pelajaran pada jurusan teknik sipil

Pelajaran yang harus di tempuh  dalam bidang teknik sipil sekarang ini berbeda – beda antara universitas satu dengan yang lainya, begitu juga dengan kurikulum di institut maupun sekolah tinggi masing – masing mempunyai standar sendiri. :-)

pemerintah berusaha menjadi penengah dengan cara membuat penilaian terhadap  masing – masing sekolah, tentunya hal iniadalah sebuah jalan yang sangat baik  melalui program  ” Akreditasi ” yang di hasilkan badan akreditasi nasional  dengan ukuran A , B , C atau tidak terakreditasi.

Dalam menyikapi hal tersebut , tidak semua universitas mau mengakuinya, hal ini mengingat sistem penilaian  yang terkadang belum tentu sesuai untuk menggambarkan  kualitas universitas yang dinilai, bagi universitas dengan kualitas buruk kemudian mendapat akreditasi A tentunya sangat berbunga – bunga, lalu bagaimana dengan nasib universitas dengan kualitas terbaik yang mendapat nilai C? menyedihkan bukan. :-)

Bagi masyarakat sendiri hal ini menyebabkan sebuah gerbang jalan  simbiosis mutualisme yaitu perasaan ingin dianggap baik dengan bersembunyi pada ijazah dari universitas dengan Akreditasi A atau terbaik, sebuah kondisi yang menyedihkan karena konsep kelulusan adalah bagaimana dapat lulus kuliah dari universitas ternama dan masalah ilmu nanti bisa belajar sambil bekerja !!! parah kan. bukan lagi bagaimana caranya dapat lulus kuliah dengan kualitas ilmu terbaik sehingga dapat berguna untuk masyarakat . melihat hal  ini mungkin akan lebih baik jika masyarakat dan dunia kerja yang menjadi juri dan menilai kualitas  masing – masing universitas. :-)

kembali ke topik, sekedar informasi bagi adik – adik SMA yang ingin melanjutkan kuliah teknik sipil, atau orang tua yang kebetulan anaknya  akan menempuh jurusan teknik sipil,

perbedaan teknik sipil dan arsitektur.

  • Teknik sipil : mempelajari bagaimana merencanakan struktur bangunan  yang kuat, bentuk konstruksi  gedung yang ekonomis dan indah.
  • Teknik Arsitektur : lebih  kepada  mempelajari bagaimana membuat bentuk bangunan yang indah atau gambar desain dan mempelajari bagaimana agar konsep desainya dapat diterima.

mengenai pelajaran yang harus diambil dibangku kuliah pada jurusan teknik sipil yang berbeda – beda disetiap universitas, tetapi pada umumnya hampir sama. pelajaran teknik sipil antara lain:

Mata Kuliah Umum teknik sipil

  • Matematika / Kalkulus
  • Ipa Fisika
  • Bahasa indonesia
  • Bahasa inggris
  • pendidikan pancasila / Etika kesopanan
  • Ipa Kimia
  • Geografi
  • Agama

Mata kuliah jurusan teknik sipil

  • Mekanika teknik / statistika
  • Gambar bangunan
  • Teknologi bahan bangunan
  • Rencana anggaran biaya bangunan
  • Pelabuhan
  • Bandara
  • Struktur Jembatan
  • Struktur beton
  • Struktur baja
  • Struktur Kayu
  • Hidrologi
  • Hidrolika
  • Ilmu Ukur Tanah
  • Mekanika Tanah
  • Jalan Kereta Api
  • Jalan Raya
  • Terowongan
  • Irigasi bangunan air
  • Hukum yang berkaitan dengan pekerjaan Konstruksi
  • Sistem transportasi
  • Rekayasa pondasi
  • manajemen proyek.
  • Aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil. ( Autocad , SAP 2000, eTABS , Staad pro , microsoft office dll )
  • dll

dan untuk pelajaran lainya yang belum disebut bisa dimasukan melalui kolom komentar dibawah ya :-)

pelajaran pada jurusan teknik sipil | Ahadi | 4.5
45 Comments
  1. 3 years ago
    Farhan

    Semua tergantung kemampuan & minat Anda. Kalo di kuliah ane itu Rekayasa Sungai, irigasi, & bangunan air dipisah gan. Rekayasa Jalan & Lalu Lintas terpisah.

    Reply
  2. 2 years ago
    amrun nasution

    saya sangat bersyukur bisa lulus di prodi teknik sipil meskipun banyak yang bilang teknik sipil itu susah… tp saya akan berussaha untuk sukses dngan teknik sipil….

    Reply
  3. 2 years ago
    zubair32

    Mdah-mdahan klw lolos di tehnik sipil, bsa ngejalanin kuliahnya dngan baik

    Reply
  4. 1 year ago
    adi suroso

    Ingin sekali sy belajar tentang tehnik sipil

    Reply
  5. 1 year ago
    frans

    Teknik sipilllL maaantabbb!!!!!

    Reply
  6. 1 year ago
    Danisa

    Bismillahirahmanirrahim ^_^
    tehnik sipil :*
    pasti bisa
    i believe!!

    Reply
  7. 1 year ago
    Zuhri

    Salah satu kelebihan dari teknik sipil itu solidaritas yang tinggi,,, :)
    salam teknik jaya,,,,

    Reply
  8. 1 year ago
    Widi Bellers

    wah gue sangat termotifasi banget,,

    Reply
  9. 1 year ago
    agun

    saya ga ahli matematika tapi sekolah mau ke teknik sipil…
    saya lulusan tkj apa bisa ?,,
    minta sarannya..

    Reply
    • 9 months ago
      lucky

      Bisa ga sih smk jurusan persiapan grafika masuk teknik sipil? Trus kalo test masuknya kira kira pelajaran apa aja?

      Reply
  10. 12 months ago
    ilham rika

    banyak orang yang bilang teknik sipil itu sulit. jadi bimbang antara teknik sipil atau pwk

    Reply
  11. 10 months ago
    budi wibowo

    Jurusan teknik sipil di surakarta untuk kelas karyawan dimana ya?

    Reply
  12. 7 months ago
    kara

    kak aku calon mahasiswi teknik sipil, tapi mat sama fisika ku ga bisa dibilang bagus2 amat, apa bisa bertahan?

    Reply
  13. 7 months ago
    nurul destiana

    Untuk yang kmampuan menghitungnya lemah, bisa nggak ya masuk teknik sipil? Minta sarannya ya ..

    Reply
  14. 6 months ago
    aldhijayaelfian

    Mudahan saya bertahan di teknik sipil karna orang banyak bilang teknik sipil itu susah tapi kalau dengan sunguh2 insyaallah bisa asal ingat orang tua :)

    Reply
  15. 6 months ago
    syfha

    serumit apa si matematika nya ? katanya rumit banget

    Reply
    • 5 months ago
      cetra dika saputra

      Serumit apa pun bila dgn niat pasti Mudah :)

      Reply
  16. 5 months ago
    citra dika saputra

    Ane bingung milih antara teknik sipil sama teknik informatika. Bisa minta saran nya donk ????? :)

    Reply
  17. 5 months ago
    cetra dika saputra

    Tenik sipil atau Teknik informatika ???

    Reply
  18. 5 months ago
    Rofi

    Aku baru kuliah dan ambil jurusan teknik sipil tapi saya baru mengenal teknik sipil. Apakah kedepanya saya akan kesulitan dalam mempelajari jurusan saya ini karena saya dulu jurusan teknik komputer jaringan. Mohon pencerahanya???

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*