ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


Pemeriksaan Rutin Terhadap Bangunan

Pemeriksaan rutin terhadap beton pada suatu kontruksi  sangat diperlukan mengingat masa pelayanannya yang terus bertambah serta pengaruh iklim, cuaca, dan lingkungan. Pemeriksaan ini selayaknya harus dilaksanakn secara berkala agar kita bisa mengetahui besar ketahanan kontruksi beton pada masa rentang waktu tertentu.

Pemeriksaan terhadap bangunan yang memiliki kontruksi beton ini biasanya diutamakan untuk bangunan yang menjadi kebutuhan khalayak ramai seperti pasar, sekolah, rumah sakit, hotel, kantor dll. Pelaksaan pemeriksaan ini ditugaskan pada suatu lembaga inspeksi teknis yang ditunjuk. Tugas utamanya adalah mempersiapkan pemeriksaan serta menganalisa data- data yang didapatkan sehingga diperoleh suatu rekomendasi yang dapat digunakan untuk renovasi misalnya atau untuk memperkirakan kondisi dari bangunan tersebut di masa yang akan datang.

Dalam kegiatan pemeriksaan ini dilakukan beberapa tahap kegiatan dengan maksud pemeriksaan yang akan dilakukan nanti sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada pada bangunan tersebut.

Adapun tahap-tahap yang dimaksud antara lain :

  1. Melakukan pengamatan atau pemeriksaan secara visual terhadap bagian-bagian bangunan yang mengalami gejala kerusakan atau kerusakan yang telah terjadi dan mencatat jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan pola kerusakan.
  2. Mengelompokkan bagian – bagian dari bangunan tersebut berdasarkan bagian yang rusak dan yang tidak rusak, kemudian menandai bagian yang rusak untuk dilakukan pemeriksaan nantinya.
  3. Membuat sketsa bagian – bagian dari bangunan yang rusak, melakukan pemotretan dan mendeskripsikan jenis kerusakannya.
  4. Menetapkan metode pemeriksaan yang perlu dilakukan nantinya dengan melihat kondisi dan situasi dari daerah yang mengalami kerusakan. (metode – metode ini akan dibahas pada artikel selanjutnya)
  5. Melakukan langkah-langkah re-design jika diperlukan
  6. Memberikan rekomendasi terhadap pemilik bangunan untuk melakukan perbaikan pada bagian – bagian yang dianggap perlu dan menunjukkan metode perbaikan yang sesuai dengan  jenis kerusakannua serta menjelaskan jenis material yang harus digunakan

 

Oleh : Arif Fadlillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil