Pelajaran mata kuliah apa yang paling sulit di jurusan teknik sipil?

Pelajaran mata kuliah apa yang paling sulit di jurusan teknik sipil? jika kita selidiki ternyata ada beberapa mata kuliah yang terkesan angker alias seram, sehingga menjadi hal yang seakan menakutkan apabila tidak bisa mengikuti, atau menyelesaikanya dengan nilai maksimal. masing-masing pribadi pasti punya kelebihan sekaligus kelemahan pada sisi tertentu, misalnya seorang mahasiswa yang ahli menggambar bisa jadi lemah dalam perhitungan, begitu juga sebaliknya. masalahnya sebagai civil engineer itu dituntut bisa menghitung, memanajemen, juga menggambar. ya.. minimal ngerti saja tidak perlu sampai mahir disemua bidang.

 

murid belajar guru mengajar

murid belajar guru mengajar

1. Mekanika Teknik

jika sewaktu SD, SMP, SMA ada pelajaran matematika atau kalkulus yang terkadang membuat pusing, nah.. dibangku kuliah ada yang namanya pelajaran mekanika teknik, yaitu menghitung momen aksi dan reaksi bangunan, mendengar istilah-istilahnya saja bisa memusingkan kepala apabila tidak ada semangat belajar tingkat tinggi, tapi pelajaran ini justru dianggap menyenangkan bagi yang suka otak-atik angka.

2. Menggambar Bangunan

Sebenarnya membuat gambarnya mudah, tapi itu memerlukan kesabaran tingkat tinggi, waktu cukup serta pengendalian diri yang baik sehingga bisa menyelesaikan gambar dengan baik, masalahnya ketika kuliah teknik sipil itu akan ada tugas-tugas menggambar bangunan, apalagi di jurusan arsiektur akan lebih banyak lagi, terkadang jumlah tugas gambarnya diatas kemampuan rata-rata, jadi perlu ketangguhan diri agar mata kuliah gambar ini bisa diselesaikan dengan baik.

3. Menghitung struktur Bangunan

Ada banyak rumus yang harus dipakai, membayangkan bentuk bangunan, memperkirakan beban apa saja yang ada dan berapa besarnya, memahami data spesifikasi material yang dipakai, dan masih banyak lagi. perlu ketelitian tingkat tinggi agar tidak sampai terjadi kesalahan perencanaan sehingga ketika dilaksanakan maka bangunanya berpotensi roboh. inilah alasan kenapa para sarjana teknik sipil itu bergaji tinggi.

 

Apalagi ya pelajaran kuliah teknik sipil lain yang tergolong sulit? saya yakin dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, karena yang namanya belajar di sekolah itu ya dari tidak tahu menjadi ngerti, memecahkan yang sulit-sulit agar kelak menjadi mudah karena sudah paham ilmunya, jadi pesan buat para calon atau yang sedang menjalani kuliah teknik sipil, bersemangatlah, berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, susah dulu nanti baru senang-senang ๐Ÿ™‚

2 Comments

  1. alan
  2. Adrian fatria

Leave a Reply