PEKERJAAN SHEAR WALL dan CORE LIFT

Pekerjaan shear wall dan core lift melibatkan beberapa kegiatan antara lain adalah Penentuan titik-titik as shear wall dan core lift diperoleh dari hasil pekerjaan tim survey yang melakukan pengukuran dan pematokan, yaitu marking berupa titik-titik atau garis yang digunakan sebagai dasar penentuan letak bekisting dan tulangan kolom. Penentuan as kolom dilakukan dengan menggunakan alat theodolite.

Penulangan, pabrikasi tulangan shear wall dan core lift dikerjakan pada los pekerjaan pembesian. Pada saat pemasangan tulangan, digunakan tower crane untuk mengangkat tulangan yang telah dirangkai, dibutuhkan tenaga kerja yang terampil dalam pemasangan dan penyambungan pada shear wall dan core lift agar benar – benar tegak lurus seperti shear wall dan core lift yang berada dilantai bawahnya.

Bentuk dan ukuran shear wall dan core lift pada proyek ini adalah tipikal (sama), sehingga bahan bekisting shear wall dan core lift terbuat dari baja pula. Dengan penggunaan bahan baja ini akan lebih menghemat bahan dan biaya dalam pembuatan bekisting, karena dapat dipakai berulang-ulang

Beton ready mix didatangkan dari batching plant dengan mutu yang telah disyaratkan. Setelah nilai slump memenuhi persyaratan, maka beton ready mix dari concrete mixer truck dituang ke dalam concrete bucket, kemudian concrete bucket tersebut diangkat dengan tower crane menuju ke lokasi pengecoran. Pada saat pemindahan, concrete bucket ditutup/dikunci agar tidak tumpah. Tinggi jatuh penuangan beton disyaratkan sesuai dengan yang telah ditentukan (≤ 1,50 m) usahakan sedekat mungkin antara pipa tremie dengan permukaan beton lama. hal ini dilakukan untuk menghindari agregat kasar, terlepas dari adukan beton.

Pekerjaan shear wall, kolom yang menyatu pada shear wall dikerjakan bersamaan. Perbedaan mendasar dari pekerjaan kolom dan shear wall adalah:

  1. Pekerjaan shear wall mempunyai permukaan yang luas menyerupai dinding, sehingga pada pemasangan bekisting arah memanjangnya dipasang tie rod lebih banyak untuk mengurangi lendutan pada bekisting karena gaya tekan beton pada saat pengecoran tergolong besar. Pemasangan tie rod yang dilindungi oleh pipa PVC dimasukkan ke dalam shear wall /dinding geser.
  2. Pemasangan push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1 lebih dari 2 pada sisi memanjangnya.

gambar-shear-wall

Gambar 1.1 Detail  Pekerjaan Shear Wall

keterangan gambar

  • push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1
  • push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1
  • Wing nut
  • Kolom
  • tie rod pipa

bekisting-shear-wall

Gambar 1.2 Tampak Depan Bekisting Shear Wall

shear-wall

Gambar 1.3 Pekerjaan Curing pada Shear Wall

oleh: Chairil Nizar

10 Comments

  1. aDIT 29 November 2011
  2. wanto galus 5 January 2012
  3. vicky 27 February 2012
  4. derisains 28 March 2012
  5. joko anwar 24 April 2012
  6. beilee 25 July 2012
    • habis akal 31 July 2012
    • Seputar Struktur 30 December 2016
  7. saepudin 21 November 2012
  8. rendi 14 March 2013

Leave a Reply