Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil peluang kerja smk jurusan teknik bangunan

Artikel ini khusus bagi yang sedang bimbang dalam melanjutkan sekolahnya ke tingkat sekolah menengah kejuruan ( SMK ) dengan berbagai macam pilihan jurusan yang membingungkan, sekolah di SMK memang menjadi alternatif terbaik karena lulusan dididik secara maksimal untuk mempunyai keahlian dibidang tertentu sesuai jurusan yang dipilih, misalnya di SMK N 7 Semarang kita akan mendapatkan berbagai macam pilihan jurusan yang masing-masing mempunyai jumlah peminat berbeda sehingga akan sangat mempengaruhi peluang untuk diterima di bangku sekolah tersebut.

stm pembangunan semarang

Salah satu jurusan yang paling sedikit peminatnya diantaranya adalah teknik konstruksi bangunan atau sekarang ini disebut teknik konstruksi batu dan beton, kenapa ini bisa terjadi? berbagai jawaban mungkin ada dibenak masing-masing yang secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Di sekolah SMP tidak ada pelajaran bangunan, adanya elektro jadi melanjutkan ke teknik elektro atau teknik mesin yang sudah ada di pikiran :-) ini bagi yang menginginkan kemudahan.
  • Teknik konstruksi bangunan identik dengan pekerja bangunan dalam bidang tukang bangunan, untuk apa sekolah susah-susah? tetangga saja yang tidak sekolah bisa jadi tukang bangunan :-) pendapat ini tidak sepenuhnya benar.
  • Teknik konstruksi bangunan identik dengan pekerja lapangan yang kotor, tapi ternyata tidak :-)

apa saja yang dipelajari di SMK jurusan bangunan?

  • Secara garis besar yang dipelajari di teknik bangunan adalah bagaimana cara menggambar bangunan, menghitung rencana anggaran biaya bangunan, menghitung kekuatan konstruksi bangunan, bagaimana metode untuk melaksanakan pekerjaan bangunan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bangunan.

Lalu sebenarnya apa saja peluang kerja SMK jurusan teknik bangunan itu? berbagai pilihan profesi dapat dilakukan setelah lulus sekolah diantaranya:

  • DRAFTER : drafter bertugas membuat gambar bangunan nbaik itu gambar bangunan, gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.
  • QUANTITY SURVEYOR : bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  • PELAKSANA LAPANGAN : bertugas memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.
  • QUALITY QONTROL : bertugas mengontrol kualitas pekerjaan proyek.
  • PENGENDALIAN PROYEK : menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan bangunan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.
  • LOGISTIK : bertugas menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.
  • KONSULTAN PERENCANA : membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi.
  • KONTRAKTOR / PEMBORONG : melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunanya.
  • Dll.

Nah.. begitulah sedikit gambaran tentang peluang kerja untuk jurusan teknik bangunan di sekolah menengah kejuruan, selanjutnya silahkan dipertimbangkan masing-masing :-)

ilmu sipil
  1. Memilih jurusan di sekolah menengah kejuruan SMK
  2. Selamat ujian nasional bagi siswa SMK Bangunan
  3. 8 STM Pembangunan cikal bakal seluruh SMK di Indonesia
  4. Sekolah STM Jurusan teknik bangunan
  5. lulusan STM siap kerja smk n 7 Semarang
  6. teknik gambar bangunan stm pembangunan semarang
  7. Pengumuman juara lomba LKS SMK tingkat Nasional
  8. penerimaan siswa baru smkn 7 stm pembangunan semarang
  9. Sekolah SMK jurusan teknik bangunan lulus jadi apa?
  10. Lulusan SMP mau masuk SMK Bangunan : mau jadi Tukang?
  11. Cara agar diterima di sekolah SMK
  12. Penerimaan peserta didik baru PPD SMA SMK online
  13. Corat coret baju setelah lulus ujian sekolah
  14. Praktek kerja industri siswa SMK menjelang lulus
  15. Cara mendapat ranking 1 di sekolah
  16. Lulusan SMK bangunan lebih pintar dari sarjana teknik sipil
  17. Jurusan smk sekolah menengah kejuruan di indonesia
  18. peluang kerja smk jurusan teknik bangunan
  19. Tips memilih jurusan sekolah menengah kejuruan SMK

