batching plants

Pengertian Batching Plant Adalah

Pengertian batching plant adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai tempat pabrikasi batu buatan bernama beton yang terbuat dari campuran air, semen, agregat halus/pasir, agregat kasar/koral, dan berbagai macam campuran lain seperti bahan kimia yang dimaksudkan untuk menghasilkan beton dengan kualitas tertentu. pabrik beton ini disebut juga sebagai concrete plant, beberapa proyek skala besar banyak memanfaatkan batching plants sebagai supplier beton ready mix yang diangkut ke lokasi proyek menggunakan kendaraan truck mixer.

 

Foto Batching plants

batching plants

contoh pabrik batching plants

pada foto diatas bisa kita lihat penampakan tabung-tabung horizontal yang disebut sebagai Cement silo, ada juga bagian yang berbentuk seperti rumah kubus. terlihat juga beberapa tangga, tempat sampah, serta bagian miring seperti perosotan.

Bagian – bagian batching plant

Nama -nama bagianya yaitu sebagai berikut.

  • Mixers
  • dust collector
  • Chiller = pendingin.
  • Radial Stacker
  • Cement silo
  • Conveyor
  • Agregat bins = tempat sampah.
  • heater = pemanas.
  • batch plant kontrol.

Sekumpulan alat tersebut saling bekerjasama sehingga mampu menghasilkan adukan beton tinggal pakai yang selanjutnya didistribusikan ke lokasi pengecoran menggunakan truck mixer dengan ukuran bervariasi, ada yang isi 3 m3, 5 m3, 7 m3, 12m3, jadi bisa dipesan sesuai kebutuhan volume yang diperlukan. untuk pengecoran dengan volume besar seperti mass concrete perlu berkoordinasi dengan baik dengan pihak pabrik untuk memastikan ketersediaan barang dan suplai yang berkelanjutan atau continue.

Permasalahan batching plants

Meskipun fungsinya sangat vital, namun ada masalah umum yang perlu diperhatikan pada area pabrik ini yaitu debu, hal ini mengingat bahan-bahan pembuat beton entah itu semen, pasir, maupun kerikil merupakan material penghasil debu. solusinya bisa dilakukan penyiraman secara berkala menggunakan air untuk meminimalisir agar debu jangan sampai beterbangan, upaya lain bisa dilakukan agar tuntas segala permasalahan.

 

Di indonesia banyak sekali bertebaran pabrik batching plant entah itu di jakarta, semarang, surabaya, yogyakarta, papua, makassar, dan berbagai macam kota lainya. dari segi produsen juga bervariasi seperti adhimix, jayamix, holcim dan merek lainya.

Demikian uraian jawaban dari pertanyaan mengenai pengertian batching plants adalah? semoga mencerahkan dan bermanfaat 🙂

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*