Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil pembangunan jembatan selat sunda indonesia

Rencana indonesia untuk membangun jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan dua pulau yang terpisah oleh lautan luas segera terlaksana, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan pulau jawa dan sumatra dengan nama jembatan selat sunda indonesia.

Jembatan selat sunda adalah bangunan penghubung pulau jawa-sumatra yang merupakan bagian dari cita-cita bangsa indonesia sejak tahun 1960 untuk menyatukan pulau-pulau besar di indonesia untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Indonesia sebagai negara kepulauan tentu mempunyai kendala dalam bidang transportasi darat yang merupakan jalur stategis lalu lintas pembangunan nasional yang merata.

Seperti apakah pembangunan jembatan selat sunda indonesia ini? mari kita lihat sama-sama :-)

Peta Lokasi jembatan selat sunda

Terletak di antara pulau jawa dan pulau sumatra

lokasi jembatan selat sundaWaktu pembangunan jembatan selat sunda

Waktu pelaksanaan secara tepat belum dijadwalkan namun kita dapat melihat video berikut mengenai berita tentang pembangunan jembatan ini:

Meskipun Waktu pelaksaan pembangunan jembatan selat sunda masih belum dapat dipastikan namun desain jembatan tersebut sudah dapat kita lihat dibawah ini:

Berikut ini video animasi tentang desain jembatan selat sunda indonesia

Spesifikasi rencana jembatan

  1. Jembatan mempunyai lebar 60 m
  2. mempunyai 2×3 jalur
  3. jalur darurat 2×1
  4. mempunyai lintasa rel kereta ganda / double track
  5. Panjang bentang jembatan selat sunda adalah 29 KM
  6. Tinggi jembatan dari muka air laut ( vertical clearence ) diperkirakan setinggi 75 m
  7. mempunyai 3 sesi jembatan bentang pendek dan dua sesi jembatan bentang panjang dengan konstruksi gantung.
  8. Panjang jembatan gantung diperkirakan 5500 m dan 5000 m
  9. Panjang bentang utama ( main span ) diperkirakan sepanjang 2200 m

gambar rencana ukuran jembatan selat sunda

ukuran jembatan selat sundagambar potongan melintang jembatan

embatan selat sundaRencana teknologi yang digunakan dalam pembangunan adalah pilon fleksibel dengan gelagar yang dipikul oleh kotak majemak yang aerodinamik mempunyai berat sangat ringan serta fleksibel.

Begitulah sekilas tentang rencana desain jembatan terpanjang di dunia yang akan dibangun oleh bangsa Indonesia dengan nama jembatan selat sunda ( Selat Sunda Bridge ) setelah sebelumnya berhasil membangun jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau madura dengan pulau jawa dengan penampakan video sebagai berikut :

sumber gambar : www.jembatanselatsunda.com

perusahaan mana atau Siapa arsitek jembatan selat sunda ? :-)

Pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pengusaha yang bergerak dibidang kontraktor : Kapan thender jembatan selat sunda dilaksanakan :-)

  1. Rumah tinggal di bawah jembatan
  2. Bendung Peucang Ramay anyaman batuan
  3. Analisa penyebab runtuhnya jembatan kutai kartanegara kalimantan
  4. Penyebab banjir di jakarta
  5. menghitung beban struktur jembatan
  6. konstruksi bendung tradisonal
  7. Jembatan kertas sebagai teknologi konstruksi
  8. jenis jembatan bambu dalam kehidupan
  9. cara mengatasi banjir di jakarta

12 Responses to “pembangunan jembatan selat sunda indonesia”

  1. Zaki salim thalib says:

    Bagai mana agar saya bisa turut berkiprah dalam pembangunan Jembatan Selat Sunda tersebut?

  2. risma aprilianti says:

    tunggu aku hingga aku lulus menjadi civil engineer,
    lalu aku akan ikut serta dalam pembangunan JSS.. amin :)

  3. aal says:

    ayo dong dimulai…..jangan omdo mulu…

  4. Cahyo says:

    Cable ada gak,freyssinet

  5. Alfania Purnamasari says:

    Mohon maaf.,mau nanya., apakah pada saat pembuatan jembatan (jembatan seperti suromadu dan jembatan selat sunda ini) bisa diketahui berapakah maksimal muatan yang bisa melintasinya? mohon jawabannya karena saya ingin mencoba membuat alat yang dapat membantu keamanan pada jembatan-jembatan yg telah saya sebutkan diatas.

  6. Syaiful bahri says:

    Apapun yg akan terjadi itu la resiko!,demi kelancran prekonomian bangsa kita untk menuju kesejahtraan rakyat..kita sebgai bgsa indonesia sgt menghrap kn pembgunan jmbtn ini segra d laksanakn.

  7. Iwan Setiawan says:

    Semoga cepat terlaksana Pembangunan Jembatan Selat Sunda, tereimakasih kepada para pemikir jembatan ini yang pasti akan membuat perekonomian Indonesia semakin kuat.
    Proyek ini jauhkan dari semua politikus2 yang mencari populeritas pribadi dan golongan.
    Goooooooo Indonesia.

  8. aini says:

    ah ujung2nya paling bisnis pelancaran koropsi,tp dah sy ucapkan smga sukses & lancar wlu sy ykin pst koropsi juga

  9. jeffri says:

    mending di batal kan saja impian itu, mending di benahi saja trnsportasi laut nya yg tidak terlalu menguras dana negara, masih banyak hal yg harus di benahi di negara kita ini :)

  10. Deswita says:

    Sebenarnya kalo gw si g MASALAH…

  11. wilman hekron says:

    jalan dari aceh sampai ke lampung aja di perbaiki/di cor,daripada bikin jembatan jss.
    saya gak setuju toh juga segelintir orang yg diuntungkan kalau jln yg dibagusin ekonomi raknyat kecil pasti berkembang .dasar sombong.pemerintah yg sombong ingin menunjukkan kedunia bahwa indonesia memiliki jembatan terpanjang didunia.tapi rakyatnya termiskin didunia.maaf saya lagi emosi melihat para pejabat kita yg bermental koruptor……

  12. moh.idris says:

    pola pendanaan yang dilakukan pemerintah untuk tidak membebani keuangan negara dengan mengadakan kerja sama dengan pihak swasta untuk ikut serta dalam pendanaan pembuatan jembatan selat sunda, dan pengelolaan diatur dengan tarif standar tuk tidak terlalu memberatkan masyarakat pengguna jembatan tersebut, serta untuk memberikan manfaat ekonomis terhadap pembangunan daerah lain dengan adanya jembatan Selat Sunda juga memberikan kebanggaan bagi Bangsa Indonesia bahwa Indonesia juga bisa memiliki jembatan terpanjang didunia kepada Dunia luar

Leave a Reply

Current ye@r *