30 Komentar

  • bajurikadir says:

    saya alumni lulusan th 1989… mudah2an tetap bertahan lokasi sekolahnya di simpang lima, sehingga siswa mudah ke sekolahnya dan terjaga mutu lulusan jurusan bangunannya//

  • drafterstm says:

    saya murid STM juga lho. ngambil jurusan gambar bangunan.. sekarang lagi bekerja di salah satu perusahaan developer swasta. :D ;D

  • zulham says:

    saya alumni SMK N UNDANAWU BLITAR th 2008,, saya sekarang kerja menjadi drafter di salah perusahan swasta di jakarta, , :-)

  • wd22 says:

    Hi,

    Perusahaan kami sedang membutuhkan drafter di Brunei Darussalam.

    yang berminat silahkan kirimkan cv melalui email: design@icarus.com.bn

  • nof says:

    apakh kita hnya sbgai prkerja,jika kta tamat stm saja,

  • mazz_onnot says:

    saya alumni Bangunan Air 97/01…….dari lulus sampai sekarang kerja di salah satu kontraktor BUMN di kalimantan..semoga STEMBASE semakin jaya di Nusantara.dan memberi kontribusi u/ kemajuan negeri ini……….amin

    • hari arbey says:

      Mas Boleh mnta contact person nya nggk?
      Alamat email mungkin?
      saya juga seorang drafter.
      Karna saya abis resign dari tmpat kerja saya yang dulu jd saya sekarang sangat membutuhkan pekerjaan.
      Siapa tau mas bisa bantu saya..
      Tolong yah..
      Terima kasih banyak sebelumya.

  • redi says:

    Jadi,,,SURVEYOR g masuk htungan dunk.,,y wess,mungkin penulis lupa x y…

  • jhon says:

    saya lulusan STM bangunan gedung di jakarta. jaman sekarang sudah enak fasilitas sudah ada yg lbh canggih jaman….klo ingat jaman dulu sekolah di SMK Jurusan bangunan di manfaatin lah ilmu na…apa lagi jaman skrng di SMK bangunan sudah ada autocad itu sangat penting buat modal awal kerja klo emang tidak melanjut kuliah…
    Saya lulusan 96..saat ini kerja di konsultan pengawas di bidang bangunan (arsitektur) :).

  • Wilson says:

    Kami perusahaan kontraktor yg berkembang sedang cari drafter, bisa email ke W.anemer1@gmail.com atau wilson.anemer@gmail.com

  • Reza anggara says:

    Saya anak smk d sumatera utara jurusan gambar bangunan.
    Akan tamat thun 2013.
    Memahami autocad dan mengerti tntang pmbuatan rencana anggara biaya(RAB).
    Saya harap anda memberi saya kesempatan.

  • PT.MBT UTAMA says:

    untuk prodi /jurusan quality control.kami8 bersedia suplay peraltan material testing untuk tanah beton aspal,dengan berebagai skema kemudahan pembayaran ,silahkan kun jungi website kami,www.mbtoriginal.com

  • CV Bumi Raya Agung says:

    kami salah satu perusahaan di bidang kontruksi dan property
    kami sedang membutuhkan tenaga stm bangunan
    bila ada yang berminat hubungi ini ya agan agan

    081321132117 (yoesep)

    sekarang sedang bangun perumahan.

