Nomor Urut Jokowi dan Prabowo Pada Pilpres 2019

Nomor urut jokowi dan prabowo pada pilpres 2019 telah diundi secara resmi oleh komisi pemilihan umum pada hari jumat tanggal 21 september 2018. Tahap pengundian pertama yaitu cawapres sandiaga uno dan ma’ruf amin diminta maju dan memasukan tangan secara bersama kedalam tabung kaca untuk mengambil kertas yang berisi nomor, pengambilan secara bersama itu dimaksudkan sebagai simbol persatuan dan kebersamaan. Sandiaga Uno mendapatkan nomor 1, sedangkan Ma’ruf amin mendapatkan nomor 10. Bagi yang nomornya lebih kecil maka pasangan capresnya berhak mengambil undian lebih awal. Selanjutnya kedua capres baik itu prabowo maupun jokowi diminta maju untuk mengambil tabung secara acak yang didalamnya berisi nomor urut untuk pilpres 2019. hasilnya yaitu jokowi mendapat nomor urut 1 sedangkan prabowo meraih nomor urut 2.

 

nomor urut jokowi dan prabowo pada pilpres 2019

nomor urut jokowi dan prabowo pada pilpres 2019

Nomor Urut Jokowi pada pilpres 2019 adalah 1

Setelah mendapatkan nomor urut satu lalu pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin mendapat kesempatan pertama untuk berpidato. Dalam pidatonya beliau menekankan untuk menjadikan pilpres ini agar memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, jokowi juga berkata bahwa hanya ada satu pilihan yaitu indonesia maju. berikut sebagian dari teks pidatonya.

saya mengajak kepada kita semuanya agar pilpres ini kita isi untuk pendidikan politik yang baik pada masyarakat, untuk kematangan demokrasi rakyat, untuk kedewasaan rakyat dalam berdemokrasi. Oleh sebab itu marilah dalam kontestasi politik ini kita beradu kontestasi program, kontestasi adu gagasan, kontestasi adu rekam jejak, kontestasi adu prestasi dan saya mengajak kepada semuanya marilah kita jauhkan dari saling mencaci, saling menghina, saling mencemooh, saling menjelekkan. kan itu bukan etika dan nilai-nilai yang kita anut yaitu nilai-nilai timur dan Indonesia.

Jangan sampai karena kontestasi politik ini kita lepas silaturahmi di antara kita menjadi tidak baik. Saya ingin meskipun kita berkontestasi saya masih bisa berteman dengan pak Prabowo. masih bisa bertemu dengan pak Sandi karena beliau adalah sahabat-sahabat saya sejak lama. saya kenal Pak Prabowo sejak lama saya kenal Pak Sandi sejak lama. hanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Memang untuk memajukan negara ini banyak rintangan banyak hambatan banyak perlawanan tetapi tidak boleh kita menyerah. Hanya ada satu pilihan Indonesia maju.

Setelah itu dilanjutkan dengan pidato cawapres bapak kyai Ma’ruf Amin yang memanfaatkanya untuk melakukan doa bersama.

Nomor Urut Prabowo pada pilpres 2019 adalah 2

Pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno secara resmi mendapatkan nomor urut 2 lalu diberikan kesempatan untuk berpidato. Pada intinya prabowo juga menekankan demokrasi yang mengutamakan persahabatan. berikut ini sebagian dari isi pidato bapak prabowo.

Saya berharap dan saya berkeinginan serta saya menyuruh kepada seluruh jajaran, seluruh rakyat Indonesia, marilah kita melaksanakan pemilihan umum dengan sejuk dengan damai dengan semangat kekeluargaan untuk mencari yang terbaik untuk bangsa bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan masing-masing kita harus merasakan bahwa kita semua satu keluarga besar NKRI.

Karena itu kita harus menyikapi semua persoalan bangsa sebagai persoalan keluarga besar kita saja. Saya berharap semua pihak selalu bersikap tenang bersikap tidak emosional menahan diri marilah kita menyongsong proses demokrasi ini dengan baik dengan tenang kita berharap semua pihak melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan bangsa dan negara, rakyat, dan masa depan anak dan cucu cucu kita, sekira itu saja dari saya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pidato bapak sandiaga uno, yang sebagian isinya adalah sebagai berikut

tadi sebelum acara dimulai ada kawan saya Ipang Wahid naik  mukannya tegang, bilang bapak presiden berkenan menerima pak Prabowo dan saya di bawah dan tadinya kita pikir setelah ini kita akan ketemu tapi. Nampaknya penting sekali ternyata di bawah itu kita membicarakan apakah nomor urut 1 dan 2 ini yang dipilih, karena akan menimbulkan komplikasi karena ada partai juga yang bernomor urut 1 dan nomor urut 2. tapi pak Prabowo pak presiden Joko Widodo dengan santainya, dengan syairnya memutuskan menambah angka 0 0 didepan 01 dan 02. 3 sampai 1 menit untuk menunjukkan bahwa kami bersahabat kita ingin pemilu yang mempersatukan, yang menjunjung tinggi keberagaman, menjunjung tinggi persatuan, kita menjunjung tinggi juga keteduhan dan kesejukan sehingga percepatan pembangunan dengan pembangunan ekonomi khususnya lapangan kerja dan biaya hidup bisa kita lakukan dan terima kasih.

 

Demikian info mengenai nomor urut Jokowi dan Prabowo pada pilpres 2019. yaitu 1 untuk Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan 2 untuk Prabowo Subianto – Sandiaga Slahudin Uno.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.