Peluang kerja lulusan SMK sekolah menengah kejuruan

Berbicara peluang kerja lulusan SMK sekolah menengah kejuruan bisa dibilang cukup besar jika dibanding SMA alias sekolah menengah atas, hal ini karena anak-anak SMK dibekali dengan keahlian khusus sesuai dengan jurusan yang diambil, berikut beberapa gambaran bidang pekerjaaan sesuai jurusan yang diambil di sekolah.

 

Teknik gambar bangunan

Di sekolah banyak belajar keahlian menggambar arsitektur, sehingga berpeluang besar bekerja sebagai drafter di perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi bangunan seperti kontraktor, konsultan arsitektur, konsultan pengawas pelaksanaan pembangunan.

Teknik konstruksi batu dan beton

Disini lebih banyak belajar mengenai pelaksanaan pembangunan, seperti ilmu ukur tanah, metode pelaksanaan, dll. sehingga setelah lulus bisa bekerja sebagai pengawas atau pelaksana pekerjaan pembangunan, atau bisa mendirikan usaha sendiri sebagai pemborong bangunan, kontraktor, developer.

Teknik Instalasi pemanfaatan tenaga listrik

Bekerja di perusahaan listrik negara (PLN), kontraktor listrik, atau engineer gedung bagian pemeliharaan instalasi listrik.

Teknik Audio Video

Bekerja di dunia desain grafis, seperti pembuatan film, gambar periklanan, atau bisa membuat video sendiri untuk di upload di media social seperti youtube yang juga berpotensi mendapatkan penghasilan

Teknik Elektronika Industri

Bergabung dengan perusahaan elektronik seperti pembuatan komputer, televisi, peralatan elektonik rumah tangga, dan sejenisnya. atau bisa membuka jasa service elektronik.

Teknik Mekatronika

jurusan ini merupakan perpaduan dari mesin, elektrika, informatika yang tujuanya untuk membuat suatu sistem atau alat untuk tujuan tertentu, jadi bisa bekerja diberbagai perusahaan yang ada kaitanya dengan bidang keahlian tersebut.

Teknik Pemesinan

Bekerja di perusahaan atau pabrik yang memproduksi mesin, entah itu mesin pertanian, mesin perindustrian, dan sejenisnya.

Teknik Kendaraan Ringan

Kerja di dealer sepeda motor / mobil, bengkel kendaraan.

Teknik Komputer dan Jaringan

Service komputer, pembuatan instalasi jaringan komputer di kantor, warnet, atau diberbagai perusahaan untuk ditempatkan dibagian pembuatan serta pemeliharaan instalasi komputer untuk keperluan kantor.

 

Begitulah gambaran tentang peluang kerja lulusan SMK sekolah menengah kejuruan sesuai jurusan yang diambil, yang jelas masing-masing punya pasar tersendiri yang kesemuanya terbuka lebar,  semoga bermanfaat

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*