Pekerjaan bobok ujung tiang bore pile

Salah satu jenis struktur pondasi bangunan gedung bertingkat tinggi adalah bore pile, yaitu tanah dimana kolom gedung akan berdiri dilakukan pengeboran sesuai kedalaman yang sudah direncanakan, dipasang besi lalu dilakukan pengecoran beton. sistem pondasi ini banyak digunakan di kota-kota besar dibanding tiang pancang karena tergolong tidak menimbulkan goncangan serta kebisingan bagi pemukiman disekitarnya seperti yang terjadi apabila menggunakan sistem pondasi tiang pancang. namun ada juga kekuranganya yaitu dalam pelaksanaanya seringkali terdapat pekerjaan bobok ujung tiang bore pile karena elevasi atasnya terlalu tinggi, hal ini tentu akan menambah pengeluaran biaya untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

 

Alur pengerjaan pondasi bore pile

  1. pengukuran titik-titik yang akan dipasang pondasi.
  2. tes sondir tanah, yaitu pengetesan untuk mengetahui jenis dan tingkat kekerasan lapisan dalam sehingga dapat direncanakan berapa meter kedalaman yang paling kuat untuk dijadikan sebagai tempat dudukan ujung pondasi.
  3. pengeboran tanah untuk membuat lobang yang akan dipasang pondasi.
  4. Memasukan rangkaian besi tulangan kedalam lobang bor.
  5. Pengecoran beton dengan kualitas K sekian sesuai dengan apa yang sudah diperhitungkan.
  6. Galian tanah (pada pengerjaan lantai basement gedung ada yang sistemya digali belakangan sehingga ada kemungkinan bore pile yang sudah di cor ternyata terlalu tinggi atau rendah).
  7. Bobok ujung tiang bore pile yang elevasinya terlalu tinggi.

Contoh foto pekerjaan bobok kepala tiang bore pile

bobok ujung tiang bore pile

bobok ujung tiang bore pile

kepala pondasi yang berupa beton bisa dibobok secara manual oleh tukang bangunan menggunakan palu besar yang biasa disebut juga sebagai bodem, sisa besi dibiarkan utuh agar nantinya bisa disambung dengan tulangan pile cap dan tea beam sebagai pengikat. puing-puing beton bekas bobokan bisa dimanfaatkan sebagai bahan cor pile cap, jalan beton atau sejenisnya.

 

Ada juga yang tidak memerlukan pekerjaan bobok ujung tiang bore pile jika elevasinya sudah pas, atau untuk yang ketinggianya kurang dari rencana bisa ditangani dengan cara berbeda, yaitu dipasang semacam struktur pile cap kecil sebagai sambungan agar beban dari kolom bangunan diatasnya tetap bisa tersalurkan dengan baik dan kuat.

Leave a Reply