah ada kedalam bentuk baru, tapi terkadang juga mengembalikan suatu mental baru yang tidak baik ke budaya semula yang sudah baik.

 

Pengertian Revolusi Mental

Yaitu gerakan perubahan pola pikir, perilaku, dan sikap seluruh masyarakat yang tidak baik menuju ke arah yang lebih baik dalam waktu sesingkat-singkatnya. sehingga indonesia bisa mengalami percepatan pembangunan dan kemajuan disegala bidang.

pengertian revolusi mental

pengertian revolusi mental

Contoh Revolusi Mental

Pola pikir bahwa menjadi pejabat adalah sebuah gengsi untuk mendapatkan kekayaan serta status sosial yang tinggi dimata masyarakat, masalah bekerja dan melayani masyarakat itu soal nomor dua, pola pikir seperti ini akan menghambat kemajuan negara indonesia. jadi mental tersebut perlu di revolusi karena setiap pejabat pemerintah adalah orang yang digaji oleh rakyat indonesia untuk bekerja sesuai jabatan dan bidang pekerjaan masing-masing dengan sebaik-baiknya. jika pola pikir dan tindakan seperti ini dijalankan dengan baik oleh semua pegawai negeri sipil maka indonesia bisa secara cepat mengalami kemajuan disegala bidang.

Masyarakat berpikir bahwa yang bertanggungjawab membangun negara hanyalah pemerintah yang terwakili oleh para pejabat, sedangkan tugas masyarakat hanyalah mengurusi kehidupan keluarga masing-masing. mental seperti ini perlu di revolusi karena indonesia adalah pemerintahan dari rakyat untuk rakyat, indonesia akan cepat maju jika seluruh komponen masyarakat bersatu bahu membahu membangun negara, rakyat dan pejabat bekerjasama membangun negara.

Tentunya masih banyak lagi contoh revolusi mental sehari-hari, dari mulai hal yang kecil seperti berusaha bangun pagi setelah sebelumnya sering kesiangan, membuang sampah pada tempatnya setelah sebelumnya melempar begitu saja ke sungai.

Tujuan Revolusi Mental

Perubahan cara berpikir dan perilaku yang dilakukan dalam waktu singkat tersebut diharapkan bisa segera membuahkan hasil berupa percepatan pembangunan serta kemajuan negara ke arah yang lebih baik, sehingga masyarakat bisa hidup lebih sejahtera dan negara indonesia mampu menjadi juara dalam persaingan kompetensi global dengan negara-negara lain.

 

Begitulah pengertian revolusi mental indonesia yang pertama kali dicetuskan oleh presiden pertama ir. soekarno dan di dengungkan kembali oleh Ir. Joko Widodo (jokowi) yang terpilih sebagai presiden periode tahun 2014 sampai dengan 2019.

Leave a Reply