Pengertian kontraktor adalah

Pengertian kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang di sewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, proyek dibatasi oleh item pekerjaan yang dilaksanakan, biaya, serta waktu penyelesaian. kontraktor disebut juga sebagai pemborong yang tugasnya memborong. setiap orang bisa menjadi kontraktor, sedangkan yang berbentuk badan hukum bisa berupa perusahaan CV maupun PT. o.k berikut ini penjelasanya lebih lanjut.

 

kontraktor adalah

kontraktor adalah

Cara kontraktor mendapatkan pekerjaan

  1. Lelang, yaitu beberapa kontraktor dipanggil oleh owner alias pemilik proyek untuk mengikuti proses seleksi, pemenang lelang dipilih yang produknya paling berkualitas, mengajukan harga termurah, atau sesuai kriteria yang sudah ditetapkan oleh owner.
  2. Penunjukan langsung, disini owner menunjuk secara langsung kontraktor mana yang berhak melaksanakan proyek pekerjaan.

Macam-macam spesialisasi kontraktor

  1. Pekerjaan konstruksi seperti pembangunan gedung, infrastruktur berupa jalan raya, pelabuhan, bandara, kolam renang.
  2. Pengadaan tenaga kerja.
  3. pertahanan dan militer, misalnya pengadaan seragam atau peralatan militer.

Pengertian Sub Kontraktor

Ada juga yang namanya sub kontraktor, yaitu orang atau badan hukum yang memborong pekerjaan spesialis tertentu pada kontraktor utama, misalnya dalam pelaksanaan proyek gedung bertingkat tinggi ada yang namanya subkontraktor listrik, pembesian, bekisting, finishing arsitektur, partisi dinding, dan lain sejenisnya.

Kontraktor BUMN (badan usaha milik negara) di indonesia

Kita mengenal beberapa nama pemborong berplat merah, alias milik pemerintah yaitu

  • PT. Adhi Karya
  • PT. Hutama Karya
  • PT. PP (Pembangunan Perumahan)
  • PT. Wijaya Karya
  • PT. Waskita Karya

Berbagai macam bangunan, jalan, jembatan, pelabuhan, serta proyek infrastruktur lainya telah berhasil diselesaikan tersebar diberbagai wilayah negara indonesia.

 

Dalam mengerjakan proyek ada sistem denda dan sanksi apabila pemborong gagal melaksanakan pekerjaan sesuai dokumen kontrak, misalnya hasil pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi teknik, penyelesaian pekerjaan terlambat dari batas waktu yang telah ditetapkan. untuk itu kontraktor memerlukan keahlian khusus agar bisa menyelesaikan setiap kontrak dengan baik. demikian penjelasan mengenai pengertian kontraktor adalah, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Leave a Reply