dinding galian tanah

Pengamanan tepi galian tanah agar pekerja tidak jatuh ke lobang

Kecelakaan kerja di proyek konstruksi merupakan hal menyedihkan yang kehadiranya sangat tidak diharapkan, berbagai upaya pencegahan dilakukan agar musibah tersebut tidak sampai terjadi, misalnya dengan dilakukan pengamanan tepi galian tanah agar pekerja tidak jatuh ke lobang. apalagi kalau tepinya tergolong curam dan lobangnya dalam, seperti saat pelaksanaan pekerjaan galian lantai basement atau bawah tanah gedung. disitu memerlukan tindakan safety project yang ampuh agar tidak sampai jatuh korban, beberapa tindakan bisa dilakukan sebagai usaha untuk menghindari adanya project accident, berikut beberapa hal yang bisa diupayakan.

 

Pengamanan tepi galian tanah agar pekerja tidak jatuh ke lobang

  1. Pemasangan pagar pengaman, pagarnya bisa dibuat hanya berupa tali tambang, atau memakai konstruksi yang lebih kuat seperti bambu, besi hollow, baja ringan dan sejenisnya. fungsinya sebagai pemberitahuan bahwa disitu ada lubang, sekaligus untuk menahan orang yang akan terjatuh.
  2. Pasang rambu-rambu peringatan, misalnya memasang spanduk atau papan bertuliskan “Awas jatuh, ada lobang!”
  3. Pengawasan oleh petugas pengaman kecalakan proyek / safety Officer, perlu diadakan petugas khusus yang kerjanya mengawasi tepi galian agar jangan ada tenaga kerja yang beresiko terperosok kedalam lubang, tapi tentu saja pekerjaanya juga memantau safety untuk bahaya-bahaya kecelakaan kerja yang lainya.

    dinding galian tanah

    dinding galian tanah

  4. Penyuluhan / memperingatkan pekerja proyek, minimal setiap seminggu sekali seluruh pekerja proyek dikumpulkan untuk diberikan pengarahan agar berhati-hati saat bekerja.
  5. Pengalihan arus lalu lintas menjauhi tepi galian, beberapa aktifitas berjalan kaki, atau kendaraan perlu diarahkan ke area khusus yang lebih aman dari kemungkinan terjadikan kecelakaan akibat jatuh ke lobang galian.

 

Dengan berusaha maksimal mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada galian tanah diharapkan bisa terwujud pencapaian zero accident, atau pelaksanaan proyek dengan tidak adanya kecelakaan kerja. usaha tersebut juga perlu disertai dengan doa kepada Allah zat yang maha penyelamat agar semua pekerja selalu dalam keadaan selamat tanpa mengalami celaka-celaka kecil atau bahkan kematian sia-sia saat berjuang demi keluarga dengan bekerja susah payah di dunia proyek konstruksi bangunan, semoga bermanfaat 🙂

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*