Pengertian gambar asbuilt drawing adalah

Disini kita jelaskan mengenai pengertian gambar asbuilt drawing adalah gambar teknik laporan hasil pekerjaan yang di olah dari gambar shop drawing disesuaikan dengan kondisi bangunan yang sudah dikerjakan, dibuat oleh kontraktor disetujui oleh konsultan pengawas untuk diberikan ke owner sebagai laporan, arsip sekaligus sebagai pedoman dalam pengelolaan bangunan seperti pengoperasian, perawatan, serta dasar dalam melakukan renovasi atau perubahan pada bangunan di masa depan.

 

Macam-macam gambar asbuilt drawing

  1. Struktur.
  2. Finishing arsitektur.
  3. Mekanikal.
  4. Elektrikal.
  5. Plumbing.
  6. Telepon.

Contoh gambar Asbuilt Drawing

Contoh gambar Asbuilt Drawing

Contoh gambar Asbuilt Drawing

Pada foto jpg tersebut terlihat sebuah gambar laporan pekerjaan pondasi bore pile yang dibuat oleh kontraktor sebagai laporan hasil pekerjaan borongan.

Alur pembuatan asbuilt drawing

Yang bertugas membuat asbuilt drawing dalam pelaksanaan proyek pembangunan yaitu kontraktor yang menugaskan drafter dikoreksi oleh quality control atau manajer engineering, gambar yang sudah dibuat oleh kontraktor di cetak kedalam kertas putih ukuran A3 kemudian diajukan kepada konsultan pengawas atau manajemen konstruksi untuk diperiksa apakah sudah benar-benar sesuai dengan bangunan yang sudah dikerjakan kontraktor, jika sudah o.k maka konsultan pengawas menyetujui dibuktikan dengan adanya tanda tangan dan stempel, gambar lalu dikembalikan kepada kontraktor untuk diproses lebih lanjut.

Kontraktor lalu melakukan proses pencetakan kedalam kertas kalkir ukuran A1, atau jenis serta ukuran kertas lain sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak kerja proyek konstruksi. Gambar yang sudah dicetak kemudian di tanda tangani dan di stempel oleh kontraktor, manajemen konstruksi, konsultan perencana dan owner, terakhir kontraktor menyerahkan asbuilt drawing bersamaan dengan serah terima kunci atau bangunan hasil pekerjaan, kontraktor juga menyimpan arsipnya.

 

Begitulah jawab dari pertanyaan pengertian asbuilt drawing adalah, semoga penjelasan sederhana ini bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat, oh.. ya agar semakin jelas, sebelumnya kita juga sudah membahas mengenai pengertian shop drawing ada juga pembahasan mengenai perbedaan antara asbuilt drawing dan shop drawing, jadi jika ada waktu dan kesempatan bisa dibaca juga untuk melengkapi uraian ini.

2 Comments

  1. ade dwi darmawan putra 5 June 2017
  2. Isto 6 June 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.