Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil pelajaran pada jurusan teknik sipil

Pelajaran yang harus di tempuh  dalam bidang teknik sipil sekarang ini berbeda – beda antara universitas satu dengan yang lainya, begitu juga dengan kurikulum di institut maupun sekolah tinggi masing – masing mempunyai standar sendiri. :-)

pemerintah berusaha menjadi penengah dengan cara membuat penilaian terhadap  masing – masing sekolah, tentunya hal iniadalah sebuah jalan yang sangat baik  melalui program  ” Akreditasi ” yang di hasilkan badan akreditasi nasional  dengan ukuran A , B , C atau tidak terakreditasi.

Dalam menyikapi hal tersebut , tidak semua universitas mau mengakuinya, hal ini mengingat sistem penilaian  yang terkadang belum tentu sesuai untuk menggambarkan  kualitas universitas yang dinilai, bagi universitas dengan kualitas buruk kemudian mendapat akreditasi A tentunya sangat berbunga – bunga, lalu bagaimana dengan nasib universitas dengan kualitas terbaik yang mendapat nilai C? menyedihkan bukan. :-)

Bagi masyarakat sendiri hal ini menyebabkan sebuah gerbang jalan  simbiosis mutualisme yaitu perasaan ingin dianggap baik dengan bersembunyi pada ijazah dari universitas dengan Akreditasi A atau terbaik, sebuah kondisi yang menyedihkan karena konsep kelulusan adalah bagaimana dapat lulus kuliah dari universitas ternama dan masalah ilmu nanti bisa belajar sambil bekerja !!! parah kan. bukan lagi bagaimana caranya dapat lulus kuliah dengan kualitas ilmu terbaik sehingga dapat berguna untuk masyarakat . melihat hal  ini mungkin akan lebih baik jika masyarakat dan dunia kerja yang menjadi juri dan menilai kualitas  masing – masing universitas. :-)

kembali ke topik, sekedar informasi bagi adik – adik SMA yang ingin melanjutkan kuliah teknik sipil, atau orang tua yang kebetulan anaknya  akan menempuh jurusan teknik sipil,

perbedaan teknik sipil dan arsitektur.

  • Teknik sipil : mempelajari bagaimana merencanakan struktur bangunan  yang kuat, bentuk konstruksi  gedung yang ekonomis dan indah.
  • Teknik Arsitektur : lebih  kepada  mempelajari bagaimana membuat bentuk bangunan yang indah atau gambar desain dan mempelajari bagaimana agar konsep desainya dapat diterima.

mengenai pelajaran yang harus diambil dibangku kuliah pada jurusan teknik sipil yang berbeda – beda disetiap universitas, tetapi pada umumnya hampir sama. pelajaran teknik sipil antara lain:

Mata Kuliah Umum teknik sipil

  • Matematika / Kalkulus
  • Ipa Fisika
  • Bahasa indonesia
  • Bahasa inggris
  • pendidikan pancasila / Etika kesopanan
  • Ipa Kimia
  • Geografi
  • Agama

Mata kuliah jurusan teknik sipil

  • Mekanika teknik / statistika
  • Gambar bangunan
  • Teknologi bahan bangunan
  • Rencana anggaran biaya bangunan
  • Pelabuhan
  • Bandara
  • Struktur Jembatan
  • Struktur beton
  • Struktur baja
  • Struktur Kayu
  • Hidrologi
  • Hidrolika
  • Ilmu Ukur Tanah
  • Mekanika Tanah
  • Jalan Kereta Api
  • Jalan Raya
  • Terowongan
  • Irigasi bangunan air
  • Hukum yang berkaitan dengan pekerjaan Konstruksi
  • Sistem transportasi
  • Rekayasa pondasi
  • manajemen proyek.
  • Aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil. ( Autocad , SAP 2000, eTABS , Staad pro , microsoft office dll )
  • dll

dan untuk pelajaran lainya yang belum disebut bisa dimasukan melalui kolom komentar dibawah ya :-)

ilmu sipil
  1. Pajak menggunakan jasa konsultan asing jarak jauh
  2. perubahan energi menjadi benda
  3. pengertian dan cabang teknik sipil
  4. contoh ijazah S1 teknik sipil
  5. mungkinkah teleportasi pindah tempat
  6. Praktek kerja teknik sipil
  7. Teknik Sipil Go Green
  8. Teknik sipil warga sipil atau pegawai sipil
  9. kurikulum teknik sipil
  10. download ebook teknik sipil gratis
  11. Semua sarjana di Indonesia adalah orang bodoh
  12. Cara agar teknik sipil Indonesia jadi yang terbaik di dunia
  13. Masa Pemeliharaan dan Jaminan Konstruksi
  14. Filsuf Teknik Sipil
  15. Tokoh teknik sipil di Indonesia
  16. Membuat Forum teknik sipil dan arsitektur
  17. download skripsi teknik sipil gratis
  18. Cara mendapat ijazah s1 teknik sipil
  19. Cara menghitung pajak PPN Real estate

33 Komentar

  • rml says:

    mata kuliah capsa….

  • uie says:

    thx kk, masukan nya sangat membantu

  • beton says:

    mekanika teknik/statika

    coz klo statistika,ilmu olah data

  • ilham informatika widyagama says:

    wah mantap juga jurusan sipil y!

    saya tertarik juga walau pun saya informatika.

  • sisitmae says:

    fisika semua ya? :(
    tak papalah. coba dulu

  • ambia says:

    kalau buat cewek teknik sipil itu bagus gk ya/

  • fx=kurniawan says:

    pelajaran tersulit itu mektek(mekanika teknik)

  • Amirullah says:

    kira2 bisa nda dilanjutkan S2 sipil dengan dasar ilmu pendidikan.? tapi latar belakang pendidikan jurusan matematika… kalau memang bisa supaya segala sesuatunya sya persiapkan dari sekarang. oy satu lagi kalau boleh tau Biaya Sekolah Teknik sampai S2 berapa ya,…??

  • faiz says:

    pelajaran tehnik sipil itu kira2 susah gak ya…..

  • chyntia says:

    hmmm,,,i like it teknik sipil..
    aq bkal brusha buat brthan untuk teknik sipil…

  • haris monandar says:

    aq suka skali dengan fisika

  • dikdiq miftahul sidiq ramdhani says:

    bagaimana saya mendapatkan materi-materi teknik sipil yang mudah difahami?

    terimakasih atas penjelasan singkat ilmu teknik sipilnya

  • henry dunnan says:

    maaf kk” latar blkng pend saya saat sma itu IPS tpi cita” saya ya jadi insinyur… yg saya mau tanya apa bisa jurusan IPS bsa masuk fakultas Teknik sipil? jika bisa persiapan seperti apa yg harus saya benahi sejak sekarang? trims kk”…

    • Iin Apriyanti says:

      Bisa kok. Teman saya ada beberapa dari IPS. Kalo emang niat n berusaha keras pasti bisa kok.

  • lia says:

    teknik sipil banyak menggambar tak?

  • Nasrah says:

    kak ^^
    saya suka dengan fisika,matematika,kimia. Dan sudah sesuai dengan jurusan Teknik Sipil, tapi Nasrah masih ragu, bisa tidak seorang cewe bertahan pada fakultas ini?. karena dilihat sekilas, pasti mengenai pembangunan dan langsung pada lapangan. trus prospek kerjanya kelak sebagai cewe ada tdk yg lebih tepat :)

  • sayful says:

    wah…
    pengen masuk teknik sipil….
    tapi aku paling gk suka pelajaran hitung”….
    tapi apa salahnya mencoba dan berusaha…….

  • sangat menantang jurusan teknik sipil….

  • matematika dan kimia mata kuliah yang paling menantang…..

  • pamela natasa says:

    apakah jurusann teknik sipil terlalu berat untuk perempuan? lebih banyak praktek apa teori ya? makasihmakasih

  • ilhambom says:

    Ane labil ni bro , sebenernya ane lulusan dari sma program ips , tapi pengen ngamnil tek sipil di universitas di jakarta , terus problem ane materi teknik sipil itu susah ga yA ? Ane ngeri ga bisa ngikutin aja nih pelajaran’a .

  • blank07 says:

    Teory dan praktek seimbang
    Mmang bnar ilmu sipil trkadang mmang sulit untuk dpahami, wlaupun jelas skali tujuan dan manffaatnya, jd ilmunya prlu kta asah kmbali, agr jd mantap.

  • Farhan says:

    Semua tergantung kemampuan & minat Anda. Kalo di kuliah ane itu Rekayasa Sungai, irigasi, & bangunan air dipisah gan. Rekayasa Jalan & Lalu Lintas terpisah.

  • amrun nasution says:

    saya sangat bersyukur bisa lulus di prodi teknik sipil meskipun banyak yang bilang teknik sipil itu susah… tp saya akan berussaha untuk sukses dngan teknik sipil….

  • zubair32 says:

    Mdah-mdahan klw lolos di tehnik sipil, bsa ngejalanin kuliahnya dngan baik

  • adi suroso says:

    Ingin sekali sy belajar tentang tehnik sipil

  • frans says:

    Teknik sipilllL maaantabbb!!!!!

  • Danisa says:

    Bismillahirahmanirrahim ^_^
    tehnik sipil :*
    pasti bisa
    i believe!!

  • Zuhri says:

    Salah satu kelebihan dari teknik sipil itu solidaritas yang tinggi,,, :)
    salam teknik jaya,,,,

  • Rossi Aryani says:

    Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai dunia teknik sipil, kami juga memiliki tulisan mengenai teknik sipil, anda bisa mengunjunginya di situs kami Pusat Studi Teknik Sipil

Komentari

*
*

Current ye@r *