pekerjaan MASS CONCRETE beton volume besar

Apa itu pekerjaan mass concrete beton volume besar? Berdasarkan ACI 207 : mass concrete adalah segala volume beton dengan dimensi yang cukup besar sehingga perlu pengendalian thermal tehadap panas yang ditimbulkan oleh proses hydrasi semen.

mass concrete bisa ditemukan pada berbagai pekerjaan bangunan baik gedung maupun infrastruktur, pada pekerjaan infrastruktur misalnya lantai pelabuhan, lantai jalan raya, dll. sedangkan pada gedung seperti plat lantai basement, plat lantai beton bertulang, plat dinding basement dengan ciri utama adalah kebutuhan volume beton yang besar dan pekerjaan cor beton harus dikerjakan bersambung tanpa berhenti karena untuk menghindari keretakan beton.

beton keropos

TERJADINYA RETAK THERMAL :

Bagian beton di permukaan yang mendingin lebih cepat oleh pelepasan panas di udara mengalami kontraksi dan menjadi kekangan terhadap pengembangan volume beton bagian dalam yang panas.

 

PENGENDALIAN RETAK THERMAL :

Precooling of concrete : meliputi penyiraman agregat, penggunaan air es, penambahan es pada campuran beton, atau nitrogen cair.

Postcooling of concrete : menggunakan aliran air dalam pipa untuk mengurangi panas dibagian dalam beton

Surface Insulation : pemasangan isolasi pada permukaan sehingga dapat menahan & melepas panas secara perlahan-lahan agar pendinginan permukaan dapat terkendali.

 

Pengendalian Retak Thermal (Sistem Isolasi Permukaan)

Pemasangan sterofoam sebagai isolasi panas sehingga dapat menahan & melepas panas secara perlahan-lahan agar pendinginan permukaan dapat terkendali.

Selama selisih suhu ≤ 20 derajat celsius dapat retak thermal dapat dihindari.

 

Sebelum pekerjaan pengecoran beton dengan volume besar ini dimulai terlebih dahulu perlu direncanakan dengan sebaik mungkin misalnya alur cor beton, sirkulasi truck mixer pengangkut beton, tenaga kerja yang cukup disertai pembagian giliran jam istirahat yang baik serta kepastian akan terpenuhinya volume material beton yang dibutuhkan dalam pengecoran mass concrete dalam waktu yang telah ditetapkan.

Dari segi lingkungan juga perlu disiapkan sebaik mungkin misalnya dari segi penerangan, perlindungan dari cuaca ekxtrim seperti hujan dan panas terik matahari serta perlu dilihat juga apakah jalan akses ke proyek dapat digunakan oleh kendaraan pengangkut beton pada waktu pengecoran beton yang sudah dijadwalkan.

Berbagai inovasi dapat dilakukan sehingga pekerjaan mass concrete ini dapat dilaksanakan dengan metode kerja yang terbaik sehingga dihasilkan kualitas pekerjaan beton yang baik tanpa keretakan dan sesuai dengan mutu beton yang direncanakan 🙂

7 Comments

  1. tugiran 5 November 2011
    • DB 15 August 2012
  2. Lukman Suparyadi 9 November 2011
    • DB 15 August 2012
  3. Hamsyah 24 December 2011
  4. febrian 2 February 2013
  5. yudi 9 February 2013

Leave a Reply