ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


pemasangan kabel tray atau ladder

Kabel tray atau ladder adalah tempat dudukan kabel instalasi listrik yang dipasang pada bangunan gedung sehingga tertata rapi dan mudah dalam pemeliharaan dan perbaikan, gambar ladder ini dapat dilihat dibawah seperti sebuah rak rell dengan sekumpulan kabel tertata rapi. bahan yang digunakan bisa terbuat dari alumunimum, besi , baja dan material lainya. cara pemasangan kabel tray atau ladder adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan shop drawing penempatan jalur kabel dengan mempertimbangkan bagian komponen bangunan lainya seperti titik lampu,instalasi pipa dll, agar tidak berbenturan satu sama lain maka dapat dibuat gambar instalasi secara keseluruhan yang biasa disebut juga dengan shop drawing komposit.
  2. Marking jalur tray atau ladder sesuai shop drawing
  3. Tandai lokasi pengeboran untuk gantungan
  4. Bor lokasi gantungan atau support
  5. Pasang gantungan atau support ladder
  6. Pasang kabel ladder
  7. Pada setiap sambungan pasang penghubung grounding
  8. Agar dapat bertahan lama maka kabel tray dapat di zincromate atau finish cat untuk mencegah karat.

 

Gambar kabel tray pada plafond

kabel tray

Pemasangan pada plafond memerlukan perkuatan penggantung yang dipasang dengan baik agar tidak mengalami keruntuhan, penggantung dipasang pada jarak yang cukup sehingga dapat berfungsi baik namun tidak terlalu rapat karena dapat menyebabkan pemborosan material serta meningkatkan beban bangunan yang harus ditanggung oleh struktur lantai dan balok gedung sehingga menjadi penyebab keruntuhan :-)

 

Gambar kabel tray pada dinding

kabel tray tampak

Pemasangan pada dinding perlu dibuatkan ruangan khusus mekanikal elektrikal sehingga tidak mengganggu keindahan arsitektur bangunan. jika terpaksa berada pada ruangan yang membutuhkan kerapian maka bisa dibungkus dengan dinding gypsum atau batu bata sehingga terlihat bersih dan rapi.

 

Pada bangunan rumah tinggal dapat menggunakan pipa pvc sebagai jalur kabel jika instalasi listrik yang dipasang tidak terlalu rumit, pipa kabel juga berfungsi untuk memelihara keawetan kabel agar tidak rusak karena berbagai hal seperti digigit tikus atau tergores karena aktifitas pelaksanaan bagian konstruksi lainya. hal ini dapat mencegah terjadinya bahaya kebakaran akibat konsleting arus pendek listrik :-( meskipun terlihat sederhana namun sebaiknya dipasang oleh ahli dibidangnya seperti tukang listrik atau kontraktor mekanikal elktrikal untuk pemasangan kabel tray dalam jumlah besar :-)

10 Comments

Add a Comment
  1. aandre

    salam kenal,

    Pak, terimakasih dgn artikel & forum di website ini sy terbantu mengenai ilmu2 sipil utk mendukung pekerjaan sy. mhn rekomendasinya utk website serupa seperti ilmusipil.com ini untuk bidang elektrikal.

    BR

  2. alirofii

    pak minta tolong ad gx artikel panduan untuk panduan dalam beljr 3d max studio,untk ligtng exterior

    “sementara belum ada pak, sekedar informasi ada di ilmugrafis.com”

  3. Riska

    boleh minta denah elekrikal gedung bertingkat tinggi..mkasih

  4. PT ANTERO MAKMUR

    mechanical, Electrical & Air Conditioning Contractor

    Perusahaan Contractor sedang membutuhkan ESTIMATOR & DRAFTER Mechanical, Electrical & Air Conditioning dgn kriteria sbb:

    1.Pria / Wanita max 35 tahun
    2.Pendidikan formal S 1 / D3 Teknik di bidangnya
    3.Mampu mengoperasikan MS. OFFICE secara baik
    4.Mampu memahami dan mengerti gambar Mechanical , Electrical dan Air Conditioning
    5.Di utamakan mampu mengoperasikan AUTOCAD
    6.Bersedia di tempatkan di luar kota
    7. Mampu bekerja dalam TIM

    Lamaran: CV & Foto dapat di kirimkan ke alamat Haji Samanhudi No.22 D Jakarta Pusat kode pos 10710 atau email: anteromakmur@gmail.com

    UP: HRD

  5. Jimmy

    Memang web ini sangat membantu bagi saya dan cukup jelas dan mudah dimengerti !!!
    Ilmu yang ada disini sangat2 baik bagi para peminat atau tukang2 bangunan dan listriknya agar kita semua dapt meningkatkan kemampuan untuk bekerja dgn lebih Professional lagi.
    Semoga web ini (Ilmu Sipil) bisa dapat lebih banyak lagi untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu2 teknik Sipil dan Arsiteknya.
    Semoga sukses dan lebih maju lagi, Thank’s so much !!!!

  6. pemasangan trai

    pemasangan trai ladder siku

  7. Kami berpengalaman mengerjakan elektrikal di UGM, UNY, Mall Ramai Mall Yk, dll, AMF-ATS, penangkal petir, silahkan untuk kerjasamanya……kami tunggu

  8. susanto

    terimakasih info jobnya.bila saudara berkenan kami bersedia bergabung dalam tim anda,adapun kompetensi kami adalah S1 tehnik elektro listrik, telah bekerja di instalatir sejak 2006 hingga sekarang.serifikasi SKT BLPT jateng,SKA IPP LPJKN,Anggota PII 2012. domisili di semarang dan siap hijrah ke jakarta atau luar jawa.demikian pengajuan kami skiranya bisa unt dipertimbangkan.wasalam terimaksih.

  9. Abu nawar

    Salam kembali shobat! aye juga ingin ikut bergabung gimana caranya?abu nawar p.baru.riau

  10. abay

    Mau nanya nih,brapa upah untk skill n helpr untk elektrical.makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil