Pengertian gambar shop drawing adalah

Pengertian gambar shop drawing adalah gambar teknik yang dibuat oleh kontraktor dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan sebagai acuan dalam melaksanakan pekerjaan, pembuatanya mengacu pada gambar kontrak yang dibuat oleh konsultan perencana, dalam organiasi kontraktor yang bertugas membuat gambar ini adalah drafter. dalam proyek skala besar seperti gedung bertingkat tinggi atau infrastruktur, gambar dibuat dengan ukuran kertas A3.

 

contoh gambar shop drawing bore  pile

contoh gambar shop drawing bore pile

Personil proyek yang berhubungan dengan shop drawing serta tugasnya.

  1. Drafter = pembuat gambar shop drawing.
  2. Engineering manajer = mengoreksi dan menyetujui shop drawing dalam intern kontraktor.
  3. Office boy = memfoto kopi / menggandakan gambar,
  4. Quality Control = mengontrol kualitas gambar dan mendistribusikan kepada personil lapangan.
  5. Konsultan pengawas / manajemen konstruksi = memeriksa dan menyetujui gambar.
  6. Konsultan perencana = pembuatan gambar kontrak serta memberikan saran apabila terdapat perbedaan dalam gambar.

Alur pembuatan gambar shop drawing

  1. Kontraktor melihat gambar kontrak / for contruction dan RKS ( rencana kerja dan syarat-syarat) sebagai dasar pembuatan gambar.
  2. Dari file soft copy gambar kontrak di olah oleh kontraktor menyesuaikan kondisi lapangan, RKS, dan site instuction terbaru dari owner. gambar tersebut dilengkapi secara bentuk dan ukuran sehingga cukup jelas dan tidak membingungkan ketika dijadikan dasar melaksanakan pekerjaan.
  3. Kontraktor mengajukan gambar yang sudah dibuat kepada mnajemen konstruksi / konsultan pengawas.
  4. Konsultan pengawas menyetujui atau menolak gambar, jika ada yang kurang jelas maka bisa meminta persetujuan konsultan perencana atau langsung kepada owner sebagai pemilik bangunan.
  5. Gambar yang sudah disetujui oleh manajemen konstruksi kemudian dikembalikan kepada kontraktor.
  6. Kontraktor mendistribusikan shop drawing kepada personil lapangan seperti uitzet/pengukuran, pelaksana, sub kontraktor, mandor atau pihak lainya yang berkepentingan dengan gambar tersebut. gambar asli disimpan oleh kontraktor sebagai arsip, yang dibagikan cukup foto ckopi saja.

Macam-macam stempel shop drawing

berbagai macam stempel shop drawing ini dimaksudkan untuk mengontrol pendistribusian gambar, serta menjamin kualitas agar gambar yang sudah dibagikan benar-benar bisa dipertanggung jawabkan, berikut beberapa jenis stempelnya.

  1. FOR CONSTRUCTION, dibubuhkan ke gambar kontrak.
  2. MASTER COPY, di stempelkan ke gambar shop drawing asli yang sudah ditandatangani oleh kontraktor dan manajemen konstruksi.
  3. CONTROLED COPY, stempel untuk foto kopi gambar shop drawing asli master copy, untuk memastikan agar gambar kopian benar-benar sesuai dengan aslinya serta dalam kondisi jelas.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian gambar shop drawing adalah, semoga bisa memberikan pencerahan 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.