    status permanen. engga prilen yaaa.. hehehe

  • kasiadi says:

    asslm alaikum wr,wb salam sejahtera bagi bpk/ibu pimpinan di pt/cv di bidang cotraktor bangunan wilayah jatim yng trhrmt saya kasiadi mandor bangunan menawarkan jasa tim kami di perusahan yang bpk/ibk pimpin di bidan tersebut di atas untuk di posisikan di wilayah jatim dan tim kami siap kerja lembur /kejar target sesuai contrak/prosedur yang ada dan bagi prusahaan yang membutuhkan mohon hbngi no {081936937219} {081231350754} sebelumnya saya ucapkan triiiim wasalam {kasiadi}malang jatim

  • joe simon says:

    salam kenal,,,saya membutuhkan tenaga drafter konstruksi baja ringan di wilayah jakarta pusat. dibutuhkan lulusan smk atau sederajat yang mau bekerja serius. hub saya di 0818-937-277. Terimakasih.

  • Agus Sudrajat says:

    ku tunggu 2016 yg dtg hehe :D

  • Waladhun Solihuun says:

    bener banget tuh, peluang sukses d'bidang teknik bangunan lebih luas (y).

  • achmad sri haryanto says:

    saya achmad, lulusan smk bangunan. dulu waktu sekolah saya sering diejek sama kawan2 saya.
    begini katanya, buat apa sekolah bangunan???? gak usah sekolah pun bisa, klo cuma jadi tukang.
    akhirny saya minder, dan setelah lulus aku pun tak mau melanjutkan sekolah lg, aku memilih merantau, dan akhirnya sekarang bekerja di pt. yg tak sesuai dg basicku sebagai lulusan bangunan.

  • irvan siey oke says:

    saya kan sekolah di SMKN 1 KOTA MOJOKERTO, Klz X-TGB 2
    setelah lulus dari smk, saya pengen langsug kerja di perusahaan bangunan, yang ada indonesia ini, Apakah saya bisa mendapat peluang untuk berkerja di perusahan tersebut,,??????

  • diandra says:

    mohon bantuannya,adik sy lulusan stemba gbr bangunan,tadinya drafter sebuah property milik pribadi,collapse,dan skrg sdg tdk bekerja,tdk ad penghasilan,sedangkan dia berkeluarga dg 1 orang anak yg baru sj lahir.mhn info ttg lowongan pekerjaan,alhamdulillah jk ad yg permanent.posisi adik sy dan klrg di semarang,dan insy dpt menerima pekerjaan di manapun.mhn bantuannya sangat sbg sesama alumni Gambar bangunan,terimakasih byk atas bantuannya.semoga Allah yg membalas kebaikanx..

  • Erdyansyah says:

    Smk teknik bangunan memang jurusan yg terbain di stm…

    Salam.. Saya dari SMK N 1 PARIAMAN jurusan teknik gambar bangunan, saya baru kelas X..
    Smk pengajaran nya sangat baik……Smk teknik bangunan memang jurusan yg terbain di stm…

    Salam.. Saya dari SMK N 1 PARIAMAN jurusan teknik gambar bangunan, saya baru kelas X..
    Smk pengajaran nya sangat baik….

  • gausa says:

    Saya angkatan 2012 dari smkn 52 jakarta jurusan furniture.. tolong infonya ya, buat pt atau kontraktor mungkin dpt membantu info nya.. thx

  • sarastiono says:

    Saya juga alumni PTB (teknik Bangunan) sekarang jadi guru.Salam dari Mediaku

  • ivan asyadullah says:

    saya sekolah di stm pembangunan semarang…yeah wkwkw kelas 4 jurusan konstruksi

  • Aras says:

    Bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta, perusahaan kerja saya bergerak di fashion retail (di daerah SCBD- Sudirman Jakarta) sedang membutuhkan tim maintenance dr jurusan teknik sipil/teknik konstruksi bangunan. Bagi yg minat bisa kirim CV nya ke recruitment@pgli.co.id, fresh graduate silakan melamar

  • Fauzi Nahaar says:

    Saya juga dari STM Bangunan, menurut kalian semua, mendingan Teknik Konstruksi Batu Beton (TBB) / Teknik Gambar Bangunan (TGB) saya masih bingung kelas XI nnti pilih jurusan apa!

Komentari

*
*