Penerapan ilmu shalat ke dalam proyek konstruksi

Disini mari kita analisa bersama bagaimana sebenarnya penerapan ilmu shalat ke dalam pekerjaan proyek konstruksi, karena jika kita lihat mungkin ada kaitanya antara keberhasilan pelaksanaan proyek dengan penerapan ilmu shalat didalamnya. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Shalat itu untuk mencegah perbuatan keji dan munkar, maka apabila shalat dilakukan dengan baik maka bisa jadi hasil pekerjaan proyek bisa maksimal

 

Untuk lebih memudahkan dalam melakukan analisa mari kita buat table kegiatan dalam shalat yang wajib maupun sunnah serta kegiatan dalam pekerjaan proyek konstruksi.

 

No. Shalat sempurna Proyek konstruksi bagus
1 Shalat yang dilakukan berjamaah pahalanya lebih banyak daripada melakukan sendiri. Proyek yang dikerjakan sekumpulan orang akan lebih cepat dan bagus hasilnya daripada dilakukan seorang diri.
2 Shalat sempurna harus mempunyai ilmu terlebih dahulu bagaimana rukun dan tata cara melakukan shalat. Proyek akan berjalan berhasil jika di laksanakan oleh orang-orang yang sudah mempelajari ilmu dan tata cara pelaksanaan pembangunan.
3 Imam sebagai pemimpin shalat dipilih yang paling ahli  dan mampu membimbing makmum untuk melaksanakan shalat. Pemimpin proyek dipilih yang paling ahli dan mampu mengarahkan personil untuk melaksanakan proyek dengan baik.
4 Agar shalat diterima maka tidak boleh ada perbuatan tercela dalam pelaksanaan shalat. Agar hasil pekerjaan kotraktor  dapat diterima pemilik proyek maka tidak boleh melakukan kecurangan seperti korupsi, pembohongan dll.
5 Sebelum shalat melakukan wudhu atau mandi besar untuk membersihkan diri dari hadast kecil. Sebelum melaksanakan pembangunan proyek melakukan pekerjaan persiapan terlebih dahulu seperti pembersihan area proyek.
6 Agar shalat berjalan dengan sempurna maka harus disertai niat yang benar. Agar proyek selesai dengan baik maka harus disertai dengan niat yang benar, semua personil tidak
7 Bertakbir mengakui bahwa Allah maha besar. Yakin kepada kebesaran Allah bahwa proyek konstruksi sesulit apapun dapat selesai dengan izin Allah.
8 Ada tata cara gerakan dan bacaan shalat yang merupakan syarat sah shalat. Ada tata cara atau metode pelaksanaan konstruksi terbaik yang merupakan syarat agar proyek selesai dengan baik.
9 Dalam shalat imam dan makmum berdiri dan duduk sama rendah, setiap gerakan imam diikuti makmum dan apabila imam salah maka makmum mengingatkanya dengan bacaan yang baik. Dalam proyek yang bagus pemimpin dan semua personil dalam posisi sama, pemimpin sebagai komando dan apabila salah maka bawahan berhak mengingatkanya dengan cara yang baik.
10 Dalam shalat kita berdoa agar ditunjukan jalan yang lurus seperti jalanya orang-orang shalih. Dalam pelaksanaan proyek kita berusaha tetap berada dalam perbuatan baik sehingga hasil pekerjaan bagus.
11 Shalat diakhiri dengan ucapan semoga keselamatan selalu untukmu. Proyek konstruksi diakhiri dengan penyerakan pekerjaan kepada pemilik dengan harapan semoga senang dalam memakai bangunan dan selamat dari bencana keruntuhan bangunan.
12 Shalat dimulai dengan kegiatan santai seperti mendengarkan adzan ,berwudhu kemudian memuncak dalam pelaksanaan shalat, terakhir tidak langsung bubar tapi dilakukan zikir terlebih dahulu agar santai lagi kemudian selesai. Prinsip jadwal pelaksanaan proyek konstruksi terbaik menyerupai grafik kurva S yaitu pelan diawal, cepat ditengah dan santai lagi diakhir proyek.
13 Dan seterusnya Dan seterusnya

persamaan shalat dan proyek

Begitulah kiranya beberapa analisa yang mungkin bisa jadi pembuka kita dalam melakukan analisa, hal-hal lain sangat banyak sekali apabila kita gali, masalah benar atau tidaknya penulis belum tahu, bagi yang hendak berpendapat dan mengemukakan hal-hal tentang penerapan ilmu shalat kedalam proyek konstruksi bisa dilanjut 🙂

5 Comments

  1. didik 1 July 2012
  2. fatma 16 October 2012
  3. Rull 12 January 2013
  4. memet 15 August 2016
  5. rid 13 August 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.