Nilai lebih mahasiswa ekstensi yang kerja sambil kuliah

Mereka alumni kuliah ekstensi tapi kehebatanya melampui mahasiswa reguler karena ada banyak nilai lebih mahasiswa ekstensi yang kerja sambil kuliah, yang dimaksud kuliah ekstensi yaitu kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan diluar jam kerja, bisa pada malam hari atau hari sabtu minggu, selain waktu tersebut mereka sibuk bekerja atau berusaha. hanya orang-orang hebat dengan kesadaran diri dan disiplin tinggi yang mampu membagi waktu dan menjalankan kedua aktifitas belajar sekaligus bekerja dengan bagus. berikut beberapa kelebihan mahasiwa kelas ekstensi yang bisa kita ungkap

 

Mengerti manfaat kuliah

Mereka tahu kenapa harus kuliah, ada yang tujuanya agar karir pekerjaan meningkat atau semakin sukses dalam berusaha, pemahaman akan arti penting kuliah tersebut akan membuatnya memiliki rasa kesadaran diri sehingga bersemangat dalam belajar dibangku sekolah. tetap berangkat kuliah meskipun harus bergelut dengan kemacetan, tetap pergi ke kampus meskipun hujan deras atau harus tersengat panas terik matahari, sementara disana banyak juga mahasiswa bermalas-malasan karena belum tahu untuk apa kuliah, ada juga yang hanya sekedar menuruti keinginan orang tua.

Sudah punya ilmu tapi belum punya ijazah

Pengalaman kerja dan kebiasaan belajar secara mandiri membuat mereka ahli dalam bidang ilmu yang ditekuni, namun dalam pandangan masyarakat secara formal keilmuan mereka seringkali tidak diakui karena tidak memiliki ijazah S1,S2 atau S3, meskipun ada banyak ilmu yang baru dikuasai setelah kuliah, namun perpaduan antara modal pengalaman kerja sambil belajar dibangku kuliah akan membuatnya menjadi pribadi unggul sekaligus diakui secara tertulis dengan adanya ijazah.

Terampil dalam membagi waktu dan aktifitas

Jam sekian sampai sekian waktunya untuk bekerja dan setelah itu berangkat kuliah, belum lagi ada jadwal untuk beribadah, bertemu keluarga, kekasih atau hal-hal lainya. begitulah gambaran pola pikir seorang mahasiswa ekstensi agar kedua kegiatan tersebut dapat sama-sama berjalan dengan baik, ini akan membuatnya terampil melakukan beberapa aktifitas berbeda secara bersama-sama, ahli dalam manajemen waktu dan kegiatan hidup.

Pandai mengatur keuangan

Banyak dari mereka yang dalam kondisi keuanganya dibawah kategori cukup, gaji atau hasil usaha mereka harus dibagi agar bisa untuk buat bayar kuliah, cukup buat kebutuhan sehari-hari, belum lagi yang sudah berkeluarga harus pintar-pintar berbagi uang, belum lagi yang namanya anak usia muda itu godaanya pingin punya gadget canggih, kredit rumah, kendaraan bagus dll. kondisi tersebut membuat mereka terasah mengatur keuangan agar bisa menyelesaikan kuliah sampai lulus.

Aplikasi langsung ilmu teori di kampus ke dunia nyata

Ada fasilitas untuk mencoba menerapkan secara langsung ilmu yang sudah dipelajari di kampus, sebaliknya ada tempat bertanya atau menyelesaikan masalah jika ada kendala yang terkait dengan pekerjaan, ini merupakan sinergi antara dunia industri dan dunia pendidikan yang memang seharusnya berteman dekat.

 

Itu baru sebagian  kecil saja, dan tentunya masih banyak lagi kelebihan mahasiswa ekstensi lainya, selain itu tentu saja ada kekuranganya, untuk itu bagi yang hendak menambahkan silahkan di update lebih lanjut 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.