Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil pekerjaan MASS CONCRETE beton volume besar

Apa itu pekerjaan mass concrete beton volume besar? Berdasarkan ACI 207 : mass concrete adalah segala volume beton dengan dimensi yang cukup besar sehingga perlu pengendalian thermal tehadap panas yang ditimbulkan oleh proses hydrasi semen.

mass concrete bisa ditemukan pada berbagai pekerjaan bangunan baik gedung maupun infrastruktur, pada pekerjaan infrastruktur misalnya lantai pelabuhan, lantai jalan raya, dll. sedangkan pada gedung seperti plat lantai basement, plat lantai beton bertulang, plat dinding basement dengan ciri utama adalah kebutuhan volume beton yang besar dan pekerjaan cor beton harus dikerjakan bersambung tanpa berhenti karena untuk menghindari keretakan beton.

beton keropos

TERJADINYA RETAK THERMAL :

Bagian beton di permukaan yang mendingin lebih cepat oleh pelepasan panas di udara mengalami kontraksi dan menjadi kekangan terhadap pengembangan volume beton bagian dalam yang panas.

 

PENGENDALIAN RETAK THERMAL :

Precooling of concrete : meliputi penyiraman agregat, penggunaan air es, penambahan es pada campuran beton, atau nitrogen cair.

Postcooling of concrete : menggunakan aliran air dalam pipa untuk mengurangi panas dibagian dalam beton

Surface Insulation : pemasangan isolasi pada permukaan sehingga dapat menahan & melepas panas secara perlahan-lahan agar pendinginan permukaan dapat terkendali.

 

Pengendalian Retak Thermal (Sistem Isolasi Permukaan)

Pemasangan sterofoam sebagai isolasi panas sehingga dapat menahan & melepas panas secara perlahan-lahan agar pendinginan permukaan dapat terkendali.

Selama selisih suhu ≤ 20 derajat celsius dapat retak thermal dapat dihindari.

 

Sebelum pekerjaan pengecoran beton dengan volume besar ini dimulai terlebih dahulu perlu direncanakan dengan sebaik mungkin misalnya alur cor beton, sirkulasi truck mixer pengangkut beton, tenaga kerja yang cukup disertai pembagian giliran jam istirahat yang baik serta kepastian akan terpenuhinya volume material beton yang dibutuhkan dalam pengecoran mass concrete dalam waktu yang telah ditetapkan.

Dari segi lingkungan juga perlu disiapkan sebaik mungkin misalnya dari segi penerangan, perlindungan dari cuaca ekxtrim seperti hujan dan panas terik matahari serta perlu dilihat juga apakah jalan akses ke proyek dapat digunakan oleh kendaraan pengangkut beton pada waktu pengecoran beton yang sudah dijadwalkan.

Berbagai inovasi dapat dilakukan sehingga pekerjaan mass concrete ini dapat dilaksanakan dengan metode kerja yang terbaik sehingga dihasilkan kualitas pekerjaan beton yang baik tanpa keretakan dan sesuai dengan mutu beton yang direncanakan :-)

ilmu sipil
  1. contoh perhitungan struktur Bangunan
  2. Memanfaatkan sisa cor beton pada proyek besar
  3. Cara Pemeriksaan Beton Pada Bangunan Publik
  4. perencanaan campuran beton
  5. Keruntuhan pada Beton Bertulang
  6. pemeriksaan kadar organik dalam agregat halus
  7. Kelebihan dan kekurangan beton sebagai material bangunan
  8. Tanya perhitungan struktur rumah 2 lantai
  9. Beton Fiber
  10. Pekerjaan cor beton di malam hari
  11. Cara penggunaan lem beton Calbond
  12. Cara menghitung kebutuhan material dak lantai beton per m2
  13. Struktur plat lantai beton full precast
  14. Pengertian Beton adalah
  15. Contoh menghitung kebutuhan cor beton
  16. pemeriksaan kadar air pada agregat
  17. analisis specific graviti dan penyerapan agregat kasar
  18. Tabel konversi beton 3 sampai 28 hari
  19. pekerjaan MASS CONCRETE beton volume besar

7 Komentar

  • tugiran says:

    Mass concrete adalah beton dengan jumlah banyak, batasan atau ukuran banyak itu ada kreterianya tidak, misal beton kategori mass concrete itu adalah volume di atas 5 m3, atau sprti apa…?

  • Lukman Suparyadi says:

    Batasan volume yang belum dibahas, berapa ?

    • DB says:

      biasa di atas 900 m3 pak, dan harus continue tidak boleh banyak stop cor, untuk mengurangi kebocoran, dan untuk setiap fase pengecoran maksimal 3 jam

  • Hamsyah says:

    saya tertarik dengan mass concrete boleh gk saya dikirimkan selengkapx artikel ma metode pengujian masing2 pengendalian retak thermal, buat thesis saya……makasih sebelumnya.

  • febrian says:

    Pak bisa saya tau referensi ini pak, untuk bahan evaluasi saya, Selama selisih suhu ≤ 20 derajat celsius dapat retak thermal dapat dihindari
    terima kasih

  • yudi says:

    Untuk segi harga metode mana yang paling ekonomis ya pak?apakah ketiga metode diatas tetap harus menggunakan thermocouple?dasar penentuan jumlah titik thermocouple dari apa ya?
    Terima kasih

Komentari

*
*

Current ye@r *