pembagian zona cor

Pembagian zona pengecoran beton stop cor pada seperempat bentang

Pelaksanaan pengecoran beton bertulang dengan volume besar seringkali terpaksa berhenti ditengah jalan untuk dilanjutkan dimasa depan, misalnya pada proyek gedung bertingkat tinggi yang lantainya tergolong luas, disitu tidak memungkinkan untuk melakukan pengecoran satu lantai secara penuh, pengecoran dilakukan secara bertahap berdasarkan pembagian zona pengecoran, pemberhentian ini sering disebut sebagai stop cor. berhentinya tidak boleh asal sembarangan karena bisa berakibat terjadinya kegagalan struktur, mulai dari keretakan atau bahkan beresiko mengalami kerobohan. saat mengecor balok atau plat lantai sebaiknya posisi stop cor pada seperempat bentang agar tidak mengalami keretakan.

Contoh gambar pembagian zona cor beton

pembagian zona cor

pembagian zona cor

Pada gambar tersebut terlihat masing-masing block zona cor dengan warna berbeda, disertai juga tanda panah sebagai penunjuk arah pengecoran beton.

Pembagian zona cor bisa dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut

  1. Efisiensi pengunaan bekisting, ada pertimbangan berapa maksimal penggunaan material bekisting dan itu akan bisa dipakai ulang untuk berapa kali lagi.
  2. Produktifitas tenaga kerja, jumlah tukang dan kemampuan produksinya akan sangat mempengaruhi berapa total volume m3 beton dalam setu kali cor.
  3. Ketersediaan material bangunan, misalnya kemampuan batching plant dalam menyuplai beton dalam satu kali permintaan tim proyek.
  4. Kapasitas produksi alat, misalnya concrete pump mempunyai kapasitas produksi berapa m3/jam.
  5. Volume beton untuk sekali cor.
  6. Desain kekuatan struktur bangunan.
  7. Menyesuaikan dengan bentuk bangunan.

Tips cara mudah membuat gambar zona cor beton

  1. Gambar shop drawing yang memperlihatkan denah struktur lantai bangunan pada software cad di export kedalam bentuk file jpg.
  2. File jpg tersebut kemudian di insert kedalam software power point.
  3. Lalu di block sesuai pembagian zona, masing-masing diberikan warna berbeda untuk memudahkan dalam membaca dan memahami gambar.

 

Setelah zona cor ini direncanakan dengan baik, maka langkah selanjutnya yaitu pengawasan agar pelaksanaanya bisa sesuai dengan apa yang sudah menjadi rencana. kalaupun meleset karena berbagai masalah yang mungkin timbul saat proses pelaksanaan, maka posisi stop cor tetap memperhatikan persyaratan awal yaitu pada seperempat bentang agar bisa menghasilkan produk struktur beton berkualitas maksimal.

2 Comments
  1. 5 months ago
    sefta

    Rumah ukuran 11 x 11
    Butuh besi berapa batang ?

    Reply
  2. 2 months ago
    elkana tamba

    Dear, ilmusipil.com..
    apa dasar untuk perletakan 1/4 bentang posisi stop cor?
    SNI? PBI ? ACI ?
    tolong bantu saya… saya sangat membutuhkannya..

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*